23 Januari 2019

Tutorial Lengkap Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu (Supercopy)

Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu - Samsung merupakan salah satu merk smartphone raksasa yang memiliki banyak sekali pengguna terkhusus di Indonesia, jika kita melihat di masyarakat, banyak sekali kita jumpai orang lebih memilih produk Samsung (Walaupun memiliki spesifikasi yang kecil) ketimbang merk lain, hal ini dikarenakan masyarakat sudah percaya dengan kualitas dari Samsung ini.
Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu (Supercopy)

Nah, karena tingkat kepercayaan inilah, mulai banyak beredar HP Samsung KW atau Supercopy, dimana bentuk nya sama seperti HP Samsung pada umumnya, namun pada bagian mesin atau sertifikasinya tidak seperti pada Smartphone Samsung lainnya.

HP Samsung KW atau Replika, atau bisa disebut Supercopy sudah sangat menjamur di Indonesia, dan biasanya untuk versi KW nya itu paling banyak mengambil dari tipe seri S, seperti Samsung Galaxy S4, S5, hingga S9.

Nah, kamu sebelum membeli smartphone Samsung harus berhati-hati karena performa serta build quality dari Samsung palsu ini sangat buruk, karena hardware dalam smartphone replika bukan mesin aslinya.

Agar bisa terhindar dari hal ini lalu bagaimana sih cara mengatasinya? Nah di Tutorial ini saya akan memberikan 4 Cara bagaimana cek HP Samsung KW dengan HP Samsung Asli, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu (KW Supercopy)

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa untuk cek apakah smartphone Samsung anda palsu atau asli, ada 4 cara, dan pastikan anda membaca semua cara dari yang pertama hingga terakhir.

1. Cek IMEI Pada Dus dan Ponsel

Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu (Supercopy)

Hal pertama yang harus anda cek adalah IMEI, yaitu anda harus menyamakan apakah antara IMEI pada Ponsel sama dengan IMEI yang tertera pada dus, untuk cek IMEI pada smartphone anda bisa menekan kode *#06# lalu akan muncul informasi IMEI1 dan IMEI2 (jika smartphone Samsung anda hanya memiliki satu SIM, maka yang muncul hanya IMEI1).
Setelah itu samakan dengan IMEI yang ada di Dus, jika memiliki kesamaan, besar kemungkinan smartphone Samsung anda Asli, namun hal ini tidak bisa menjadi acuan, karena anda harus mengeceknya lagi dengan ketiga cara berikut.

2. Cek IMEI di Situs IMEI Info

Cara Cek HP Samsung Asli / Palsu (Supercopy)

Sudah tau nomor IMEI dari smartphone? Nah cara selanjutnya adalah anda harus mengecek status smartphone anda ke situs IMEI.info anda bisa mengunjungi situs tersebut dengan cara klik disini.

Setelah itu masukkan informasi IMEI pada kolom yang sudah disediakan pada situs tersebut, setelah itu jika smartphone anda asli, maka akan keluar Informasi detail dari smartphone anda, jika asli maka data yang keluar akan sesuai dengan kondisi detail pada smartphone anda, jika palsu maka kemungkinan informasi tidak akan keluar, atau bisa juga Informasi yang keluar tidak sesuai dengan kondisi smartphone yang ada.

3. Cek Kondisi Hardware

Langkah yang ketiga adalah dengan cara mengetes Hardware, disini kita tidak akan mengetes hardware secara manual, namun kita bisa mengeceknya secara otomatis menggunakan kode Dial, untuk mengeceknya anda bisa menekan kode *#0*# , nanti akan muncul banyak sekali menu pengecekan.
Nah dari sekian banyak menu tersebut, berikut akan saya jelaskan masing-masing fungsi dari menu yang ada setelah menekan kode pengecekan.
  • Red, Green, Blue, Black
Menu ini digunakan untuk mengecek apakah warna primer dari smartphone yang anda miliki sudah berfungsi secara normal, hal ini berkaitan dengan kondisi LCD, jadi jika anda menekan menu Red, namun jika yang keluar bukan warna merah, maka LCD dari Smartphone anda sudah bermasalah.
  • Receiver, Vibration
Untuk menu Receiver berfungsi untuk mengecek apakah smartphone anda bisa menerima panggilan atau tidak, sedangkan untuk Vibration berfungsi untuk mengecek apakah getar atau vibrasi pada smartphone anda berfungsi atau tidak.
  • Dimming
Menu ini digunakan untuk mengetes apakah layar HP bisa diredupkan atau tidak, silahkan anda Swipe ke bawah untuk meredupkan layar,nah jika berhasil maka tak ada masalah yang berarti, dan tekan tombol kembali 2x jika semua pengaturan sudah selesai.
  • Mega Cam dan Front Cam
Menu ini berfungsi untuk melihat apakah fitur kamera utama serta kamera depan berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Sensor and Touch
Sesuai namanya menu ini berfungsi untuk mengecek apakah fungsi dari sensor seperti accelerometer berfungsi dengan baik, dan apakah fungsi dari sensor sentuh layar berfungsi atau tidak.
  • Sleep and Speaker
Fungsi dari menu ini adalah untuk mengecek apakah fitur Sleep (mematikan layar sejenak) berfungsi atau tidak, sedangkan speaker untuk mengecek apakah fitur suara dari smartphone anda berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Sub Key and Low Frequency
Lalu menu yang terakhir adalah untuk mengetes apakah tombol-tombol yang ada pada smartphone anda berfungsi dengan baik atau tidak, seperti tombol Menu, Back Volume, Power dan beberapa menu lainnya, silahkan anda coba satu persatu jika tidak ada masalah anda bisa menekan tombol kembali 2x.

4. Cek Kondisi Fisik dan Spesifikasi

Cara yang terakhir adalah dengan cara mengecek kondisi fisik serta spesifikasi yang diusung, nah cara yang terakhir ini mungkin cara yang paling ampuh, karena seperti yang sudah saya singgung di paragraf pertama, bahwa smartphone Samsung yang KW itu memiliki build quality serta spesifikasi yang sangat jauh dibawah dari versi aslinya.

Untuk cara pengecekannya, anda bisa melihat dari segi fisik, anda bisa mencari gambar dari smartphone samsung anda di Internet, lalu samakan kondisi fisiknya, mulai dari tombol hingga bentuk kamera.

Setelah itu anda cocokkan kondisi spesifikasi serta kualitas dari beberapa hardware, seperti kamera, RAM, Internal Memory, serta spesifikasi yang diusung.

Biasanya kalau HP Samsung yang KW itu memiliki spesifikasi lebih rendah ketimbang yang asli, misal pada versi Aslinya memiliki 4 GB RAM, nah untuk versi KW nya biasanya hanya memiliki 2 GB RAM, selain itu anda bisa mengecek berapa MP kamera yang ditanamkan, serta lihat seperti apa kualitas hasil jepretan dari kamera smartphone anda, jika dirasa kualitas kamera smartphone samsung anda jauh dari ekspektasi maka bisa dipasitkan smarpthone anda KW.

Nah, itulah 4 cara bagaimana mengecek HP Samsung apakah asli atau palsu, ada pertanyaan terkait dengan artikel ini? Silahkan berkomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon