13 Februari 2019

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error 100% Ampuh

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error atau Rusak - Barang elektronik sejatinya memang sangat rentan terhadap kerusakan, contohnya saja Laptop, barang elektronik yang satu ini juga tidak dijaga dengan benar, maka akan cepat rusak juga, penggunaan yang tidak wajar maka akan bisa merusak komponen hardware dari laptop, seperti Harddisk, bahkan hingga Keyboard.

Keyboard laptop merupakan salah satu Hardware yang rentan rusak karena, setiap harinya kita menggunakan keyboard untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan seperti mengetik dan lain sebagainya.

Nah jika fungsi keyboard sudah tidak baik lagi maka kita akan menjadi kesulitan, terlebih jika sering keluar rumah, maka kita akan kerepotan jika harus membawa laptop yang keyboard nya rusak atau error.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error atau Rusak

Oleh karena itu di artikel ini saya akan memberikan 7 Cara bagaimana mengatasi keyboard pada laptop yang rusak, namun sebelumnya kita harus bisa mengetahui terlebih dahulu apa penyebab nya mengapa keyboard laptop yang kita miliki bisa error, oke langsung saja berikut cara-caranya.

1. Restart

Cara yang pertama adalah dengan melakukan restart laptop, dengan melakukan restart pada laptop bisa membuat keyboard kembali berfungsi, namun hal ini berlaku jika keyboard mengalami kerusakan bukan karena hardware, melainkan karena software, nah jika karena software yang sedikit mengalami kerusakan atau error, maka restart laptop bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi keyboard yang error.

2. Restore System Laptop

Cara yang kedua adalah dengan melakukan restore pada system laptop, sebenarnya keyboard yang rusak bisa saja merupakan masalah yang sepele, namun bisa menjadi serius jika kita tidak bisa menangani nya, kesalahan dalam menginstall software juga bisa membuat keyboard menjadi error atau rusak.

Nah untuk itu cobalah untuk merestore system laptop,  karena dengan melakukan restore system, semua aplikasi yang di install akan kembali menjadi pengaturan semula.

3. On Screen Keyboard

Nah jika kerusakan pada keyboard hanya pada tombol tertentu saja, maka kamu bisa menggunakan on screen keyboard untuk menggantikannya, keyboard on screen ini fungsi nya sama seperti keyboard pada umumnya.

Untuk membukanya kamu tinggal lakukan pencarian di Windows, setelah itu ketikkan "On Screen Keyboard" maka nanti akan muncul aplikasi yang berfungsi sebagai keyboard virtual.

4. Membersihkan Keyboard

Keyboard merupakan salah satu komponen yang rentan akan kerusakan, karena setiap kali membuka laptop maka kita akan menggunakan Keyboard, jadi kamu harus rajin-rajin untuk membersihkannya, hal ini bertujuan agar keyboard bisa terawat dan berfungsi dengan baik.

Tidak ada ketentuan harus berapa kali dibersihkan, namun sebisanya untuk membersihkan secara rutin, untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan kain atau tisu, jika kamu bisa membuka keyboard laptop, mungkin coba juga untuk membersihkan bagian dalam keyboard.

5. Menggunakan Keyboard Eksternal

Jika kerusakan keyboard sudah parah, maka alternatif lain adalah dengan menggunakan keyboard Eksternal, dengan keyboard eksternal maka kamu bisa mempermudah pekerjaan selagi keyboard onboard rusak.

6. Checking Keyboard

Cara yang keenam adalah, dengan melakukan pengujian tombol keyboard, cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan pengetikkan manual pada Microsoft Word atau lainnya. Atau tidak kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain.

Baca Juga:

7. Service Center

Yah jika kerusakan masih berlanjut maka cobalah untuk membawanya ke service center, dan jelaskan keluhan kamu, nanti pihak service center akan menggantinya dengan keyboard yang baru, carilah service center yang terpercaya agar lebih aman.


EmoticonEmoticon