15 Desember 2018

Cara Menentukan Bilangan Pecahan Menggunakan Rumus C++ Beserta Source Code

Bilangan pecahan merupakan sebuah operasi perhitungan matematika, yang memiliki pembilang dan juga penyebut, pembilang merupakan nilai yang akan dibagi, lalu sedangkan penyebut merupakan nilai yang akan digunakan sebagai pembagi pada suatu bilangan.

Cara Menentukan Bilangan Pecahan Menggunakan Rumus C++ Beserta Source Code

Untuk menentukan bilangan pecahan, jika pada bilangan pecahan dilakukan operasi penjumlahan maupun pengurangan maka penyebut semua operasi tersebut harus disamakan terlebih dahulu, dan jika ada dua nilai bilangan pecahan, misal 2/3 dan 3/4 maka pembilang dan penyebut harus disamakan dengan cara faktorisasi persekutuan terbesar.

Dalam program C++ ternyata ada kode dan juga rumus tersendiri untuk menentukan bilangan pecahan, jika anda sedang bingung dengan cara menentukan bilangan pecahan menggunakan Rumus C++ maka berikut saya akan memberikan source code, yang bisa anda langsung copy.

Baca Juga:


Cara Menentukan Bilangan Pecahan Menggunakan Rumus C++

#include <iostream>
using namespace std;
int faktor(int a,int b)
{
    if (b==0){
        return a;
    }
    else{
        faktor(b,a%b);
    }
}
int main(){
    int fpb,w,x,y,z;
    int e,f;
    cin>>w>>x>>y>>z;
    f=x*z/faktor(x,z);
    e=(f/x*w)+(f/z*y);
    fpb=faktor(e,f);
    cout<<e/fpb<<' '<<f/fpb;
}

Diatas adalah source code C++ untuk menentukan bilangan pecahan, anda bisa langsung copy code diatas, lalu paste pada lembar kerja yang anda miliki, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon