Jumat, 07 September 2018

Cara Agar Foto atau Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis Pada Galeri

Fonetekno.com - Whatsapp merupakan aplikasi yang beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat populer, sebenarnya, Whatsapp sudah lama berdiri namun pamor dari aplikasi ini kalah dengan BBM (Blackberry Messenger). Lalu setelah Whatsapp diakusisi oleh Facebook,Whatsapp mulai banyak digunakan dan laris manis bagi pengguna smartphone di seluruh dunia.

Cara Agar Foto atau Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis Pada Galeri

Fitur dari Whatsapp ini banyak sekali, tidak hanya bertukar pesan teks, Whatsapp juga bisa mengirim suara, video, gambar, gif, bahkan yang terakhir Whatsapp telah merilis fitur baru yaitu group video call, maka tak heran kalau Whatsapp bisa merajai aplikasi chatting.


Dengan sekian banyak fitur yang ditawarkan, bukan berarti Whatsapp tidak memiliki kekurangan, ada beberapa kekurangan Whatsapp yang sering kita jumpai. Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap foto atau video yang dikirim kepada kita, maka file tersebut akan otomatis tersimpan pada smartphone kita.

Dengan adanya kelemahan ini, membuat ruang memori smartphone menjadi lebih cepat penuh, apalagi kalau anda bergabung dengan banyak grup Whatsapp, tentu semua file yang terkirim pada grup tersebut akan tersimpan di smartphone anda.

Ternyata penyebab terjadinya hal tersebut adalah karena adanya fitur auto-save yang menyebabkan file yang kita lihat ter-unduh otomatis ke galeri kita, lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? berikut saya akan memberikan panduan cara mematikan fitur auto-save agar foto atau video tidak tersimpan otomatis pada galeri.

  1. Langkah pertama adalah, buka aplikasi Whatsapp anda lalu tap atau tekan pada tombol ⋮ (titik tiga) yang tertera pada pojok kanan atas aplikasi.
  2. Lalu, Pilih Setelan > Penggunaan Data.
  3. Di menu penggunaan data, terlihat tulisan “Saat menggunakan data seluler” dan juga “Saat tersambung ke Wi-Fi“.
  4. Tap kedua tulisan tersebut, kemudian hilangkan ceklis pada file foto, audio, video, dan dokumen. Jika sudah, klik Ok.
Baca Juga:

Mudah bukan? Dengan begini fitu auto-save anda akan hilang, dan anda tidak perlu khawatir lagi jika foto atau video tersimpan otomatis pada smartphone, tutorial ini berlaku untuk semua merk hp, termasuk iPhone, semoga bermanfaat!.


EmoticonEmoticon