15 Februari 2019

Cara Cek Apakah Windows yang Kamu Miliki Asli Atau Bajakan

Cara Mengetahui Apakah Sistem Operasi Windows Kita Asli atau Bajakan - Sudah hal yang sangat umum, hampir 95% pengguna perangkat komputer di Indonesia menggunakan Windows sebagai sistem operasinya, hal ini dikarenakan sistem operasi lebih mudah digunakan, serta lebih murah ketimbang iOS.
Cara Membedakan Windows Bajakan dan Original

Nah di Indonesia ini sistem operasi bajakan, atau Windows Bajakan sudah menjadi hal yang sangat umum, hal ini dikarenakan harga dari sebuah sistem operasi Windows memiliki harga yang tidak murah, yaitu bisa mencapai tiga juta rupiah, yang terbaru Windows 10 pun memiliki harga yang tidak murah, makanya sering kita jumpai Windows 10 Bajakan.

Selain itu saya juga pernah melihat, katanya Windows 10 bajakan bisa menjadi original, kalau menurut saya sih, mungkin saja bisa, mungkin dari Windows bajakan mereka menggunakan serial number asli, setelah itu memasukkannya ke Windows 10 bajakan, dan akhirnya menjadi original.

Biasanya Windows 10 atau Windows lainnya yang bajakan disediakan secara gratis di Internet, untuk itu jika kamu ingin membeli sebuah produk Windows, ada baiknya untuk membeli nya secara langsung di situs Microsoft.

Lalu bagaimana sih cara membedakan antara Windows yang asli dengan bajakan? Hal ini perlu kamu ketahui agar tidak tertipu, terlebih jika kamu membelinya bukan di situs official resminya.

Cara Membedakan Antara Windows Asli dan Bajakan

Perlu kita ketahui jika kita membeli sebuah laptop, kita harus tahu apakah Windows yang digunakan asli atau bajakan, nah disini kita akan mengetahuinya, caranya sangat mudah, karena disini kita hanya menggunakan CMD (Command Prompt) untuk mengeceknya, simak selengkapnya dibawah.

Baca Juga:
1. Buka terlebih dahulu aplikasi CMD, bisa dengan mengetik Command Prompt di search, atau bisa juga dengan menekan Windows + R setelah itu tulis CMD, nah jika sudah klik kanan Run As Administrator.
2. Jika sudah ketikkan perintah slmgr /dli di konsol CMD nya untuk mengetahui informasi lisensi.
Cara Membedakan Windows Bajakan dan Original

3. Setelah itu ketikkan tanda slmgr /dlv.
Cara Membedakan Windows Bajakan dan Original

4. Lanjut jika ingin mengetahui batas atau expired Windows, ketikkan slmgr /xpr.
5. Selanjutnya ketik sfc /scannow Jika muncul error "Windows Resource Protection did not find any integrity violation" berarti sistem operasi yang kamu gunakan original, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Itulah tutorial bagaimana cara mengecek apakah sistem operasi windows yang digunakan original atau bajakan, punya pertanyaan? Silahkan berkomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon