9 Maret 2019

Cara Paling Ampuh Membedakan HP Refurbish dan Original

Fonetekno - Begini cara cek hp original atau refurbish. Saat ini walaupun harga smartphone sudah relatif murah, namun kamu harus berhati-hati dalam membelinya, karena banyak sekali smartphone refurbish bertebaran di pasaran, baik itu smartphone baru atau second banyak pedagang nakal yang mengganti bagian-bagian hardware dari smartphone demi keuntungan semata.
Cara Cek HP Refurbish atau Original

Hp refurbish dengan hp supercopy biasanya memiliki kualitas yang sama, dimana kedua smartphone ini memiliki performa yang sangat jauh dari smartphone originalnya. Biasanya untuk smartphone supercopy bisa kita bedakan secara langsung melalui fisik dan juga spesifikasi, namun untuk smartphone refurbish, lumayan sulit untuk membedakannya.

Karena hampir tidak ada perbedaan antara smartphone refurbish dengan smartphone original, nah untuk membedakannya kita bisa melakukannya dengan satu cara, yaitu mengecek melalui sistem yang ada pada smartphone.

Cara Cek HP Original atau Refurbish

Untuk mengecek apakah smartphone yang kamu gunakan original atau refurbish, setidaknya ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan melalui sistem, nah untuk mengeceknya kamu harus menggunakan kode dial, berikut adalah langkahnya.

1. Buka aplikasi Dial (untuk menulis nomor hp atau cek pulsa).
2. Setelah itu tekan tombol ##786# kode ini berfungsi untuk mengecek bagian RTN, setelah kamu
3. menekan kode tersebut, maka secara otomatis akan muncul jendela baru.
Lalu gulir kebawah, maka akan muncul keterangan.
  • Ya - Ponsel merupakan model diperbarui (refurbish).
  • Tidak - Ponsel bukan merupakan model diperbarui (original).
Dengan melakukan cara diatas, kamu bisa mengetahui apakah hp yang kamu gunakan refurbish atau original.

Jika smartphone yang kamu gunakan merupakan produk refurbish, maka kamu harus meminta ganti dengan yang original, karena seperti yang sudah saya bahas diatas, smartphone refurbish merupakan smartphone dengan kualitas buruk, karena sebelumnya smartphone refurbish merupakan smartphone rusak yang di perbaiki lagi menggunakan komponen lain.

Baca Juga:
Selain itu, jika cara diatas tidak bekerja, maka kamu bisa menekan kode *#*#786#*#* setelah itu akan muncul informasi mengenai smartphone.


EmoticonEmoticon