3 Februari 2019

Fungsi Tombol F1 Hingga F12 Pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol Function F1 F2 Hingga F12 Pada Keyboard - Pada perangkat komputer, Keyboard merupakan salah satu Hardware yang sangat penting, karena tanpa Keyboard kita tidak akan bisa mengetik, selain mengetik ada banyak sekali fungsi tombol keyboard pada komputer maupun laptop.
Fungsi Tombol F1 Hingga F12 Pada Keyboard Komputer

Misalnya saja kita lihat pada keyboard, tidak hanya terdapat sebuah tombol huruf dan angka, namun ada juga tombol lain seperti tombol Control (CTRL), tombol Shift hingga Tombol Function (F1 F2 hingga F12), nah semua tombol tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Namun pernahkah kita cari tahu, sebenarnya apa sih fungsi tombol Function (F1 F2 hingga F12) pada keyboard? Nah jika masih bingung, berikut saya akan memberikan penjelasan secara lengkap tentang fungsi ke-12 tombol tersebut.

Fungsi Tombol Function Key (F1,F2 Hingga F12) Pada Keyboard

Pada perangkat komputer, tombol F1 hingga F12 pada keyboard komputer terlihat polos, namun jika kita melihat pada keyboard Laptop, tombol F1 hingga F12 memiliki fungsi lain, seperti fungsi untuk mengecilkan suara, dan banyak fungsi lainnya.

Namun selain fungsi tersebut, ternyata ada fungsi inti dari keduabelas tombol tersebut, dimana fungsi dari keduabelas tombol tersebut sangat penting, nah karena masih banyak yang belum tahu fungsi kedua belas tombol pada keyboard tersebut, berikut saya berikan penjelasnnya.

1. Fungsi Tombol F1

Tombol F1 berfungsi untuk tombol bantuan atau help, jika kita menggunakan Windows maka tombol ini berfungsi untuk membuka Support Center, untuk membuka fitur ini kamu harus menekan tombol Windows Key + F1.

Selain itu secara umum jika diaplikasikan pada aplikasi lain, maka fungsi tombol ini juga masih tetap sama, yaitu berfungsi untuk membuka task help atau bantuan, dan bisa berfungsi untuk semua aplikasi.

2. Fungsi Tombol F2

Tombol F2 juga bisa digunakan untuk mengubah nama atau rename sebuah file, selain itu tombol F2 juga bisa dikombinasikan, untuk membuat dokumen baru pada aplikasi Microsoft Word kamu bisa menekan  tombol CTRL + Alt + F2, dan jika ingin memunculkan Print Preview kamu bisa menekan tombol CTRL + F2.

3. Fungsi Tombol F3

Tombol F3 memiliki beberapa fungsi, tombol Shift + F3 bisa berfungsi untuk mengubah teks dari huruf kecil ke besar pada Microsoft Word, bisa juga untuk mematikan atau mengaktifkan Wi-Fi, dan bisa juga untuk melakukan pencarian pada Microsoft Windows.

4. Fungsi Tombol F4

Tombol F4 jika dikombinasikan, Ctrl + F4 maka berfungsi untuk menutup jendela atau aplikasi yang aktif pada Windows, dan bisa juga untuk melakukan Undo.

5. Fungsi Tombol F5

Tombol F5 berfungsi untuk merefresh sebuah halaman, jika dalam Microsoft Power Point bisa digunakan untuk mengaktifkan Slide Show, jika pada laptop tombol ini berfungsi untuk menurunkan pencahayaan layar.

6. Fungsi Tombol F6

Fungsi tombol F6 bisa untuk menaikkan pencahayaan pada komputer, jika dikombinasikan Ctrl + Shift + F6 maka berfungsi untuk membuka dokumen lain pada Microsoft Word, jika pada browser berfungsi untuk memindahkan kursor ke address bar di Internet Explorer dan Firefox,

7. Fungsi Tombol F7

Tombol F7 jika dikombinasikan dengan Shift + F7 maka akan menjalankan fitur Thesaurus pada Microsoft Word, sedangkan pada Microsoft Word berfungsi untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa.

8. Fungsi Tombol F8

Tombol F8 Berfungsi untuk masuk kedalam menu Windows Startup, serta berfungsi untuk masuk kedalam Windows Safe Mode, selain itu tombol ini juga bisa berfungsi untuk mematikan layar monitor dari Proyektor.

9. Fungsi Tombol F9

Fungsi tombol ini adalah untuk membuka Toolbar pada Quark 5.0 selain itu tombol ini juga bisa berfungsi untuk menunjukan informasi pada sistem operasi juga untuk mematikan layar.

10. Fungsi Tombol F10

Tombol F10 jika dikombinasikan Shift + F10 berfungsi untuk menunjukan icon yang diseret atau file link internet, selain itu tombol ini juga bisa berfungsi untuk mengecek email yang masuk, dan mengaktifkan menu bar dari aplikasi yang terbuka.

11. Fungsi Tombol F11

Tombol ini berfungsi untuk menampilkan layar penuh atau full screen pada browser Internet.

12. Fungsi Tombol F12

Tombol F12 jika dikombinasikan Shift + F12 maka berfungsi untuk menyimpan dokumen word, selain itu tombol F12 juga bisa berfungsi untuk menjalankan firebug, dan jika tombol F12 dikombinasikan lagi jadi CTRL+Shift+F12 maka berfungsi untuk mencetak dokumen.

Nah itulah fungsi masing-masing dari Tombol F1 - F12 jika ada pertanyaan silahkan berkomentar, jangan lupa untuk share artikel ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon