6 Februari 2019

Cara Mengunci File PDF Agar Tak Bisa di Buka Orang Lain

Fonetekno.com -File PDF merupakan file yang isinya tidak bisa diubah, maka dari itu banyak orang yang membuat buku ataupun tulisan lainnya lebih memilih menggunakan file format PDF, misalnya saja jika anda membuat sebuah tulisan yang rahasia, maka kamu harus menulisnya dalam bentuk PDF agar tidak bisa diubah oleh orang lain, tapi tak cukup hanya dengan merubahnya kedalam format PDF, kamu juga perlu mengamankan file ini agar bisa lebih aman, yaitu dengan cara memberi Password.
Cara Mengunci File PDF

Kadang file dokumen yang kita miliki ada kalanya bersifat rahasia, nah kita harus bisa lebih ekstra dalam menjaga file yang kita miliki, terlebih file PDF, karena file tipe ini masih bisa diubah isinya yaitu dengan menggunakan PDF Editor, ataupun merubahnya kembali ke format .docx.

Nah untuk mengamankannya makanya kita harus memberinya sebuah password, berikut adalah tutorial bagaimana cara memberikan atau mengunci file PDF agar tak bisa dibuka orang lain.

Cara Mengunci File PDF Dengan Mudah

Untuk mengunci file PDF saya akan memberikan 3 cara, yaitu dengan cara menggunakan software, bisa juga dengan cara online, oke langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

1. Menggunakan Adobe Acrobat DC

Cara Mengunci File PDF

Pertama adalah menggunakan software Adobe Acrobat DC, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi ini di komputer kamu, setelah itu.
  • Buka Adobe Acrobat DC.
  • Buka file PDF yang kamu miliki, setelah itu pada menu Tools pilih menu Protect.
  • Selanjutnya akan ada beberapa pilihan, silahkan pilih More Options.
  • Lanjut nanti akan muncul menu keamanan lagi, silahkan pilih tulisan Security Properties.
  • Lalu di bagian Security Method, ubah menjadi Password Security, setelah itu pada Require a Password to Open the Document beri centang dan isikan password yang diinginkan, lanjut klik OK.
Baca Juga:
Dengan begini kamu telah berhasil mengunci File PDF yang kamu miliki, dan setiap kali kamu ingin membuka ataupun mengedit file ini, maka akan membutuhkan Password.

2. Menggunakan PDF Mate

Cara Mengunci File PDF

Dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan PDF Mate, aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi pertama, untuk mengunduhnya silahkan klik disini.
  • Jika sudah terunduh buka aplikasi tersebut, lalu klik Add File, dan pilih file dokumen yang ingin kamu kunci.
  • Lanjut centang pada bagian Open Password yang terdapat pada bagian security.
  • Jika sudah di centang maka kolom yang ada disebelahnya akan aktif, isi kolom tersebut dengan password yang diinginkan.
  • Klik build dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Jika sudah selesai, maka file PDF yang kamu miliki sudah berhasil di proteksi, dan jika ada yang ingin membuka atau mengedit file yang kamu miliki, maka akan membutuhkan password.

3. Mengunci File PDF Secara Online

Cara Mengunci File PDF Secara Online

Cara yang ketiga adalah mengunci file secara online, cara yang ketiga ini sangatlah mudah, karena kamu tak perlu mengunduh aplikasi atau software tambahan, cukup membuka situs, berikut tutorialnya.
  • Silahkan kamu kunjungi situs https://foxyutils.com/protectpdf/ setelah itu lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menekan menu Sign Up.
  • Lanjut masukkan file dokumen PDF yang ingin kamu kunci, yaitu dengan menekan tombol browse setelah itu cari file yang ingin dikunci lanjut klik open.
  • Lanjut silahkan isi kolom password sesuai keinginan kamu.
  • Lanjut centang pada opsi Require Opneing Password.
  • Setelah itu klik Protect PDF, dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Baca Juga:
Jika sudah selesai, maka PDF kamu yang sudah diberikan password bisa diunduh dan file PDF jika ingin dibuka secara otomatis akan membutuhkan password.


EmoticonEmoticon