14 Februari 2019

8 Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Photoshop - Setiap gambar ataupun foto pastilah memiliki sebuah background entah itu background warna maupun gambar, dan background merupakan hal yang sangat penting untuk memperindah sebuah desain, untuk membuat background pun ada banyak cara kamu bisa menggunakan software pengolah grafis seperti Photoshop ataupun yang lainnya.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Umumnya format pada setiap gambar paling sering digunakan adalah format, JPG ataupun JPEG, hal ini merupakan hal yang sangat umum, namun jika kamu ingin mencari background transparan, kamu harus mencarinya dengan format PNG. Ketika kamu mencari dengan format PNG, maka kamu tak perlu repot untuk menghapus background pada gambar, karena biasnya gambar dengan format PNG sudah tidak memiliki background (transparan).

Namun jika kamu ingin menghapus background pada gambar, ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, namun cara yang paling banyak adalah dengan menggunakan software Photoshop.

Jika kita menghapus background menggunakan Photoshop, maka kita bisa dengan bebas mengatur, seperti ukuran dan sebagainya, dan biasanya orang menghapus background gambar jika digunakan untuk membuat sebuah desain, ataupun membuat stiker Whatsapp.

8 Cara Menghapus Background Menggunakan Photoshop

Jika kita menggunakan software Photoshop untuk menghapus background sebuah gambar, maka ada 8 cara yang bisa kita lakukan, namun sebelumnya jika kamu sudah mengunduh sebuah gambar maka kamu harus merubah layer background menjadi sebuah layer biasa, cara mengubahnya adalah.

Pertama buka file gambar dengan menekan tombol File->Open.
Setelah itu klik kanan pada layer Background, lalu klik menu Layer From Background.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Cara diatas berfungsi untuk merubah file background menjadi layer biasa, agar ketika nanti kita menghapus background pada gambar akan menjadi transparan.

1. Cara Menghapus Background Menggunakan Lasso Tool

Cara pertama adalah dengan menggunakan Lasso Tool, ketika menggunakan tools ini kamu harus memerlukan ketelitian, karena ketika menggunakan tools ini, kita akan menghapus background seperti menggunakan pensil.

Caranya adalah klik Lasso Tool.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Setelah itu seleksi pada bagian background yang ingin dihapus, nanti akan muncul sebuah garis putus putus, nah jika sudah tekan Delete, dan Background secara otomatis akan menjadi transparan.

2. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Polygonal Lasso Tool

Cara yang kedua menggunakan Polygonal Lasso Tool, caranya sama seperti diatas, namun untuk membuka Polygonal Lasso Tool, kamu harus klik kanan pada tools Lasso Tool nanti akan muncul Polygonal Lasso Tool.

3. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Magnetic Lasso Tool

Masih seputar Lasso Tool, pada menu ini sejatinya memang berfungsi untuk menyeleksi, nah dari ketiga tools tersebut salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan Magnetic Lasso Tool, ketika kamu menggunakan Tools ini maka setiap kali kamu klik pada bagian gambar, maka akan mengikuti pada setiap bagian yang ingin diseleksi, layaknya sebuah magnet.

4. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Quick Selection Tool

Selanjutnya kita akan menggunakan sebuah Tools yang berbeda, yaitu menggunakan Quick Selection Tool, tool ini sangat berguna jika ingin menyeleksi secara cepat, cara menggunakannya adalah.

Pertama silahkan klik pada Tools Quick Selection Tools.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Setelah itu silahkan seret pada bagian background yang ingin dihapus seperti gambar dibawah.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Nah jika sudah langsung saja tekan Delete.

5. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Magic Wand Tool

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Magic Wand Tool, nah tool ini masih sama seperti Quick Selection Tool, untuk membukanya kamu tinggal klik kanan pada menu Quick Selection Tool, setelah itu akan muncul Magic Wand Tool, kelebihan dari menggunakan Tool ini adalah, ketika kamu klik pada bagian background yang memiliki warna yang sama, maka secara otomatis akan terseleksi tanpa harus menyeleksi secara manual.

6. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Background Eraser Tool

Selanjutnya menggunakan Background Eraser Tool, tools ini bukan sebuah tool penghapus biasa, karena tool ini bisa sekaligus menghapus sebuah background, caranya adalah.

Klik kanan pada tool Eraser.
Setelah itu pilih Background Eraser Tool.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Selanjutnya langsung saja hapus pada bagian background yang ingin dihapus.

7. Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Magic Eraser Tool

Nah untuk cara yang ketujuh ini fungsinya hampir sama dengan Magic Wand Tool, jadi kamu tinggal klik kanan pada Eraser, lalu pilih Magic Eraser Tool, setelah itu silahkan klik pada background yang ingin dihapus, setelah itu Background akan otomatis menjadi transparan, kelebihannya adalah setiap ada warna yang sama dan saling terhubung, maka background tersebut akan terhapus secara otomatis, tanpa menyeleksi secara manual.

8. Cara Menghapus Background Menggunakan Pen Tool

Cara yang kedelapan adalah menggunakan Pen Tool, cara yang kedelapan ini terbilang sangat ribet karena kamu harus bisa menguasai tools ini, nah caranya adalah.

Silahkan klik pada Tools Pen Tool.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Lalu atur settingannya menjadi seperti gambar dibawah.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Selanjutnya silahkan lakukan seleksi secara manual, untuk menyeleksinya pastikan setiap garis nya terhubung satu sama lain.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Setelah itu klik kanan, dan pilih menu Make Selection, setelah itu Enter, nanti akan muncul seleksi seperti garis putus-putus, nah langsung saja tekan delete untuk menghapusnya.
Cara Hapus Background Gambar Menggunakan Photoshop

Baca Juga:
Nah bagaimana? Sangat mudah kan, jika ada pertanyaan kuy monggo berkomentar, jangan malu-malu hehe, ya saya rasa segitu saja tutorial bagaimana cara menghapus background menggunakan Photoshop, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon