5 Oktober 2018

Cara Mudah Memperbaiki Kamera Gagal Untuk Semua HP Android

Kamera gagal merupakan sebuah permasalahan yang biasa ditemui di smartphone, untuk memperbaiki hal ini bisa dibilang gampang, namun kadang juga susah, tergantung smartphone apa yang digunakan, ada yang bisa diperbaiki hanya mengotak atik bagian software nya saja, ada juga yang diharuskan untuk mengotak-atik bagian hardware.

Cara Mengatasi Kamera Gagal atau Tidak Terhubung Di Android

Penyebab kamera gagal biasanya tidak terlalu besar dan cenderung sepele, misalnya memori internal yang penuh, bug sistem operasi, kartu memori yang tidak terdeteksi, adanya virus dan lain sebagainya. Saya pribadi pernah mengalami hal ini, dibeberapa merk smartphone lain, seperti Sony, dan Xiaomi.

Biasanya saya hanya menghapus data dari aplikasi tersebut lalu masalah selesai, namun ada beberapa merk smartphone yang tidak bisa menggunakan cara tersebut.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah kamera gagal atau failed, saya akan memberikan beberapa tutorial bagaimana cara mengatasi hal ini, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Memperbaiki Kamera Gagal atau Tidak Terhubung di Android

Tutorial yang saya berikan adalah sebuah tutorial yang sangat mudah untuk dilakukan, saya akan mengurutkannya mulai dari yang termudah hingga tersulit.

1. Hapus Data Aplikasi Kamera

Semua aplikasi di Android memiliki sebuah memori data, jika anda mengalami kamera gagal anda bisa memperbaikinya dengan cara menghapus data memori pada kamera tersebut, nantinya aplikasi tersebut akan kembali menjadi seperti baru, caranya adalah.
  • Masuk ke pengaturan atau setelan.
  • Lalu masuk pada menu aplikasi atau manajer aplikasi.
  • Cari aplikasi kamera, tekan pada aplikasi tersebut.
  • Pertama anda tekan paksa berhenti terlebih dahulu.
  • Lalu pada bagian memori silahkan anda tekan hapus data.
Dengan begitu kamera anda akan kembali menjadi normal kembali, jika dirasa cara ini belum cukup masih ada beberapa cara lainnya.


2. Hapus Cache Kamera

Cara yang kedua adalah dengan menghapus Cache kamera, cara ini hampir mirip dengan cara pertama, hanya saja kita tak perlu menghapus data melainkan hapus cache, caranya adalah.
  • Masuk ke pengaturan setelan.
  • Masuk pada menu aplikasi atau manajer aplikasi.
  • Cari aplikasi kamera, dan pilih aplikasi tersebut.
  • Pada bagian penyimpanan biasanya terdapat dua opsi, yaitu hapus data dan hapus cache, anda pilih hapus cache.
Ingin tahu apa itu Cache? Baca Juga: Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache.

3. Kosongkan Memori Penyimpanan

Memori yang penuh menjadi salah satu penyebab kamera gagal, maka dari itu cobalah untuk mengosongkan memori internal anda agar software kamera bisa lebih leluasa untuk mengakses memori penyimpanan.

Jika kalian menggunakan memori internal untuk penyimpanan foto ataupun video, maka anda harus mengosongkan beberapa ruang untuk memori internal, jika anda menggunakan memori anda bisa mengosongkan beberapa ruang untuk memori eksternal.

4. Membersihkan Cache Sistem Android

Solusi keempat adalah dengan cara membersihkan cache sistem Android, cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam kesalahan software maupun hardware, berikut adalah bagaimana cara membersihkan cache sistem operasi android.
  • Pertama matikan terlebih dahulu smartphone anda.
  • Masuk kedalam menu Recovery, untuk beberapa merk mungkin memiliki cara yang berbeda, namun untuk pengguna Xiaomi, biasanya cukup menekan tombol Power + Volume Bawah, atau Power + Volume atas.
  • Jika sudah masuk dalam mode Recovery, carilah menu "Clear Cache Partition".
  • Setelah itu reboot smartphone anda, dan cobalah untuk membuka aplikasi kamera.

