15 Desember 2018

Contoh Aplikasi Pembayaran Kasir Menggunakan C++ Beserta Source Code

C++ merupakan sebuah bahasa pemrograman yang sangat membantu sekali untuk memudahkan pekerjaan, sudah banyak saat ini program yang menggunakan bahasa C++ dan sudah membantuk berbagai macam pekerjaan, kalkulator misalnya, sebelumnya saya sudah membahas tentang contoh kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman C++.

Contoh Aplikasi Pembayaran Kasir Menggunakan C++ Beserta Source Code

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang aplikasi sederhana pembayaran kasir, pembayaran kasir hingga saat ini masih eksis digunakan oleh banyak supermarket agar pembayaran menjadi lebih mudah, aplikasi yang dibuat ini mampu menghitung diskon secara langsung hanya dengan menerima inputan harga, serta jumlah diskon dari pengguna.

Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga sangatlah mudah dan juga tidak memakan banyak memori,terlebih program c++ ini merupakan program berbasis teks, jadi ukuran dari program menjadi lebih kecil.

Aplikasi kalkulator pembayaran kasir sederhana ini bisa membantu para penjual dan juga pembeli untuk menghitung jumlah transaksi yang dikeluarkan, tidak hanya itu sistem ini juga bisa di edit berdasarkan besaran dari diskon, sehingga bisa menjadi lebih baik, lalu seperti apa source code dari program ini? Berikut adalah source codenya.

Source Kode Aplikasi Pembayaran Kasir Menggunakan C++

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    float pembayaran;
    int min_diskon=80000;
    int diskon;
    int persen = 60;
    cout<<"Masukan jumlah pembelian : "; cin>> pembayaran;
    if(pembayaran>=min_diskon){
        for(int a=1; a<=3; a++){
            diskon=pembayaran*persen/100;
            persen=persen/2;
            pembayaran=pembayaran-diskon;
        }
    }
    cout<<endl;
    cout<<"total yang harus dibayar : "<<pembayaran<<endl;
    return 0;
}

Program diatas, pengguna harus memasukkan jumlah pembelian yang akan dibayarkan, lalu program secara otomatis akan menghitung diskon yang didapatkan oleh pembeli, dan akan langsung di akumulasikan ke total pembayaran.
Itulah source code contoh aplikasi pembayaran kasih sederhana menggunakan C++ semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini, agar saya bisa terus update artikel bermanfaat lainnya.


EmoticonEmoticon