2 Oktober 2018

Baterai Boros? Ikuti 21 Cara Menghemat Baterai Smartphone Terbaru ini

Baterai Boros? Ikuti 21 Cara Menghemat Baterai Smartphone Terbaru ini

Smartphone Android saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari semua orang, tidak hanya sekedar bersosial media atau berselancar di dunia maya, Android kini berubah menjadi barang yang bisa mempermudah pekerjaan.

Karena dipakai setiap hari bahkan setiap menit, membuat banyak orang mencari cara bagaimana cara menghemat baterai pada smartphone Android, memang sih saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan kapasitas baterai yang besar, namun tetap saja, karena semakin banyaknya kebutuhan kita harus bisa mencari cara bagaimana agar smartphone yang kita gunakan agar bisa hidup terus tanpa perlu repot bolak-balik mengisi daya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat baterai Android, namun berikut saya sudah merangkum 21 Cara Menghemat baterai untuk semua versi Android paling ampuh.

Penyebab Baterai Boros


Sebelumnya kita harus mengetahui dulu nih spesifikasi smartphone yang kita gunakan, karena ada banyak sekali smartphone yang beredar dipasaran, walaupun sudah memiliki kapasitas baterai yang besar, baterai tetap boros, hal itu bisa disebabkan oleh.

1. Bug System

Bug System adalah sebuah kesalahan atau error pada sistem kinerja smartphone yang kita miliki, hal ini bisa disebabkan software yang tidak berjalan dengan baik, hasilnya membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat terkuras, nah kalau anda mengalami seperti ini, anda diharuskan melakukan update system, biasanya pihak dari developer akan segera melakukan tindakan jika ada masalah tersebut.

2. Baterai Sudah Usang


Baterai Boros? Ikuti 21 Cara Menghemat Baterai Smartphone Terbaru ini

Masalah kedua adalah, baterai smartphone yang anda miliki sudah usang, jika anda memakai satu smartphone yang sudah lebih dari 3 tahun atau lebih, saya sarankan untuk mengganti baterai, karena baterai tidak bisa terus menerus dipakai, karena ada batas pemakaiannya, oleh karena itu, jika dirasa baterai sudah mulai boros, dan anda sudah menggunakan smartphone tersebut lebih dari 3 tahun, segera ganti baterai anda.

3. Aplikasi Pemakan Baterai

Aplikasi bisa menyebabkan baterai boros? Sangat bisa, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan daya baterai yang banyak, mungkin bisa disebabkan aplikasi tersebut terlalu berat, jadi anda perhatikan penggunaan baterai anda, dan cari aplikasi apa saja yang menyedot baterai terlalu banyak, jika sudah ketemu langsung "paksa berhenti saja".

Android anda lemot karena aplikasi bawaan? Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Android yang Bikin Lemot

Diatas adalah 3 masalah yang bisa menyebabkan baterai smartphone anda menjadi boros, namun ada 21 hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir baterai yang boros.

21 Cara Menghemat Baterai Untuk Semua Versi Android


1. Selalu Membawa Powerbank Ketika Hendak Bepergian

Cara yang pertama adalah sebuah cara yang paling umum dan sering dilakukan oleh orang-orang, membawa powerbank ketika berpegian merupakan cara paling efektif agar smartphone anda bisa tetap menyala.

Saat ini sudah banyak powerbank yang beredar dipasaran dan memiliki kapasitas yang besar, jadi sebelum bepergian, pastikan anda membawa powerbank ya!.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Semua Android yang beredar dipasaran memiliki sebuah pengaturan kecerahan layar, dengan adanya pengaturan ini, kita bisa dengan bebas mengatur kecerahan layar, terlebih jika kita sering bepergian keluar.

Namun ternyata fitur ini memiliki kelemahan, yaitu bisa membuat baterai smartphone kita menjadi boros, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan pengaturan auto, dimana pengaturan ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan sesuai dengan situasi tertentu.

Saya sarankan untuk menonaktifkan fitur ini, dan mulai lah untuk mengatur kecerahan layar secara manual, dan juga pastikan pengaturan kecerahan layar tidak terlalu terang, karena selain bisa merusak mata, layar yang memiliki kecerahan berlebih bisa menguras baterai smartphone anda.

3. Matikan Fitur Lokasi

Fitur lokasi atau GPS merupakan salah satu fitur di Android yang sering digunakan, tapi tahukah anda bahwa fitur ini sangat menguras baterai, karena walaupun smartphone yang sedang anda gunakan dalam keadaan mati, fitur ini akan terus bekerja dan membuat penggunaan daya baterai menjadi boros, untuk itu segera matikan fitur lokasi atau GPS anda.

4. Gunakan Wallpaper yang Gelap

Tips berikutnya yang bisa anda coba adalah, hindari penggunaan wallpaper yang cerah, dan gunakan wallpaper yang gelap, wallpaper berpengaruh terhadap penggunaan baterai? Sangat berpengaruh, jika anda menggunakan wallpaper cerah terlebih lagi memiliki efek animasi, maka akan membuat baterai anda menjadi boros, hal ini dikarenakan kecerahan pada smartphone akan meningkat, dan membuat penggunaan daya baterai menjadi boros.

5. Nonaktifkan Fitur OK Google (Google Assistant)

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Ketika anda sudah tidak menggunakan smartphone, apakah membuat daya baterai menjadi awet? Tentu saja tidak, terlebih lagi jika anda mengaktifkan fitur Ok Google.

Google Assistant atau fitur "Ok Google" bekerja secara 24 Jam, tentu hal ini bisa berdampak pada daya baterai anda, lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur ini?

  • Buka google app.
  • Geser ke kiri dan pilih pengaturan
  • Pilih voice (suara) > “Ok Google”.
  • Selalu matikan.


6. Mengaktifkan Fitur Penghemat Baterai

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Fitur penghemat baterai merupakan sebuah fitur yang kini ada di semua smartphone, dengan fitur ini kita bisa menghemat baterai 20-30%, memang dengan mengaktifkan fitur ini kinerja smartphone yang kita miliki akan dibatasi, namun fitur ini terbukti ampuh, untuk mengaktifkannya, disini saya menggunakan Asus Zenfone Max Pri M1, berikut tutorialnya.
  • Buka pengaturan.
  • Lalu pilih menu Baterai.
  • Jika sudah akan muncul pengaturan Penghemat baterai, anda tinggal tekan tombol yang ada di sampingnya, dan selesai.


7. Matikan Data Seluler atau Mode Pesawat Saat Smartphone Sedang Tidak Digunakan

Smartphone yang kita gunakan walaupun dalam keadaan terkunci atau sleep, belum tentu tidak bekerja, smartphone yang dalam terkunci tetap bekerja apalagi jika data seluler selalu aktif, data seluler yang aktif selama 24 jam selain boros paket data, juga bisa boros daya baterai.

Karena pada saat smartphone dalam keadaan terkunci, data seluler yang aktif akan selalu bekerja dan menguras baterai, karena sinyal jaringan akan terus menguras baterai, nah solusinya adalah matikan data seluler anda, atau gunakan moda pesawat jika smartphone anda sedang tidak digunakan.

8. Jangan Kebanyakan Menggunakan Widget

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu suka dengan Widget, fitur yang satu ini memang terlihat sangat menarik karena kita bisa melihat fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya, tapi yang membuat saya tidak suka adalah daya baterai akan semakin terkuras.

Oleh karena itu, saran saya jangan gunakan widget terlalu banyak, gunakan secukupnya saja karena semakin banyak widget yang terpasang, maka baterai akan menjadi cepat habis, hal ini disebabkan oleh widget yang terus menerus melakukan sinkronisasi secara terus menerus.

Selain itu, widget yang sedikit juga bisa membuat smartphone yang kita miliki terhindar dari lag atau lemot, karena widget yang berlebihan bisa memakan banyak RAM.

9. Nonaktifkan Sinkronisasi Akun

Sinkronisasi akun tanpa kita sadari ternyata bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat habis, seperti yang kita ketahui bahwa setiap aplikasi google atau google apps yang kita pasang di Android memerlukan sinkronisasi akun, hal ini bertujuan untuk menyimpan riwayat ataupun data-data.

Oleh karena itu sebaiknya kita matikan saja sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan lalu bagaimana caranya?
  • Masuk ke pengaturan lalu pilih akun.
  • Pilih aplikasi untuk melihat aplikasi apa saja yang telah di sinkronisasi.
  • Nanti anda akan melihat daftar aplikasi.
  • Nonaktifkan aplikasi yang tidak sedang digunakan.


10. Update Aplikasi Secara Berkala

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Biasanya orang malas untuk update aplikasi dikarenakan menguras waktu dan juga menguras paket data, tapi tahukah anda update aplikasi sangat bermanfaat untuk smartphone anda, para developer terus memperbaiki dan mengoptimasi aplikasi yang mereka miliki, hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut bisa berjalan lebih lancar.

Baca Juga: Daftar 7 Aplikasi Android Penghasil Bitcoin Terbaru - 100% Legit

Aplikasi yang jarang uupdate atau usang, menjadi salah satu faktor baterai smartphone menjadi boros, untuk lebih simpel nya anda bisa mengupdate semua aplikasi secara otomatis, lalu bagaimana caranya?
  • Buka Google Play Store
  • Lalu langsung saja ke bagian Setelan > Update aplikasi secara otomatis
  • Pilih opsi "Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi".


11. Install Aplikasi Penghemat Baterai

Di Play Store banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang beredar, namun anda harus bisa memilih manakan aplikasi yang bagus, tapi saya pribadi lebih merekomendasikan aplikasi "Greenify".

Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur aplikasi yang tidak digunakan, yaitu dengan cara menonaktifkan otomatis kinerja aplikasi tersebut secara otomatis, walaupun tidak berdampak terlalu besar, namun aplikasi ini dipercaya bisa menghemat baterai hingga beberapa persen.

Butuh Smartphone Dengan Kapasitas Baterai Besar? Baca Juga: Review Asus Zenfone Max Pro M1 Handphone Para Gamers

12. Nonaktifkan Tethering Hotspot Portabel

Wifi ataupun Tehtering Hotspot Portabel, fitur yang satu ini sangat menguras baterai, dan saya sudah membuktikan nya sendiri, kebetulan saya memiliki sebuah laptop, dan untuk mendapatkan koneksi internet, saya menggunakan smartphone untuk berbagi koneksi, efeknya baterai smartphone saya menjadi boros.

Untuk itu lebih baik nonaktifkan fitur tethering, mungkin ada saudara atau adik anda meminta tethering, tapi sebaiknya jika kondisi baterai sedang tidak memungkinkan, jangan gunakan tethering karena sangat menguras baterai.

13. Mengatur Layar Agar Smartphone Tidur Lebih Cepat

Semua smartphone pasti memiliki fitur sleep atau tidur, layar yang lebih lama hidup tentu akan semakin cepat menguras baterai, hal ini bisa kita akali agar layar smartphone bisa tidur lebih cepat.

Dalam pengaturan biasanya kita bisa mengatur kapan layar akan mati, bisa 15 detik, 30 detik, 1 menit, bahkan hingga never, nah untuk menghemat baterai, saya sarankan untuk menggunakan pengaturan 15 detik, lalu bagaimana cara setting nya?.
  • Buka Pengaturan.
  • Lalu cari menu tampilan.
  • Setelah itu anda cari menu tidur atau sleep.
  • Pilih waktu 15 detik, dan selesai.


14. Gunakan Tema Gelap

Tampilan seperti nya memang sangat berpengaruh pada smartphone, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa wallpaper bisa mempengaruhi daya baterai, sama hal nya dengan tema, biasanya setiap smartphone ada opsi untuk memilih tema.

Saya sarankan untuk menggunakan tema yang gelap, hal ini bertujuan agar layar smartphone anda tidak bekerja dengan lebih, apalagi jika smartphone yang anda gunakan mengusung layar AMOLED, jenis layar tersebut dinilai sangat rentan terjadi masalah seperti shadow dan juga pink line, jika menggunakan kontras dan brightness yang terlalu cerah.

15. Nonaktifkan hal-hal yang jarang digunakan

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang sangat ampuh, setiap fitur yang tidak kita perlukan namun selalu digunakan menjadikan perangkat tersebut boros terutama dalam masalah baterai. Lalu apa saja fitur yang biasanya menjadikan baterai smartphone menjadi boros?.

Bluetooth, NFC dan Wifi, ketiganya merupakan fitur yang selalu aktif ketika tidak digunakan, hal tersebut memiliki efek yang sangat besar terhadap penggunaan baterai, lalu bagaimana cara menonaktifkannya?.

Anda tinggal menggeser atas layar anda, nanti akan muncul bilah pengaturan cepat, nah disitu biasanya terdapat fitur Bluetooth, NFC, dan Wifi, anda hanya tingga menekan tombol tersebut untuk menonaktifkannya.

16. Gunakan Profil Diam atau Senyap

Cara yang ke 16 adalah jika dirasa sedang dalam keadaan yang tenang, pastikan untuk matikan seluruh audio yang ada pada smartphone anda, hal ini bisa berupa nada dering, nada tombol, nada pesan, dan beberapa nada lainnya.

Sebenarnya, kita tidak perlu mengatur semua nya secara manual, karena fitur ini sudah ada dalam tiga mode, yaitu mode senyap, hanya alarm, dan bersuara. Untuk menghemat baterai lebih anda bisa menggunakan mode senyap, agar semua nada yang ada pada smartphone anda tidak terdengar.

17. Menggunakan Fitur "Doze" di Android 6.0

Jika anda pengguna Android 6.0 marshmallow, maka bergembiralah karena google menambahkan fitur yang bagus untuk mengemat baterai, nama fitur ini adalah "Doze".

Fitur yang satu ini bisa membuat bateran android anda menjadi tahan lama, bahkan hingga saat baterai anda akan habis atau drop. Ketika smartphone android tidur, Doze akan otomatis bekerja, dan senangnya kita masih bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tapi ternyata Doze memiliki satu kekurangan, yaitu fitur ini hanya bisa bekerja ketika smartphone android benar-benar diam.

Sehingga Doze tidak akan bekerja ketika anda menaruh android di saku dan jalan-jalan sepanjang hari. Tetapi dengan keterbatasannya, fitur Doze sangat mengagumkan.

18. Aktifkan Pemberitahuan di Layar Kunci

Fitur ini selain memudahkan pengguna untuk melihat notifikasi dengan simpel, ternyata bisa juga membuat baterai Android tahan lama.

Mengapa? Karena kita tidak perlu masuk ke android dan hanya melihat layar kunci saja, jika ada hal yang penting, baru kita buka.

19. Nonaktifkan Fitur Pintar

Anda pasti sering melihat fitur rotasi otomatis atau dalam bahasa inggrisnya “auto rotation”. Fitur ini akan membuat layar menyesuaikan posisi kita.Tetapi ketika kita tidak sering menggunakannya, kami sarankan anda untuk mematikan saja fitur ini.

Selain itu, di perangkat samsung kelas atas dan sejenisnya ada juga fitur “Air gesture”. Lagi-lagi lebih baik fitur tersebut dimatikan walau cukup bermanfaat untuk kita. Karena fitur-fitur tersebut bisa menguras baterai sehingga cepat habis.


20. Nonaktifkan Getaran dan umpan balik

Fitur getaran pada perangkat android juga menjadi salah satu faktor yang membuat baterai android tidak tahan lama. Untuk itu, matikan saja getaran atau vibrate. Cukup gunakan suara saja untuk menerima notifikasi telepon, sms, dan feedback (umpan balik).

21. Matikan Semua Animasi yang Membuat Baterai Boros

Untuk melakukan pengaturan ini, kita harus mengakses “menu rahasia” yang ada di setelah perangkat android. Dibawah ini langkahnya: 
  • Buka setelan.
  • Geser kebawah dan pilih “About Phone”.
  • Klik “Software Information” Geser kebawah dan tekan “Nomor bentukan” atau “Build Number” 7 kali.
  • “Sekarang Anda adalah Pengembang”, anda akan mendapat pesan seperti itu.
  • Sekarang kembali ke setelah dan anda akan melihat pengaturan baru: Opsi pengembang.
Setelah menu rahasia aktif, berikut panduan untuk mengurangi atau menghapus animasi yang ada di perangkat:
  • Buka Opsi pengembang.
  • Geser kebawah sampai dan pilih Skala animasi jendela dan pilih 0,5. Pilih “Skala animasi transisi” dan pilih 0,5. Pilih “durasi animator” dan pilih 0,5.
  • Perubahan akan berlaku dan tidak perlu merestart handphone.Silahkan anda rasakan perbedaannya. Animasi yang berkurang membantu menghemat masa penggunaan baterai sehingga lebih awet.
Itulah 21 Cara Menghemat baterai Android paling terbaru, oh iya seperti yang sudah saya singgung di awal, bahwa penyebab baterai boros bukan hanya kapasitas baterai yang kecil melainkan bisa saja terjadinya bug atau juga adanya perangkat keras yang tidak kompatibel, 21 cara diatas hanyalah sebagai cara alternatif, jika dirasa sudah melakukan 21 cara diatas dan tidak berhasil, semua itu kembali lagi ke perangkat anda, semoga cara diatas bisa bermanfaat, 


EmoticonEmoticon