17 Februari 2019

Pengertian, Manfaat dan Bagaimana Cara Kerja SSH Server

Fonetekno - SSH atau bisa disebut dengan Secure Shell merupakan sebuah jaringan protokol yang berfungsi untuk meremote sebuah jaringan, fungsinya tak jauh berbeda dengan Rsh ataupun Rlogin, jaringan protokol ini sering digunakan di sistem operasi Linux, dimana awal mulanya diciptakan oleh Tatu Ylonen.
Apa itu SSH dan Bagaimana Cara Kerjanya

Tatu Ylonen adalah seorang peneliti lulusan Helsinki University of Technology di Finlandia, pada awalnya jaringan ini diciptakan untuk mengganti jaringan tellnet dan shell remote yang tidak aman, misalnya ketika mengirim data informasi rahasia, seperti kata sandi, nah Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan juga Integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

Lalu apa sih Manfaat SSH?

SSH memiliki manfaat atau fungsi dimana bagi si pemakai bisa mengakses dengan bebas melalui struktur file akun hosting, selain itu kita bisa menjalani tugas untuk memonitoring log file, selanjut nya menghentikan pelayanan service.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah saya singgung diatas, SSH merupakan sebuah jaringan yang bisa menggantikan Telnet, Rlogin, FTP, dan juga RSH, dimana fungsi utamanya untuk menjamin keamanan saat melakukan transmisi data pada sebuah jarungan.

Tahpan Kerja SSH Server

Saat client mencoba mengakses ke Linux Server, maka setiap pasangan client dan juga server memiliki public atau private key, dimana key tersebut merupakan sebuah identitas SSH bagi keduanya.

Baca Juga:
Adapun tahap-tahapannya seperti berikut.
  • Client akan menyambungkan pada local port, biasanya ke koneksi port 22 pada server.
  • Selanjutnya client dan server setuju untuk menggunakan sesi SSH.
  • Lanjut client akan meminta Public Key dan Host Key server.
  • Lalu client membentuk suatu session key lalu mengenkripsinya.
  • Selanjutnya server akan men-decrypt session key yang sudah didapat dari client menggunakan public key, lalu mengiirimkan kembali ke client.
  • Lalu si pemakai akan mengotentikasi dirinya ke server ke dalam jaringan data yang sudah terenkripsi dalam session key.

Cara Mendapatkan SSH Server

Untuk menggunakan SSH kamu haruslah mendapatkan sebuah akun SSH server, lalu nanti dimasukkan kedalam software Bitvise SSH, kita bisa mendapatkan SSH secara gratis di fastssh.com biasanya banyak pengguna SSH nakal yang mengakali provider agar bisa internetan secara gratis.


EmoticonEmoticon