11 Februari 2019

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up yang Mengganggu di Android

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up Android - Ketika kita sedang browsing di Internet menggunakan perangkat Android, sering kali kita menjumpai iklan yang mengganggu, bentuknya bermacam-macam, ada yang tiba-tiba layar menjadi putih, bahkan ada juga iklan yang membuat banyak orang ketakutan, yaitu sebuah iklan yang bertuliskan bahwa perangkat kita telah terkena virus.
Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android

Hal itu bernama Adware, namun biasanya orang menyebutnya dengan Iklan Pop Up, iklan ini merupakan salah satu iklan yang sangat mengganggu, karena dengan adanya iklan ini kegiatan browsing kita akan menjadi tidak nyaman, sehingga banyak orang yang putus asa apalagi ketika sedang mengunduh file di Internet.

Untuk Adware sendiri ternyata ada beberapa jenis, sebelum kita melangkah lebih jauh ke tutorial inti, ada baiknya kita ketahui dulu jenis-jenis iklan adware.

1. Adware Sponsor

Ketika kamu menginstall sebuah aplikasi di Play Store, pasti sering kita jumpai iklan yang bertebaran di aplikasi tersebut, nah itu merupakan iklan sponsor, iklan ini tidak berbahaya, biasanya para pembuat aplikasi menggunakan jenis iklan Adsense, nah iklan Google Adsense ini sangat aman jadi tak perlu khawatir.

Baca Juga:

2. Adware Virus

Jenis iklan yang kedua merupakan jenis iklan yang sangat berbahaya, karena bisa membuat smartphone yang kamu miliki terkena virus, biasanya berupa virus yang sangat menggangu berupa Spyware, atau bisa juga berupa virus Ad.

Virus Spyware merupakan virus yang sangat berbahaya, karena ketika virus ini menjangkit ke smartphone, maka segala aktivitas yang kita lakukan akan selalu dilihat oleh si pembuat, nah sedangkan virus Ad merupakan virus dimana setiap kali kita membuka smartphone, maka akan muncul banyak sekali iklan bertebaran, bahkan tak jarang banyak iklan yang tidak senonoh.

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up di Android

Nah, jika kamu ingin menghilangkan iklan pop up yang mengganggu pada Android, ada 7 cara yang bisa kau,  lakukan, simak cara-caranya dibawah ini.

1. Memasang Antivirus

Cara pertama adalah dengan melakukan pemasangan  Antivirus, antivirus sangat berguna jika ingin menghalau segala virus yang datang termasuk Adware virus, pertama silahkan unduh antivirus terlebih dahulu di Play Store, seperti Malwarebytes, atau jika memiliki rekomendasi antivirus lain silahkan saja, jika sudah memasang, silahkan pindai folder yang ada di smartphone kamu.

2. Restart

Cara yang kedua adalah dengan cara melakukan restart pada smartphone, biasanya jika virus iklan pop up sudah sangat banyak, maka akan menghambat kinerja dari smartphone, oleh karena itu untuk mengatasinya kamu bisa langsung me restart smartphone yang kamu miliki, dengan melakukan restart maka smartphone akan kembali ter-refresh.

3. Mematikan Notifikasi

Cara yang ketiga adalah dengan mematikan notifikasi, nah jika iklan pop up yang mengganggu sudah merambah ke notifikasi, maka cara selanjutnya adalah dengan mematikan notifikasi smartphone kamu, cara mematikannya adalah.
  • Silahkan masuk ke browser Chrome kamu.
  • Lanjut tekan menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya masuk ke menu Setting.
  • Cari bacaan Site Setting.
  • Setelah itu klik notification.
  • Lalu matikan notifikasinya.

4. Uninstall Aplikasi

Selanjutnya adalah jika aplikasi yang kamu gunakan terjangkit virus, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi, namun sebelum itu coba dulu untuk scan aplikasi yang kira-kira terserang virus menggunakan antivirus, nah jika masih tetap sama hasilnya, maka langsung saja untuk uninstall aplikasi tersebut.

5. Mengaktifkan Google Play Protect

Nah cara yang kelima ini merupakan langkah pencegahan, yaitu dengan mengaktifkan Google Play Protect, maka fitur ini berfungsi untuk menyaring aplikasi yang akan dipasang ke Android, lalu apakah sama dengan Antivirus? Sepertinya sama saja, nah untuk mengaktifkannya caranya berikut ini.
  • Silahkan buka Google Play Store.
  • Selanjutnya klik menu garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya gulir kebawah sampai ketemu menu Play Protect.
  • Lalu aktifkan menu Scan Device for Security Threats.

6. Hard Reset

Jika kelima cara diatas masih belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Hard Reset, atau Reset Pabrik, silahkan anda cara tutorial Hard Reset, atau klik disini, nah disitu terdapat banyak sekali tutorial Hard Reset yang mungkin bisa membantu.

7. Flashing

Jika masih belum berhasil juga maka cara yang terakhir adalah dengan melakukan Flashing, proses ini sangat ampuh jika ponsel terkena berbagai macam masalah, seperti terkena virus, bootloop, stuck logo, dan berbagai macam masalah lainnya.
Itulah sedikit tutorial bagaimana menghilangkan Iklan Pop Up yang mengganggu di Android, semoga bisa membantu, punya pertanyaan? Yuk komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon