11 Februari 2019

Apakah Charge HP Berjam Jam Bisa Merusak HP? Berikut Faktanya!

Apakah Charge HP Semalaman Bisa Berbahaya - Tanpa baterai smartphone tidak akan ada gunanya, karena dengan baterailah kita bisa mengoperasikan smartphone yang kita miliki, nah karena memiliki peran yang penting maka kita harus bisa menjaganya agar tetap bisa awet, dan baterai juga memiliki daya tampung, satuannya adalau mili ampere atau mAh, umumnya dengan baterai berukuran 3500 mAh saja kita sudah bisa menggunakan smartphone seharian, dan setelah baterai habis kita bisa mengisi ulang dengan melakukan charge.
Charge HP Semalaman Bisa Merusak HP

Nah ngomongin soal charge hp, sudah pernah menghitung belum berapa lama daya baterai smartphone yang kita miliki terisi secara penuh? Nah pernah gak kepikiran kalau nge cass hp lebih dari waktu yang biasanya hingga semalaman, apakah bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat rusak?.

Baca Juga:


Kita pasti pernah mendengar rumor tersebut, karena secara logika, jika kita menerima makanan berlebih tentu akan berdampak buruk bagi tubuh, lalu bagaimana dengan baterai? Berikut faktanya.

Apakah Ngecharge (Ngecass) HP Semalaman Bisa Membuat Baterai Jadi Lebih Cepat Rusak?

Mungkin pertanyaan ini sering terfikirkan oleh kita apakah benar ya? Oleh karena itu di artikel ini saya akan membahas nya secara men detail.

Perkembangan Baterai Smartphone

Baterai smartphone faktanya memang selalu berkembang menjadi lebih baik, dan dari segi teknologi pun memiliki perkembangan yang pesat dan semakin canggih, mungkin jika kita lihat pada sebelumnya baterai smartphone masih harus kita jaga agar tidak overcharge.

Namun saat ini teknologi pada baterai smartphone sudah berkembang jauh dimana ketika baterai sudah penuh, maka secara otomatis daya akan terputus dari sumber listrik jadi tak perlu takut jika nanti baterai gendut atau sebagainya.

Umur Baterai Smartphone

Baterai juga memiliki umur, pernahkah kamu mengganti baterai smartphone? Dan coba perhatikan berapa tahun kamu sudah menggunakan baterai tersebut, nah biasanya baterai smartphone hanya bisa bertahan dengan performa penuh nya di usia 1 hingga 2 tahun, dan hal ini juga bergantung dari jumlah pengisian ulang baterai (charge) yang kamu lakukan, semakin sering melakukan charge, maka semakin berkurang juga umur dari baterai.

Jika kita melihat pada era smartphone tahun 2014 kebawah, kebanyakan smartphone masih menggunakan baterai yang bisa dilepas, namun kini kebanyakan smartphone sudah menggunakan baterai non removeable atau baterai tanam, hal ini bukan tanpa tujuan, karena baterai tanam bisa memperpanjang umur baterai dan bisa membuat baterai menjadi lebih awet.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah, jika kamu menggunakan smartphone yang terkini yaitu smartphone antara tahun 2017 keatas, maka tak ada masalah jika kamu charge hp semalaman namun perlu diperhatikan juga, bahwa semakin sering (lama) kamu mengisi daya baterai smartphone, maka semakin berkurang juga umur baterai.
Nah, itulah sedikit penjelasan, apakah jika kita charge hp berjam jam bisa merusak atau tidak, namun saran saya jika baterai sudah terisi penuh 100% lebih baik langsung dicabut dari pengisi daya.


EmoticonEmoticon