5.  Factory Reset atau Hard Reset

Jika keempat cara diatas masih belum ampuh, anda bisa mencoba untuk factory reset atau hard reset smartphone anda, cara ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam kesalahan software, seperti terkena virus ataupun lupa pola.

Ada dua cara untuk mengembalikan smartphone seperti keadaan semula, yaitu dengan factory reset melalui pengaturan, atau bisa juga melalui mode recovery.
  • Pertama anda masuk kedalam menu pengaturan.
  • Carilah menu cadangkan dan kembalikan ke pengaturan pabrik.
  • Setelah itu anda tekan menu tersebut, dan jangan lupa untuk membackup semua data terlebih dahulu.
  • Jika sudah cobalah untuk membuka aplikasi kamera.
Jika anda ingin hard reset melalui recovery mode anda bisa mengikuti cara berikut ini.
  • Tutorial ini menggunakan smartphone Xiaomi.
  • Pertama matikan ponsel anda terlebih dahulu dengan menekan tombol Power.
  • Jika posisi ponsel sudah dalam keadaan mati, tekan tombol Power + Volume atas secara bersamaan.
  • Lepas tombol Power + Volume atas yang anda tekan, ketika logo "Mi" muncul.
  • Lalu anda akan masuk ke menu Hard Reset, pada menu tersebut terdapat banyak pilihan, anda langsung saja pilih menu Recovery lalu tekan OK.
  • Setelah itu pilih Wipe Data dan Wipe All Data, gunakan tombol Volume untuk menavigasi, dan tekan tombol Power untuk memilih.
  • Lalu nanti akan muncul dua pilihan, yaitu Cancel dan Confirm, anda pilih Confirm.
  • Lalu anda akan dialihkan ke Main Menu, silahkan tekan Reboot untuk memulai ulang ponsel anda.
Butuh tutorial Hard Reset? Baca Juga: Kumpulan tutorial Hard Reset untuk berbagai macam merk smartphone.

6. Update Sistem Operasi atau Flash Ulang ROM

Jika kelima cara diatas tidak berfungsi mungkin ada sebuah bug pada sistem operasi smartphone anda, untuk itu anda diharuskan mengupdate atau memperbaharui sistem operasi smartphone anda, jika anda belum mendapatkan update dari pihak developer, anda bisa melaporkan masalah ini melalui situs resmi merk smartphone anda.

Laporkan segala keluhan yang anda alami, nanti pihak developer akan mengusut tuntas semua masalah anda, dan nantinya anda akan mendapatkan update terbaru.

Namun jika dirasa terlalu lama untuk menunggu update, anda bisa langsung Flash ulang smartphone yang anda miliki, menggunkana ROM terbaru, namun perlu anda ketahui bahwa kegiatan Flashing merupakan sebuah kegiatan yang sangat beresiko, karena bisa saja smartphone anda Bootloop ataupun mati total karena kesalahan Flashing, untuk itu saya sarankan untuk melakukan Flashing kepada yang ahli.

7. Ganti Hardware Kamera

Jika kelima cara diatas tidak ampuh, mungkin ada masalah pada perangkat kamera di smartphone anda, untuk itu coba anda periksa smartphone anda ke Service Center, yang terpercaya.

Saya rasa cara ini sudah paling akhir, karena jika berbagai macam cara dilakukan namun kamera smartphone anda masih gagal terhubung, maka sudah pasti kamera anda yang bermasalah, namun jika cara ini juga tetap tidak berhasil, mungkin anda perlu mengganti smartphone yang baru.

Kesimpulan

Dari sini kita bisa mendapatkan sebuah kesimpulan, bahwa permasalahan Kamera Gagal, bisa terjadi karena kesalahan sistem software, namun bisa juga karena perangkat hardware yang bermasalah. Untuk itu cara diatas adalah salah satu alternatif yang bisa anda coba sebelum anda mengganti perangkat hardware kamera anda.
Itulah 7 cara mudah untuk memperbaiki kamera yang gagal atau tidak terhubung untuk semua merk HP Android, semoga bermanfaat. Jika anda suka dengan tulisan saya, silahkan share, dan jika ada pertanyaan tentang artikel terkait, silahkan hubungi saya melalui kolom contact.


EmoticonEmoticon