30 Januari 2019

Cara Cek Keaslian Produk BPOM Secara Online

Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online - Seperti yang kita ketahui bahwa setiap produk yang ada di Indonesia biasanya harus terdaftar terlebih dahulu di BPOM sebelum bisa diedarkan, nah jika sudah terdaftar di BPOM brarti produk tersebut sudah lolos dari berbagai uji kelayakan produk hingga bahan apa saja yang digunakan.
Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online

Nah, baru-baru ini kita dikejutkan dengan semakin banyaknya beredar produk palsu atau produk aspal yang tidak terdaftar di BPOM, mulai dari produk Kosmetik, hingga produk Konsumsi, tentu hal ini sangat meresahkan.

Barang yang sudah terdaftar di BPOM tentu bisa meningkatkan kepercayaan kita terhadap suatu produk, mengingat produk yang sudah terdaftar di BPOM sudah lolos uji kelayakan, karena baru-baru ini kita sempat dikejutkan dengan produk kosmetik ilegal yang tidak terdaftar di BPOM, dan terbukti mengandung bahan berbahaya, tentu hal ini sangat meresahkan.

Oleh karena itu diartikel ini saya akan berbagai bagaimana cara mengecek keaslian suatu produk, apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum, simak caranya berikut ini.

Cara Cek Produk Sudah Terdaftar di BPOM atau Belum

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat kita memakai atau mengkonsumsi suatu produk, kita bisa mengeceknya secara langsung secara online di situs resmi Badan Pengawas  Obat dan Makanan (BPOM) RI.
Dan biasanya sering kita temui sebuah produk tercantum sebuah nomor dari BPOM nah kita harus bisa memastikan apakah produk tersebut benar sudah terdaftar atau belum, cara ceknya berikut ini.

1. Cek Melalui Situs Resmi BPOM

Langkah pertama untuk mengecek produk sudah terdaftar atau belum adalah dengan mengunjungi situs resmi BPOM http://cekbpom.pom.go.id/ nah pada situs tersebut kita akan menemukan beberapa pilihan pencarian, yaitu pencarian melalui, nomor registrasi, nama produk, merk, jumlah & kemasan, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar, namun saya akan menjelaskan tiga cara yaitu melalui nomor, nama produk, dan merk, dan berikut penjelasan lengkapnya

Cek Melalui Nomor Registrasi

Jika kita melihat pada suatu produk biasanya, kita akan melihat sebuah nomor dari BPOM, nah nomor tersebut merupakan sebuah nomor registrasi, misal kodenya adalah "NA18171204785" nah silahkan salin nomor yang tertera, setelah itu masukkan pada kolom pencarian.

Jika muncul hasil pencarian, maka produk tersebut terdaftar di BPOM, namun jika tidak muncul maka bisa dipastikan produk tersebut tidak terdaftar di BPOM.
Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online

Cek Melalui Nama Produk

Cara yang kedua adalah dengan cara cek melalui nama produk, misal kita tidak mendapati nomor BPOM pada sebuah produk, kamu bisa mengeceknya dengan cara memasukkan nama produk pada kolom pencarian, misal saya mengetikkan nama "Propolis" jika muncul daftarnya maka silahkan anda cocokkan.
Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online

Cek Melalui Merk

Dan cara yang terakhir adalah dengan melalui merk, jika dirasa nama produk terlalu panjang dan ribet, maka kamu bisa mengeceknya melalui merk produk, misal saya akan memasukkan kata kunci "Tao Kae Noi" nah jika muncul maka produk tersebut terdaftar di BPOM.
Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online

Biasanya pada sebuah produk terdapat terdapat kombinasi huruf dan angka yang terpisah, maka kamu bisa mencarinya hanya dengan memasukkan nomor nya saja.

Nah seperti yang kita lihat diatas, bahwa setiap nomor registrasi terdapat dua huruf didepannya yaitu seperti ML (angka registrasi) seperti gambar dibawah.
Cara Cek Apakah Barang Terdaftar di BPOM atau Tidak Secara Online
Lalu apasih arti dari kode tersebut, berikut adalah daftar kode beserta artinya.
  • CA = kosmetik dengan tanda notifikasi
  • NA = kosmetika atau obat yang dijual secara online
  • SD = Suplemen produksi dalam negeri
  • SI = Suplemen Impor
  • CD = Kosmetik dalam negeri
  • CL = Kosmetik impor
  • TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
  • TI = Obat tradisional Import
  • MD = Makanan produksi dalam negeri
  • ML = Makanan Impor
Baca Juga:


Nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara mengecek keaslian produk di situs resmi BPOM, ketika memilih sebuah produk ada perlunya untuk berhati-hati, karena setiap produk yang sudah dikemas, kita tidak tahu apa saja bahan yang ada didalamnya, nah dengan adanya produk yang sudah terdaftar di BPOM, bisa membuat kita lebih percaya terhadap sebuah produk.


EmoticonEmoticon