5 Oktober 2018

Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Berhenti di Emulator Nox

Cara memperbaiki layanan Google Play yang error di emulator Nox - Nox merupakan sebuah Emulator Android yang dijalankan di perangkat komputer, dengan emulator ini kita bisa dengan bebas menjalankan berbagai macam Aplikasi Android. Nox dinilai sangat berguna bagi orang yang tidak memiliki Android namun ingin merasakan berbagai macam fitur yang ada di Android, seperti game dan lain-lain.


Namun ada satu hal yang perlu anda ketahui sebelum menggunakan Emulator ini, hal ini terkait spesifikasi laptop atau PC yang digunakan, untuk menjalankan Nox memerlukan spesifikasi yang lumayan besar, apalagi jika anda ingin menggunakan emulator ini untuk bermain game, maka membutuhkan spesifikasi yang lebih besar lagi.

Layaknya Android, Nox juga memiliki sebuah Aplikasi wajib, yaitu Layanan Google Play, atau Google Play Store. Dengan Play Store kita bisa bebas mengunduh berbagai macam aplikasi ke emulator ini, selain itu untuk masalah storage atau penyimpanan, Nox membaca harddisk yang ada di laptop atau PC kita.

Aplikasi Samsung Musicmu Hilang? Baca: Cara Mengatasi Aplikasi Samsung Music yang Hilang Untuk Semua Tipe HP Samsung Galaxy

Ngomongin soal Layanan Google Play, banyak orang mengeluhkan aplikasi Google Play yang error atau muncul peringatan "Sayangnya Layanan Google Play" ketika menjalankan aplikasi Nox, tentu hal ini sangat mengganggu, apalagi peringatan ini bisa muncul berulang kali hingga puluhan kali.

Tapi tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan cara menghapus cache dari Google Play, berikut adalah tutorial lengkapnya.

Cara Mengatasi Layanan Google Play yang Berhenti Otomatis di Nox

  1. Buka Aplikasi Nox Emulator anda.
  2. Setelah itu buka pengaturan dengan memilih menu Settings.
  3. Masuk ke bagian Apl, lalu arahkan ke menu All Apk, atau semua Apk.
  4. Selanjutnya scroll layar kebawah hingga menemukan tiga aplikasi ini, yakni Google Play Service, Google Play Store, dan Google Service Framework.
  5. Hapus Chache (Data) / Clear Chache pada masing-masing aplikasinya.
  6. Selesai.
Biasanya walaupun sudah melakukan cara diatas, Layanan Google Play berhenti akan tetap terulang, untuk itu jika masalah ini muncul kembali maka cobalah terus untuk melakukan cara diatas.

Sinyal Xiaomi Hilang? Baca: Cara Mudah Mengembalikan Sinyal Xiaomi Redmi Note 3 Hilang Tanpa PC dan Root Terbaru

Namun, terkadang spesifikasi dari PC atau Laptop anda juga mempengaruhi kinerja dari Emulator Nox, alhasil banyak Aplikasi yang tiba-tiba Force Close karena spesifikasi yang tidak memadai, untuk itu jika anda tidak ingin terus-terusan mengalami hal ini, anda bisa mengupgrade spesifikasi PC atau Laptop anda, agar bisa lebih lancar menggunakan Emulator Nox.


EmoticonEmoticon