15 Februari 2019

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Agar Mudah di Convert

Cara Compress Ukuran PDF Agar Mudah di Upload - File PDF merupakan sebuah file Dokumen yang paling sering digunakan oleh banyak orang, hal ini dikarenakan file PDF tidak bisa dirubah isinya, maka dari itu bagi setiap orang yang membuat sebuah E-book ataupun skripsi membuat filenya berupa file PDF.
Cara Mengecilkan Ukuran PDF

Selain merubah bentuk file PDF menjadi format lain, ada hal yang bisa dilakukan yaitu mengecilkan ukuran PDF atau sering dibilang compress file PDF, biasanya jika kita membuat sebuah dokumen yang memuat banyak gambar, maka ukuran file PDF akan menjadi lebih besar, nah untuk mengatasinya kita harus mengecilkannya dengan cara mengecilkan ukuran file PDF.

Tujuan untuk mengecilkan file PDF ini bervariasi, namun biasanya hal ini bertujuan agar nanti ketika diunggah menjadi lebih mudah, atau bisa juga ketika hendak di convert menjadi lebih mudah, jika kita melakukan converting, seperti merubah PDF ke Word, merubah PDF ke JPG , biasanya memiliki ukuran maksimal PDF.

Nah jika sudah melakukan Converting maka kita bisa memberinya sebuah password agar lebih aman, jika kamu juga sedang mencari tutorial bagaimana cara memberi password pada file PDF kamu bisa baca artikel berikut : Cara Mengunci File PDF Agar Tak Bisa di Buka Orang Lain.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Nah untuk mengkompres ukuran PDF, ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu dengan melakukannya secara online, ataupun bisa melakukannya dengan menggunakan software, dan berikut adalah tutorial lengkapnya.

1. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Software

Disini kita akan menggunakan sebuah software bernama Free PDF Compressor, nah software ini merupakan sebuah software gratis yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran file PDF, kamu bisa mengunduhnya secara langsung disini.

1. Pertama silahkan unduh dan install aplikasi tersebut.
2. Langkah selanjutnya buka aplikasi tersebut dan klik browse, dan pilihlah file PDF yang akan di kecilkan ukurannya.
3. Setelah, lanjut jika kamu ingin mengkustomisasi bagaimana settingan kompresnya, kamu bisa mengklik pada menu setting.
4. Langkah selanjutnya jika sudah langsung saja klik Compress, dan tunggu hingga selesai.

2. Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan situs online, disini kita akan menggunakan situs, pdfcompressor.

1. Pertama silahkan buka situs tersebut lalu masuk ke menu PDF Compressor.
Cara Mengecilkan Ukuran PDF

2. Selanjutnya klik Upload Files, setelah itu tunggu hingga situs selesai mengecilkan File.
3. Nah jika sudah selesai maka nanti tombol Download nya akan aktif, setelah itu klik tombol tersebut dan selesai.

Baca Juga:
Nah itulah cara bagaimana mengecilkan atau kompress file PDF, dengan menggunakan cara ini, kita bisa mengecilkan ukuran file PDF hingga 68%, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan berkomentar, jangan lupa share artikel ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon