24 Desember 2018

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Sistem operasi merupakan sebuah software yang sangat penting dalam sebuah perangkat, misalnya saja pada PC atau Komputer, tanpa sistem operasi maka PC tidak bisa digunakan, begitu pula dengan Smartphone, tanpa sistem operasi Android atau sebagainya, smartphone tidak akan bisa bekerja, di dunia ini ada banyak sekali jenis sistem operasi.
Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Sistem operasi juga turut membantu dalam fungsi teknologi informasi dan komunikasi, sehingga kita bisa mengakses informasi dengan bebas, salah satu jenis sistem operasi yang paling sering digunakan adalah Windows dari Microsoft.

Sistem operasi Windows dinilai lebih user friendly karena memiliki banyak sekali fitur yang mendukung pekerjaan, selain itu Windows juga menurut saya merupakan salah satu sistem operasi wajib bagi setiap perangkat komputer, contohnya saja misalkan ada seorang yang belum mengetahui seluk beluk komputer, dan menggunakan sistem operasi Linux berbasis text, maka akan semakin sulit.

Baca Juga:


Tidak hanya Linux ataupun Windows, ternyata sistem operasi perangkat komputer ada banyak sekali tipe dan jenis nya, namun sebelum mengenal lebih jauh dengan nama-nama sistem operasi, ada baiknya kita mengetahui jenis nya terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer

Menurut yang saya ketahui, jenis sistem operasi komputer didunia ini hanya ada dua, yang pertama adalah sistem operasi berbasis text atau sering disebut dengan istilah CLI (Command Line Interface) dan yang kedua adalah berbasis gambar atau grafis, atau sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface)

Lalu apa sih arti dari kedua sistem operasi diatas, dan apa perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.
  • CLI (Command Line Interface)
Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Sesuai namanya, Command Line Interface merupakan sebuah sistem operasi dimana pada setiap pengoprasiannya menggunakan baris perintah atau singkat nya berbasis text atau angka, menurut se pengetahuan saya, biasanya sistem operasi berbasis text biasanya ada pada Linux atau DOS, dan salah satu yang menggunakan CLI adalah Debian.

Berbeda dengan Windows dimana pada pengoperasian nya hanya dengan klik dan klik, pada sistem operasi Debian, setiap kali kita ingin membuka file ataupun membuka manajer file, maka kita harus menggunakan kode.
  • GUI (Graphical User Interface)
Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Jenis yang kedua adalah GUI atau Graphical User Interface, sistem operasi GUI merupakan sebuah bentuk perkembangan sistem operasi, dari berbasis text menjadi berbasis grafis atau gambar.

Pada prakteknya, GUI merupakan sebuah sistem operasi dimana pada setiap interaksinya menggunakan grafis antar penggunanya, contohnya seperti Windows, pada sistem operasi Windows kita tak perlu lagi menuliskan kode-kode untuk hanya sekedar membuka file atau sebagainya, karena pada Windows sudah menggunakan gambar grafis atau tombol untuk meng eksekusi perintah.

Nama Sistem Operasi Perangkat Komputer Paling Populer

Diatas merupakan jenis sistem operasi pada komputer, nah seperti yang kita ketahui juga, kalau sistem operasi pada komputer tidak hanya Windows saja, melainkan ada merk atau nama sistem operasi populer lainnya, kalau tidak salah ada 4 Sistem operasi yang populer selain Windows, apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Mac OS

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Sistem operasi pertama selain Windows adalah Mac OS, sistem operasi ini bisa dibilang saingan dari Microsoft Windows, Mac OS dikembangkan oleh Apple, merupakan sebuah sistem operasi eksklusif yang hanya kompatibel pada produk apple saja, yaitu Macbook.
  • Kelebihan Mac OS
Kelebihan dari Mac OS bisa terlihat pada tingkat keamanannya, pada Mac OS memiliki tingkat keamanan yang lebih ketimbang sistem operasi lainnya, selain itu Mac OS juga merupakan sebuah sistem operasi Eksklusif, itu artinya anda tidak perlu membeli Sistem Operasi seperti kita membeli Windows, karena setiap kali membeli Macbook sudah terdapat Mac OS didalamnya.

  • Kekurangan Mac OS
Walaupun begitu, ternyata Mac OS memiliki kekurangan, sama seperti iOS, pada Mac OS tidak mendukung banyak aplikasi atau software, itu artinya anda tidak bisa sembarangan untuk memasang software, karena hal inilah yang membuat Mac OS menjadi lebih safety.

2. Linux

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Linux, sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang bersifat Open Source, itu artinya daleman dari sistem operasi ini bisa diubah atau dimodifikasi sesuka hati, berbeda dengan Mac OS ataupun Windows yang berbayar, pada Linux disediakan secara gratis.

Mungkin anda akan menyangka kalau Linux merupakan sebuah sistem operasi yang hanya berbasis text, namun jangan salah ada beberapa distro yang sudah menggunakan GUI, seperti Ubuntu, Kali, Kubuntu, dan beberapa sistem operasi lainnya.
  • Kelebihan Linux
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang sangat stabil, maka tak heran kalau banyak orang menggunakan Linux untuk sistem operasi server, tidak hanya itu ada berbagai macam distro pada Linux yang bisa anda gunakan.

  • Kekurangan Linux
Kekurangan Linux terletak pada pengoperasiannya yang lebih ribet ketimbang Windows, selain itu hampir sama seperti Mac OS, ada banyak software yang tidak kompatibel pada Linux.

3.Phoenix OS

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Yang Harus Kamu Ketahui

Phoenix OS merupakan sebuah sistem operasi pada komputer dimana platform pada sistem operasi ini sama seperti Android, pada Phoenix OS kita bisa menjalankan berbagai macam Aplikasi Android, seperti layaknya Smartphone Android.
  • Kelebihan Phoenix OS
Jika anda ingin menggunakan aplikasi Android maka inilah kelebihan Phoenix OS, Phoenix OS dinilai lebih stabil dan enteng dalam menjalankan aplikasi Android ketimbang menggunakan emulator.
  • Kekurangan Phoenix OS
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa sistem operasi ini dikhususkan untuk menjalankan aplikasi seperti Aplikasi Android, nah kekurangan dari sistem operasi ini adalah, walaupun kita menjalankan sistem operasi ini pada perangkat komputer, namun sistem operasi ini tidak bisa menjalankan software Windows atau sebagainya.

4. Android

Sebenarnya Android merupakan sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Google, namun fungsi utama sistem operasi Android adalah untuk mobilitas, maka dari itu kita lebih sering menjumpai sistem operasi Android pada smartphone, oh iya, ngomong-ngomong sistem operasi Android ini hampir sama ya dengan sistem operasi Phoenix OS diatas.
Oke mungkin itulah 4 sistem operasi pada komputer yang paling populer dan sering digunakan, karena beberapa sistem operasi lainnya tersedia hanya untuk smartphone, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan berkomentar ya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon