19 Mei 2018

Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache

Salah satu penyebab lemotnya smartphone android adalah karena terlalu banyak file cache yang tertumpuk dalam memori. Banyaknya file cache ini sering kali mengganggu keefektifan kinerja dari sebuah aplikasi. Sehingga apabila cache terlalu banyak akan menyebabkan smartphone sobat menjadi LAG, berat, dan lemot.

Mengenal Apa itu Cache ?

Mungkin sobat penasaran apa sih sebenarnya cache itu ? secara singkat cache merupakan sebuah file sementara atau biasa dikenal file temporary yang tersimpan pada memori internal android. Pada dasarnya file ini digunakan untuk mempercepat kenerja sebuah aplikasi, akan tetapi jika terlalu banyak file cache yang tertumpuk malah membuat aplikasi menjadi lemot.

Analoginya seperti ini, misalkan sobat membuka sebuah aplikasi maka secara otomatis akan tercipta file cache di memori. Nah fungsi file cache ini adalah ketika sobat membuka aplikasi tersebut dilain waktu secara otomatis terload. Makanya cache ini selalu ada pada setiap aplikasi android. Akan tetapi jika terlalu banyak file cache juga malah membuat aplikasinya lemot.

Tips saja, supaya aplikasi tetap lancar jaya, coba sobat hapus cache secara rutin minimal seminggu sekali. Efeknya smartphone tidak akan lemot dan aplikasi akan berjalan lancar. Nah untuk membersihkan cache aplikasi tidak sulit kok. Kalau mau mencoba silahkan ikuti tips berikut ini.

Cara Membersihkan Cache di Aplikasi Android

  1. Pilih dulu aplikasi mana yang akan sobat bersihkan cachenya
  2. Silahkan buka menu setting >> Apps
    Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache
    Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache
  3. Pilih aplikasi kemudian klik hapus data
    Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache
  4. Langkah berikutnya klik bersihkan cache
    Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache
  5. Selesai
NB: saya menggunakan hp Xiaomi Redmi 4X silahkan disesuaikan ya

Oke cara tersebut bisa sobat gunakan untuk membersihkan cache, tapi ada lagi cara yang lebih efektif yaitu menggunakan aplikasi pembersih semacam Clean Master, CCleaner, dan CM Security. Oh iya perlu diingat yang dihapus cachenya ya bukan data, jika sobat menghapus datanya bisa jadi harus login ulang sehingga malah merepotkan.

Baca juga : 

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa itu cache dan cara menghapus cache itu sendiri. Bagi sobat yang kurang faham atau ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya melalui kolom komentar. Sekian Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon