19 Februari 2019

Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren Menggunakan Photoshop

Fonetekno - Stempel merupakan sebuah hal yang harus ada pada sebuah perusahaan, biasanya stempel digunakan untuk legalitas sebuah dokumen, tak hanya perusahaan saja, paling sering stempel juga digunakan di sekolah, nah untuk perusahaan biasanya memiliki desain stempel yang lebih keren ketimbang desain stempel sekolahan.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Nah untuk membuat desain stempel biasanya bisa membuatnya secara online, namun kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, ataupun menggunakan Software lainnya, seperti Adobe Illustrator, atau CorelDraw.

Desain stempel yang unik biasanya sering dicari oleh orang, karena ingin menampilkan yang berbeda dari yang lain, terlebih untuk perusahaan, lalu bagaimana sih cara membuat desain stempel yang unik dan keren? Simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren Untuk Perusahaan

Untuk membuat desain stempel yang unik dan keren, disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS 3, jika kamu menggunakan versi Photoshop yang lebih tinggi, tinggal menyesuaikan saja, oke langsung saja berikut tutorialnya.

Pertama

Silahkan buat sebuah lembar kerja baru dengan menekan tombol File->New.

Kedua

Disini kita akan membuat sebuah Stroke, kalau di Adobe Photoshop CS3 caranya adalah atur terlebih dahulu ukuran brushnya dengan menekan tombol "B" dan atur menjadi seperti gambar dibawah, dan pastikan Warna nya, warna putih. Namun kalau kamu menggunakan Adobe Photoshop CS5 keatas, maka abaikan saja langkah ini.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Untuk Photoshop CS 3 setelah itu silahkan buat sebuah Path Shape dengan menekan tombol menu Shape, atau bisa dengan menekan tombol "U" disini kamu bebas bisa menggunakan tipe persegi panjang, atau bisa dengan membuat bentuk lingkaran, namun disini saya menggunakan lingkaran.

Baca Juga:
Lanjut tekan tombol Shift, lalu klik dan seret ke lembar kerja seperti gambar dibawah, jika pada Photoshop versi CS5 keatas, maka klik pada menu Stroke yang ada diatas layar, lanjut langsung saja atur stroke atau garisnya.

Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Setelah itu buatlah sebuah layer baru dengan cara menekan tombol CTRL+SHIFT+N, setelah itu klik kanan pada lembar kerja dan klik Stroke Path.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Atur stroke path nya menjadi brush seperti gambar dibawah.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Lalu buatlah lagi sebuah shape stroke hingga menjadi seperti gambar dibawah, pastikan setiap shapenya pada layer yang berebda agar lebih mudah mengaturnya.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Ketiga

Sampai disini kita sudah berhasil membuat shape, kini tinggal kita tambahkan teks dan juga variasinnya, kita akan menambahkan sebuah lingkaran teks, untuk menambahkan lingkaran teks silahkan kamu baca artikel berikut.
Cara Membuat Teks Melingkar Menggunakan Photoshop
Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah.
Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Keempat

Setelah itu disini kita akan membuat beberapa variasi seperti menambahkan Logo di tengah stempel, dan menambahkan garis putus-putus di pinggiran stempel, untuk membuat garis putus-putus bisa baca artikel berikut.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop
Untuk menambahkan logo silahkan buat sebuah text, atau jika sudah mempunyai logo sendiri silahkan open dan masukkan pada stempel hingga menjadi seperti gambar dibawah.

Cara Membuat Desain Stempel Unik dan Keren

Nah, itulah tutorial bagaimana cara membuat desain stempel unik dan keren menggunakan Photoshop, ada pertanyaan? Kuy silahkan berkomentar saja jangan malu-malu, semoga bermanfaat, jika mau minta file PSD nya, monggo silahkan email ke: abdikaravi@gmail.com.


EmoticonEmoticon