17 Februari 2019

Cara Mengatasi Error Missing Font Saat Membuka File PSD

Cara Mengatasi Font Tidak Ditemukan Saat Membuka File Photoshop - Pada aplikasi Photoshop kita bisa dengan bebas mengunduh atau membuka file desain yang berformat PSD. yang tersedia banyak di Internet, nah dengan adanya fitur ini kita akan semakin mudah untuk mendapatkan referensi.
Cara Mengatasi Font Missing Photoshop

Namun walaupun begitu tak jarang sering kali banyak error yang didapati ketika membuka file PSD yang sudah diunduh, salah satu error yang sangat mengganggu adalah error missing font, atau font tidak ditemukan.

Penyebab terjadinya error ini dikarenakan ada sebuah font yang tidak terinstall di komputer, misalnya begini, pada desain yang kamu unduh, terdapat sebuah tulisan yang menggunakan font, Verdana, tapi ternyata di komputer milikmu tidak ada font Verdana, nah akhirnya muncul lah error missing font ini.

Cara Mengatasi Error Missing Font Pada Photoshop

Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan tools resolve Photoshop, atau bisa juga dengan menginstall font yang tidak ada, berikut adalah tutorial lengkap cara mengatasi error missing font pada Photoshop.

1. Menggunakan Resolve Font

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Resolve Font, menurut pengalaman saya, sepertinya fitur ini tidak tersedia di Adobe Photoshop CS3 untuk berjaga-jaga agar bisa menggunakan fitur ini, silahkkan kamu gunakan Photoshop CS5 atau versi yang lebih tinggi.
Cara Mengatasi Error Missing Font Saat Membuka File PSD

Fitur ini biasanya muncul secara otomatis, asalkan kamu sudah menginstall Type Kit, dan juga terhubung dengan Internet, nah ketika muncul error Missing Font, maka secara otomatis software ini akan menginstall font yang tidak terdeteksi melalui Internet.

2. Menginstall Font Secara Manual

Nah cara yang kedua adalah dengan menginstall font secara manual, ketika muncul error missing font, biasanya akan muncul nama font yang tidak ada, untuk mengatasinya, silahkan tulis nama font, setelah itu download secara manual di Internet.

Baca Juga:
Jika kamu ingin mendapatkan referensi font yang bagus, kamu bisa baca artikel, font yang sering digunakan Youtuber dunia, pada artikel tersebut tidak hanya ada banyak font yang bisa kamu Install, namun ada juga tutorial bagaimana cara menginstall font.

Itulah tutorial singkat bagaimana cara mengatasi Error Missing Font ketika membuka file PSD, kalau ada pertanyaan kuy berkomentar, jangan lupa share artikel ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon