14 Februari 2019

Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Adobe Photoshop

Cara Membuat Garis Lingkaran Putus-Putus di Photoshop - Pada Software Adobe Photoshop ada banyak sekali metode, teknik atau cara yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah desain ataupun editing, nah karena sekian banyaknya teknik yang ada, maka agar kita bisa lebih mahir dalam menggunakan photoshop, maka kita harus menguasai setiap tekniknya, mulai dari yang sederhana hingga yang tersulit, nah salah satu teknik yang paling mudah adalah membuat garis putus-putus menggunakan Photoshop.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

Nah untuk membuat garis putus-putus ini biasanya sering kali kita jumpai pada aplikasi atau software pengolah grafis berbasis vector, seperti Adobe Illustrator, maupun Corel Draw, namun setelah saya mencari-cari, ternyata kita bisa membuat sebuah desain garis putus-putus menggunakan Photoshop.

Ada berbagai macam bentuk yang bisa kita buat jika kita ingin membuat garis putus-putus, seperti lingkaran, persegi, bahkan bentuk custom lainnya yang bisa kamu buat sesuka hati, namun yang paling sering digunakan adalah bentuk lingkaran garis putus-putus.

Untuk membuat garis putus-putus menggunakan Photoshop kita akan membuat sebuah Shape, nantinya dari Shape ini kita akan membuat sebuah garis yang memberikan efek terputus-putus layaknya seperti strip yang berurutan, lalu bagaimana caranya? Simak berikut ini.

Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

Untuk membuat sebuah lingkaran yang garisnya terputus-putus, ataupun bentuk lain, di Photoshop kita bisa menggunakan 2 cara, nah bagaimana saja caranya? Simak berikut ini.

1. Menggunakan Shape Path

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Shape, disini kita menggunakan fitur bawaan dari Photoshop, dimana kita akan membuat sebuah stroke yang nantinya akan dijadikan sebuah garis terputus-putus, caranya adalah.

- Pertama, buatlah sebuah lembar kerja baru dengan menekan tombol File->New.
- Setelah itu buat sebuah shape, tekan tombol "U".
- Setelah itu jangan lupa untuk atur strokenya, di menu atas akan muncul menu Stroke Options, nah pilih pengaturan yang Garis Terputus Putus.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

2. Menggunakan Type Tool

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Type Tool, disini kita tidak akan menggunakan sebuah stroke, melainkan hanya menggunakan tanda "-" strip, atau tanda "." titika untuk membuat garis terputus-putus, berikut caranya.

- Pertama buat sebuah lembar kerja baru dengan menekan File->New.
- Setelah itu buatlah sebuah shape, tekan tombol "U" lalu buat shape pada lembar kerja, disini kalian bebas apakah ingin membuat lingkaran atau persegi.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

-. Jika sudah langsung saja gunakan Type Tool, atau bisa juga dengan menekan tombol "T", untuk membuat sebuah efek garis terputus.
- Lanjut klik pada garis dari Shape, setelah itu masukkan tanda "-" strip hingga memberikan efek garis terputus putus, jika dirasa ukuran garis masih terlalu kecil, kamu bisa membesarkan fontnya.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

- Setelah itu hapus layer shape dan jadinya akan seperti gambar dibawah.
Cara Membuat Garis Putus-Putus Menggunakan Photoshop

3. Membuat Secara Manual

Dan cara yang terakhir adalah dengan membuatnya secara manual, saya pribadi tidak menyarankan untuk membuat secara manual, tapi agar artikel ini bisa lebih panjang, jadi saya tulis saja haha, oke langsung saja.

Baca Juga:


- Seperti biasa buat sebuah File Baru.
- Lanjut tekan tombol "U" untuk membuat shape, nah disini tinggal dibuat sedemikian rupa lalu disusun hingga menyerupai garis terputus putus.
- Save.

Okelah mungkin tutorial nya terlalu simpel ya, itulah bagaimana membuat garis putus-putus menggunakan Adobe Photoshop, ada pertanyaan? Silahkan berkomentar, jangan lupa untuk share artikel ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon