10 Februari 2019

Cara Mengecek HP Android Asli atau Palsu (Supercopy)

Cara Cek HP Android Apakah Asli atau Palsu (Supercopy) - Sudah hal yang umum bahwa barang palsu sering sekali membuat kita tertipu tak terkecuali smartphone, hampir semua smartphone bisa saja di copy atau sering disebut dengan supercopy, smartphone supercopy ini memiliki kualitas yang jauh lebih rendah ketimbang dari aslinya, selain itu biasanya smartphone supercopy atau KW mudah sekali rusak, dan cenderung sulit untuk dibedakan.
Cara Mengecek HP Android Asli atau Palsu (Supercopy)

Adapun brand yang sering kali dipalsukan seperti Samsung, iPhone, dan Sony, ketiga misalnya saja smartphone Samsung seri S, sering ktia jumpai smartphone dari seri S misal Samsung Galaxy S4 Supercopy atau sebagainya, nah jika kamu suka membeli barang second, terutama smartphone, maka kamu harus berhati-hati.

Dari segi fisik smartphone KW atau palsu memang tidak terlalu terlihat, namun jika kita lihat dari performa hardware maka kita bisa menilai manakah smartphone yang palsu.

Karena kini sudah semakin banyak smartphone Supercopy yang beredar di pasaran, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara membedakan antara smartphone palsu atau kw dengan smartphone original.

Cara Membedakan Antara Smartphone Asli dengan Palsu (Supercopy)

Untuk mengecek antara Smartphone ternyata ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, apa saja itu? Simak berikut ini.

1. Cek Imei Ponsel

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek IMEI Ponsel, biasanya smartphone yang palsu tidak memiliki kecocokan IMEI, misalnya tidak terdaftar di situs imei.info, namun ada juga beberapa kasus, IMEI terdaftar pada situs cek tersebut namun memiliki informasi smartphone yang berbeda.

Misalnya saja jika kamu memiliki sebuah Smartphone Samsung Galax J7 Prime, nah jika KW maka ketika kamu masukkan informasi IMEI ke situs imei.info maka akan muncul informasi yang tidak sesuai, bisa dari warna, dan sebagainya, nah untuk mengecek nomor imei kamu bisa menekan dial *#06*# atau bisa juga melihat di pengaturan sistem.

2. Cek Fisik dari Smartphone

Sudah hal yang umum, bahwa yang palsu tidak akan bisa menyerupai seperti aslinya, nah untuk cara yang kedua adalah, kamu harus melihat dari segi fisik, untuk acuannya kamu bisa melihat gambar tipe smartphone yang kamu miliki, setelah itu cocokkan pada setiap bagiannya, misal pada warna, letak tombol, letak kamera, teliti hingga kamu bisa menemukan kecocokan, jika fisik smartphone tidak sesuai dengan gambar asli maka bisa dipastikan smartphone tersebut KW.

3. Cek Kelengkapan

Cara yang ketiga adalah dengan mengecek kelengkapan smartphone, hal ini bisa juga menjadi acuan, karena kita bisa melihat kondisi fisik atau kualitas dari perangkat pendukung seperti headset ataupun charger, kamu bisa membandingkan antara alat pendukung yang ori dan yang palsu, nah misalnya saja untuk charger iPhone, hal ini bisa kita bedakan antara yang asli dengan yang palsu karena ada perbedaan yang mencolok antara keduanya.


4. Cek Kondisi Spesifikasi Hardware

Cara yang keempat adalah dengan cara mengecek kondisi Hardware, cara ini bisa kamu lakukan karena biasanya spesifikasi antara smartphone yang asli dengan yang palsu berbeda, biasanya spesifikasi smartphone yang palsu memiliki spesifikasi yang lebih rendah ketimbang yang asli, sedangkan untuk performa sudah jelas jauh dibawah yang asli.

Selain itu biasanya di smartphone KW banyak sekali aplikasi bloatware yang tidak perlu, dan biasanya berbahasa cina, untuk itu kamu harus memperhatikan kondisi dan juga performa dari smartphone yang akan kamu beli.

5. Cek Software Ponsel

Cara yang kelima adalah dengan mengecek software yang digunakan, disini kita akan mencontohkan iPhone, pada iPhone yang asli, tentu akan menggunakan iOS sebagai sistem operasinya, sedangkan untuk iPhone yang palsu atau KW dia menggunakan sistem operasi Android.

Selain itu untuk pembedanya bisa dilihat dari aplikasi Store nya, jika ketika anda buka aplikasi App Store namun yang muncul adalah Play Store maka bisa dipastikan smartphone tersebut palsu atau supercopy.

6. Cek Garansi

Selanjutnya untuk membedakan antara smartphone Asli dengan yang palsu adalah dengan mengecek garansi yang ada, biasanya untuk smartphone yang original meraka akan memberikan garansi selama satu tahun.

Baca Juga:
Nah sedangkan untuk smartphone palsu, memberikan masa garansi yang pendek, hal ini dikarenakan performa yang buruk dan cenderung mudah rusak, maka mereka memberikan masa garansi yang pendek.

7. Cek Harga

Nah jika kebetulan kamu ingin membeli smartphone second, maka harga menjadi hal yang harus kamu perhatikan, smartphone yang asli tentu harganya tidak akan jauh dari harga pasaran smartphone second.

Nah untuk smartphone yang palsu, maka harganya akan lebih murah ketimbang yang ori, selain itu kamu juga harus berhati-hati dan jangan tergiur harga murah, karena dibalik harga yang murah sebuah smartphone, tentu smartphone tersebut memiliki masalah.

Oke, itulah 7 cara bagaimana mengecek antara smartphone Android asli dan palsu (Supercopy), ketika hendak membeli sebuah smartphone ada perlunya kita harus berhati-hati, karena seperti yang kita ketahui harga dari smartphone tidaklah murah, jadi harus lebih berhati-hati, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon