21 November 2018

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

SSD atau sering atau bisa dibilang Solid State Drive, merupakan sebuah Hardware atau perangkat keras pada komputer, SSD dinilai memiliki kecepatan yang lebih cepat ketimbang pendahulunya yaitu HDD atau harddisk, untuk saat ini penggunaan SSD terbilang sudah sangat luas, karena SSD sangat membantu dalam pekerjaan seperti video editing, dan lain-lain.

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark


Ketika Anda hendak merakit komputer ada satu hal yang harus Anda lakukan, yaitu pengecekan komponen komputer, untuk mengecek komponen komputer anda bisa menggunakan software dan juga bisa mengeceknya langsung secara fisik, khusus SSD kini anda bisa mengecek performanya secara langsung menggunakan bantuan software bernama CrystalDiskMark.

Jika Anda ingin menggunakan SSD maka wajib untuk cek performanya, terlebih jika Anda membelinya secara second, karena SSD biasanya akan digunakan untuk file sistem, jadi jika performanya sudah menurun maka perangkat sistem Anda akan bermasalah.

Baca Juga: Cara Membuat Bentuk Huruf atau Font Keren dan Unik di Whatsapp

Lalu bagaimana sih cara cek performa SSD menggunakan CrystalDiskMark? Berikut adalah tutorial lengkapnya.

Cara Cek Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Pertama-tama unduh terlebih dahulu software CrystalDiskMark, Anda bisa mengunduhnya langsung disini. Jika sudah mengunduh, buka folder path download Anda, lalu buka file CrystalDiskMark, perlu diperhatikan disini, jika Anda menggunakan System 32 bit, maka Anda memilih CrystalDiskMark versi x86, namun jika anda menggunakan System 64 bit, maka Anda pilih CrystalDiskMark versi x64.

Cara Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Setelah Anda membuka software tersebut, maka secara otomatis software CrystalDiskMark akan menunjukan performa dari SSD yang Anda miliki, kondisi yang ditampilkan seperti, temperatur, model SSD, jenis slot dan beberapa keterangan lainnya.


Tidak hanya SSD saja yang bisa diperiksa performanya menggunakan CrystalDiskMark, HDD juga bisa Anda cek dengan bebas, untuk mengeceknya Anda hanya perlu menekan pada menu Disk, lalu pilih HDD yang anda gunakan.

Karena software ini merupakan software portabel, jadi selesai Anda mengecek performa SSD atau HDD Anda, maka Anda bisa menghapus nya langsung tanpa uninnstal.


Nah, itulah tutorial bagaimana cara mengetahui performa SSD menggunakan CrystalDiskMark, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini silahkan berkomentar, jangan lupa untuk share artikel ini agar saya bisa lebih rajin dalam mengupdate artikel bermanfaat lainnya.


EmoticonEmoticon