31 Januari 2019

Cara Membuat 3D Stereoscopic Menggunakan Android dan PC

Cara Edit Foto Menjadi 3D Stereoscopic di Android dan PC - Stereoscopic atau 3D Stereoscopic adalah sebuah teknik fotografi yaitu sebuah teknik yang mengubah foto 2 dimensi menjadi bentuk 3 dimensi, stereoscopic biasanya dibuat dengan memotret objek yang sama namun dalam 3 sudut pandang yang berbeda, sehingga membuat foto menjadi terlihat 3 dimensi.
Cara Membuat 3D Stereoscopic Menggunakan Android dan PC

Teknik ini biasa digunakan oleh fotografer professional menggunakan kamera Nimslo, dimana kamera ini merupakan sebuah kamera khusus yang memiliki 3 lensa angle, sehingga bisa menghasilkan foto 3 dimensi.

Kamera Nimslo ternyata tidaklah murah, anda harus merogoh kocek hingga jutaan untuk membeli kamera ini, namun jangan khawatir, karena saat ini meski tidak memiliki kamera nimslo, kamu masih tetap bisa membuat foto sehingga memiliki efek 3D Stereoscopic.

Di artikel ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat atau mengedit foto menjadi efek 3D Stereoscopic, dan kabar baiknya, tutorial yang saya berikan berlaku untuk Android maupun PC, bagaimana tutorialnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Edit Foto Menjadi 3D Stereoscopic di Android dan PC

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa di artikel ini saya akan memberikan dua tutorial, yaitu tutorial membuat efek 3D Stereoscopic menggunakan Android dan PC.

Cara Membuat Efek 3D Stereoscopic Menggunakan Android

Disini kita akan menggunakan Power Director, sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat efek 3D Stereoscopic, namun di artikel ini kita akan menggunakan Power Director, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya secara langsung di Play Store atau disini.
1. Langkah pertama adalah, pastikan kamu sudah memiliki objek foto dengan beberapa angle yang berbeda, misal anda mengambil gambar dari tengah, kiri dan kanan.
2. Setelah itu pastikan foto yang diambil dengan posisi kamera yang sejajar, untuk mengambil fotonya saya sarankan menggunakan Tripod.
3. Selanjutnya buka aplikasi Power Director yang sudah di unduh tadi, dan klik New Project.
4. Masukkan foto yang sudah di potret tadi, dan urutkan urutan foto dengan posisi yang benar.
5. Lalu atur durasi Video dengan mengklik Duplicate.
6 Selesai.

Cara Membuat Efek 3D Stereoscopic Menggunakan PC

Nah, untuk versi PC ini kita akan menggunakan Photoshop, jika menggunakan Photoshop sebenarnya gampang-gampang sulit, berikut adalah tutorial lengkapnya.

1. Pertama buka Photoshop kamu, setelah itu buka file foto yang sudah di ambil tadi.
3. Pastikan foto berada dalam satu lembar kerja, dan pisahkan foto kedalam 3 layers yang berbeda.
4. Setelah itu buka tab Windows yang ada di menu atas, kemudian pilih Timeline.
5. Atur urutan foto yang ada di Timeline agar foto yang dimasuk bisa bergerak seperti memutari objek.
6. Atur hingga pergerakan frame semakin halus.
7. Setelah itu klik File->Export dan Render Video.
Nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara membuat efek 3D Stereoscopic menggunakan Android maupun PC, ada pertanyaan? Silahkan berkomentar, nanti akan saya jawab, jangan lupa share artikel ini, dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon