28 Februari 2019

Penjelasan Lengkap Apa itu Roaming Data dan Fungsinya

Fonetekno - Walaupun belum merata, faktanya di Indonesia kini dalam hal jaringan Internet sudah berkembang pesat, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya menara BTS yang semakin memudahkan masyarakat dalam menikmati jaringan Internet, bahkan beberapa tahun ini, Indonesia sudah berhasil meluaskan jaringan 4G hingga ke ratusan kota di Indonesia.
Apa itu Roaming Data

Walaupun begitu, menurut pengalaman serta beberapa sumber yang saya baca, masih banyak orang yang kesulitan ketika hendak menikmati jaringan Internet, biasanya hal ini terjadi karena tidak semua provider memperluas jaringan hingga ke seluruh Indonesia.

Di Indonesia ada sebuah istilah bernama Roaming Data, istilah ini merupakan sebuah fitur perpindahan atau pergantian layanan dari jaringan awal ke jaringan lain, fitur ini akan aktif secara otomatis jika smartphone kamu tidak bisa menjangkau jaringan di wilayah yang kamu tinggali, untuk penjelasan apa itu roaming, akan saya jelaskan pengertian serta fungsinya dibawah.

Pengertian Roaming Data dan Fungsinya

Di Indonesia pengertian Roaming Data sering sekali salah diartikan dimana sering diartikan sebagai perpindahan lokasi layanan, padahal pengertian sesungguhnya adalah, roaming merupakan perpindahan suatu pelanggan dari jaringan asal, ke jaringan milik operator lain.

Biasanya pada sebuah smartphone ketika kamu berada pada wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh jaringan ponsel, maka fitur roaming akan aktif secara otomatis, hal ini sering terjadi ketika kamu bepergian keluar negeri.

Smartphone secara otomatis akan mencari jaringan yang bisa dijangkau, sehingga dengan adanya roaming data kamu bisa mengirim pesan dan juga melakukan panggilan, walaupun pada wilayah tersebut kamu tidak bisa menjangkau jaringan dari provider milikmu.

Telkomsel merupakan salah satu Provider yang mendukung fitur roaming data, namun ada biaya yang harus kamu bayarkan, dan biasanya untuk biayanya sangat mahal, misalnya ketika kamu masih berada di dalam negeri, ketika kamu melakukan panggilan mungkin hanya dikenakan biaya Rp.300 per menit, namun jika kamu melakukan roaming data, maka biayanya akan menjadi berkali-kali lipat lebih mahal.
Tidak hanya itu, tagihan akan semakin mahal jika kamu menggunakan layanan Internet, oleh karena itu jika ingin lebih berhemat, disarankan untuk menggunakan provider lokal dari negara tersebut, selain itu cara lain agar bisa lebih hemat adalah, dengan mematikan pengaturan jelajah data di ponsel kamu.

Kesimpulan

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan, pengertian roaming data merupakan sebuah fitur dimana kita sebagai pelanggan bisa memindahkan jaringan miliki operator awal atau asal, ke jaringan milik operator lain, dan fungsi dari roaming tentu sudah jelas, misal disini kamu menggunakan Provider A, di Jakarta, maka jika kamu melakukan roaming data, kamu bisa menggunakan jaringan miliki Provider B, dimanapun berada, bahkan hingga keluar negeri.


EmoticonEmoticon