17 Februari 2019

Cara Memperbaiki Harddisk Internal Corrupt dan Tidak Terbaca

Fonetekno - Harddisk merupakan salah satu Hardware yang sangat rentan akan kerusakan, baik itu harddisk eksternal maupun internal, semua nya sangat rentang terhadap kerusakan seperti Bad Sector, maupun Corrupt atau tidak terbaca.
Cara Memperbaiki Hard Disk Corrupt Tidak Terbaca

Harddisk yang corrupt, merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu, karena bisa mempengaruhi kinerja dari komputer atau laptop, selain itu harddisk internal yang corrupt dan tidak terbaca tidak terdeteksi oleh sistem sehingga bagian sistem operasi akan terganggu.

Ada banyak sekali penyebab mengapa Harddisk bisa rusak, seperti suhu yang terlalu panas, hingga harddisk yang tertekan sehingga menyebabkan harddisk corrupt atau tidak terbaca, untuk lebih jelasnya ada beberapa penyebabnya berikut ini.
  • PC sering dimatikan paksa, tahukah kamu jika perangkat komputer yang dimatikan tidak sesuai dengan prosedur akan merusak harddisk, cara mematikan PC yang benar adalah dengan melalui tombol Shutdown, nah jika kamu mematikan PC dengan langsung menekan tombol power, maka harddisk PC akan lebih cepat rusak.
  • Tidak menggunakan stabilizer atau UPS, stabilizer atau UPS ini sangat berguna agar PC tidak mati secara tiba-tiba.
  • Harddisk yang sudah minta ganti, harddisk juga memiliki umur, jika harddisk yang digunakan sudah lama, maka harddisk tersebut sudah tidak layak pakai.
  • Terkena virus.
Diatas merupakan beberapa penyebab mengapa Harddisk bisa Corrupt dan tidak terbaca, untuk memperbaiki harddisk yang corrupt ini ternyata mudah, karena caranya hanya melalui software saja, dan berikut adalah tutorialnya.

Cara Memperbaiki Harddisk Internal Corrupt dan Tidak Terbaca

Untuk memperbaiki Harddisk Internal yang terkena masalah tersebut, ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menggunakan Command Prompt, dan menggunakan Windows Explorer.

1. Memperbaiki Harddisk Internal Corrupt Menggunakan Command Prompt

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Command Prompt, nah apakah kamu sudah bisa menebak apa yang akan kita lakukan? Ya kita akan melakukan checkup pada harddisk, lalu melakukan clean up atau pembersihan, agar Harddisk bisa berjalan normal, ikuti caranya berikut ini.
  • Buka CMD bisa dengan menggunakan Run (Windows +R).
  • Setelah jendela Command Prompt sudah terbuka, ketikkan kode berikut "CHKDSK D:" disitu kita bisa melihat untuk kode D: itu merupakan nama drive yang akan dibaca, jadi sesuaikan saja dengan drive yang ada di komputer milikmu.
  • Selanjutnya adalah tulis perintah “CHKDSK D:/F” untuk melakukan Scanning, kamu bisa mengganti lokasi drivenya sesuai dengan nama drive milikmu.
  • Setelah itu lakukan perbaikan pada harddisk yang error, dengan menulis kode "CHKDSK D:/R".
Cara menggunakan Command Prompt ini merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan, namun jika dirasa kurang puas dengan tutorial menggunakan CMD, ada satu cara lagi.

2. Memperbaiki Harddisk Internal Corrupt Menggunakan Windows Explorer

Cara yang kedua ini mungkin merupakan cara yang termudah, karena kamu tidak perlu mengetikkan kode-kode yang sedikit rumit, untuk caranya berikut ini.

  • Pertama buka Windows Explorer.
  • Selanjutnya ceklah partisi harddisk, misalnya pada partisi C:/.
  • Lalu klik kanan pada partisi tersebut, lalu klik Properties.
  • Nanti akan muncul pop-up, lanjut pada Tools klik Check Now, nah nanti sistem akan melakukan pengecekan.
Jika prosesnya berhasil, nanti akan muncul tampilan yang menandakan kalau proses telah berhasil, setelah itu pada bagian Check list, ada yang harus kamu perhatikan, dimana tampilannya mirip dengan command prompt.

Lalu kalau mau melakukan check disk dalam keadaan read only, langsun saja klik start, lanjut jika ingin memperbaiki error pada sistem secara langsung, centang di bagian "Automatically Fix File System Errors".

Lanjut centang "Scan for and attempt recovery" untuk melakukan perbaikan error, lalu centang semuanya dan klik Start, nanti akan muncul peringatan dan klik "Y".


EmoticonEmoticon