28 Februari 2019

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri di Android

Fonetekno - PPSSPP merupakan sebuah emulator PSP yang biasanya dijalankan di Android, dengan emulator ini kita bisa memainkan berbagai macam permainan atau game dari PSP, seperti God of War, Dragon Ball Z, dan berbagai macam game lainnya, emulator PPSSPP ini ada dua macam, yaitu PPSSPP biasa, dan PPSSPP Gold.
Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Perbedaan antara PPSSPP biasa dan gold adalah, yang biasa bisa kamu download secara gratis, namun untuk yang PPSSPP Gold untuk mendownloadnya kamu harus membayar, lalu apa sih perbedaan antara keduanya? Menurut sumber yang saya baca, untuk versi gold ternyata memiliki performa yang lebih cepat ketimbang dengan yang versi biasa.

Namun dari pengalaman beberapa orang, performanya sama saja, saya sendiri tak tahu banyak tentang perbedaan kedua emulator ini, namun biasanya untuk yang versi gold dan versi biasa memiliki tampilan yang berbeda, atau mungkin memiliki pengaturan atau settingan yang berbeda.

Untuk memainkan game pada emulator PPSSPP, kamu membutuhkan spesifikasi smartphone yang lumayan besar loh, paling tidak minimal harus menggunakan smartphone dengan chipset Snapdragon 636, namun itupun terkadang terasa sedikit lag.

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri (Force Close)

Nah, jika kamu menggunakan emulator ini pada smartphone yang memiliki spesifikasi yang kurang, maka akan terjadi beberapa masalah, seperti game tidak bisa dibuka, lag atau lemot, bahkan yang paling parah adalah, emulator nya bisa keluar sendiri atau force close.

Pesan error yang biasa muncul ketika smartphone tidak kuat menjalankan emulator PPSSPP seperti "PPSSPP has Stopped Working" "Unfortunately, PPSSPP Has Stopped" dan beberapa pesan lainnya, nah hal ini bisa terjadi karena kamu memaksa memainkan game yang memiliki kualitas grafik berat, atau juga karena pemakaian RAM terlalu besar.
Untuk mengatasi hal ini ternyata ada 3 cara yang bisa kita lakukan, tanpa basa-basi berikut akan saya berikan 3 cara mengatasi emulator PPSSPP keluar sendiri (Force Close).

1. Atur Settingan Emulator PPSSPP

Cara yang pertama adalah dengan mengatur settingan PPSSPP, mengatur settingan pada PPSSPP bisa meminimalisir lag, dan juga bisa menjernihkan kualitas grafik serta suara, hal ini sangat terasa jika kamu memainkan game dengan grafik yang tinggi, misal God of War, PES, dan beberapa game lainnya.

Cara setting PPSSPP ini tidak hanya bisa mengurangi lemot, namun bisa juga mengatasi agar emulator tidak Force Close atau keluar sendiri saat digunakan, berikut adalah settingan yang harus kamu lakukan.

Buka pengaturan PPSSPP dan lihat pada menu graphic, centang pada menu.
  • Simulate Block Transfer.
  • Auto Frame Skip.
  • Prevent FPS.
Atau lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut.
Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Setelah itu pada settingan Audio atur seperti gambar dibawah.

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Lanjut pada sistem atur menjadi seperti gambar dibawah.
Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Emulator PPSSPP yang Keluar Sendiri

2. Copot Android System Webview

Nah, jika sudah mengikuti cara di atas namun masih saja belum maksimal, maka cobalah untuk mencopot Android System Webview, disini kita hanya menghapus update nya saja, caranya berikut ini.
  • Masuk ke pengaturan.
  • Setelah itu mausk ke menu Aplikasi.
  • Cari pada menu Android System Webview.
  • Lanjut lagi klik tombol Hapus Pembaruan.
  • Selesai.

3. Update Aplikasi

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan Update pada Aplikasi, mungkin saja versi pada smartphone yang kamu miliki tidak optimal, oleh karena itu pastikan jika terdapat update pada aplikasi, untuk segera mengupdatenya.

Nah itulah 3 cara paling optimal bagaimana mengatasi Emulator PPSSPP yang sering keluar sendiri atau Force Close di Android, nah jika sudah mengikuti semua cara diatas dan masih saja muncul penyakitnya, itu berarti bisa disimpulkan, smartphone kamu tidak kuat untuk menjalanakan emulator PPSSPP.


EmoticonEmoticon