11 September 2018

Sinyal 4G Xiaomi Hilang? Inilah 5 Cara Mengatasinya

Murah, spesifikasi gahar dan berkualitas, kata itulah yang cocok jika kita mendengar merk HP Xiaomi. Merk HP asal Cina ini memang menjadi primadona khususnya di Indonesia. Xiaomi telah mengeluarkan banyak produk, dan setiap perilisannya selalu menyisipkan teknologi terbarunya.

Soal teknologi Xiaomi tidak pernah ketinggalan, salah satunya adalah teknologi 4G, melihat beberapa pesaingnya sudah mengusung jaringan 4G, tidak butuh waktu lama untuk Xiaomi merilis smartphone dengan jaringan 4G.



Memiliki banyak kelebihan, bukan berarti Xiaomi tidak mempunyai kekurangan, banyak dari pengguna mengeluhkan permasalahan serius terhadap ponselnya, namun kebanyakan adalah mengalami jaringan 4G hilang.

Ada banyak faktor mengapa sinyal 4G Pada HP Xiaomi hilang, salah satunya adalah merubah ROM yang tidak resmi (Custom Rom), bug dari ROM tersebut membuat jaringan 4G pada Xiaomi hilang. Namun kamu jangan khawatir jika mengalami permasalahan diatas, saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki sinyal 4G hilang pada HP Xiaomi, baik itu Xiaomi Redmi 3, Note 3 Hingga Note 4.

Cara Pertama

  • Pertama matikan ponsel anda terlebih dahulu, lalu lepas semua SIM Card.
  • Hidupkan ponsel anda dan ketik nomor dial *#*#4636#*#*.
  • Lalu pilih pilih informasi telepon 1, kemudian pilih mode CDMA Only. Tunggu hingga beberapa saat hingga jaringan atau sinyal hilang (No Service).
  • Langkah selanjutnya yakni menuju menu Settings > SIM Card & Mobile Network > SIM 1. Pilih dan ubah Preffered Network menjadi Global.
  • Setelah melakukan langkah tersebut, secara otomatis sinyal 4G akan muncul kembal
Jika ingin menggunakan dua kartu, kamu hanya perlu memasang kedua kartu SIM yang kamu punya seperti biasa. Pastikan kalau kartu yang digunakan untuk berinternetan berada pada slot SIM 1. 

Setelah memasang SIM Card, lanjutkan dengan menghidupkan ponsel seperti biasa kemudian masuk ke dalam mode dial-up dengan mengetikkan *#*#4636#*#* lalu lakukan pengubahan mode jaringan menjadi CDMA Only.

Cara Kedua

Cara pertama tidak ampuh? Tenang anda masih bisa mencoba cara kedua.
  • Pertama buka dial telepon dan ketik *#*#4636#*#*
  • Kemudian pilih Phone Information 1.
  • Lalu pilih dan ubah “Set preferred network type” menjadi LTE ONLY.
  • Restart data seluler, kemudian hidupkan kembali.
Sangat simple bukan? Cara ini ampuh untuk memunculkan jaringan 4G yang hilang, namun jika cara diatas masih belum berpengaruh, masih ada cara lagi.

Cara Ketiga

Cara yang ketiga ini sangatlah simple anda hanya perlu mengubah lokasi dan waktu pada smartphone Xiaomi anda, berikut caraCaranya.
  • Menuju menu Settings > Additional Settings > Locale.
  • Kemudian ubahlah lokasi Indonesia menjadi Singapura, Malaysia, atau Bangkok
  • Setelah itu hidupkan mode pesawat atau Airplane Mode.
  • Restart ponsel, kemudian matikan Airplane Mode. Lihatlah, sinyal 4G secara otomatis akan muncul di layar ponselmu.
Mengapa harus mengubah lokasi? Ternyata alasannya begini, ada beberapa Tipe HP Xiaomi dimana saat awal produksi, tipe tersebut sengaja dibuat tidak mendukung 4G khusus hanya untuk di Indonesia, setelah saya searching, hal ini menyangkut perizinan. Namun jika cara diatas masih tidak ampuh, ikuti cara berikut ini.

Cara Keempat

Cara yang keempat ini sangat simple sekali, anda hanya perlu menggunakan aplikasi penguat sinyal, saya akan memberikan beberapa referensi aplikasi yang bisa anda gunakan, dan bisa di download di Play Store, berikut daftarnya.
  • Network Signal Info
  • Connection Stabilizer Booster
Baca Juga:

Cara Kelima

Keempat cara diatas tidak berhasil? Anda bisa melihat provider SIM anda, apakah SIM anda sudah mendukung jaringan 4G atau belum, jangan lupa juga untuk melihat lokasi, biasanya lokasi berpengaruh terhadap jaringan 4G.

Jika cara diatas tetap juga tidak bisa, maka langkah terakhir adalah, mengubah ROM Xiaomi anda, ada beberapa cara untuk mengubah ROM Android, salah satunya adalah menggunakan metode Flashing, namun anda juga harus berhati-hati dalam memilih ROM, anda harus mendownload ROM disitus Resmi Xiaomi agar terhindar dari Bug.


EmoticonEmoticon