2 Maret 2019

Cara Memperbaiki Wifi Android Tidak Mau Menyala 100% Ampuh

Fonetekno - Mengatasi Wifi Android tidak mau menyala atau tidak mau tersambung, di Android fitur Wifi merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh para penggunanya, karena dengan adanya fitur ini, kita masih bisa berselancar di Internet, walaupun tidak memiliki kuota Internet.
Wifi Android Error Tidak Mau Menyala

Perkembangan jaringan di Indonesia memang terbilang sangat cepat, hal ini bisa kita lihat dengan adanya jaringan 4G, walaupun masih belum merata, namun dengan adanya 4G kita bisa semakin cepat ketika sedang browsing di Internet. Selain itu, kini juga sudah semakin banyak jaringan Free Wifi di tiap-tiap tempat, mulai dari Cafe, Minimarket, dan beberapa tempat lainnya.

Dengan adanya tempat tersebut, kini penggunaan Android semakin meningkat, terlebih sekarang hampir semua orang memiliki Android yang memiliki fitur Wifi. Namun tak jarang juga banyak orang yang mengalami masalah dengan Wifi  Android yang mereka miliki.

Masalah yang sering muncul adalah, Wifi Android tidak mau menyala, atau tidak mau terhubung, nah masalah ini tentu bisa menjadi masalah serius, apalagi kalau kamu berada di tempat yang susah jaringan.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Mau Hidup

Wifi Android yang tidak mau nyala atau tidak mau connect bisa kita atasi dengan sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, dan tentunya work untuk semua tipe smartphone Android, berikut ulasan lengkapnya.

1. Restart Smartphone

Cara pertama untuk memperbaiki Wifi Android yang tidak mau menyala adalah dengan melakukan Restart Smartphone, dengan melakukan restart Smartphone, maka secara otomatis semua sistem akan kembali menjadi seperti semula.

2. Cek Jaringan Wifi

Lalu untuk cara yang kedua adalah dengan mengecek jaringan Wifi sekitar, pertama adalah buka pengaturan, setelah itu masuk ke jaringan, dan pilih Wifi. Pertama klik terlebih dahulu pada jaringan Wifi setelah itu jika tidak mau, lanjut ke cara berikut ini.

3. Matikan lalu hidupkan Wifi

Selanjutnya cara yang ketiga adalah dengan mencoba matikan, lalu hidupkan kembali fitur Wifi, hal ini bisa mengecek secara otomatis, apakah fungsi Wifi berfungsi atau tidak, lakukan terus hingga nyala, namun jika tidak bisa, ikut cara dibawah.

4. Cek Kondisi Hardware dan Software Wifi

Langkah selanjutnya adalah, cek kondisi hardware dan software wifi, untuk mengeceknya kamu tidak perlu membuka hardware dari smartphone, namun kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Phone Tester.

Baca Juga:
Namun jika kamu menggunakan smartphone Asus, kamu hanya perlu membuka Kalkulator, setelah itu tekan angka ".12345+" setelah itu tekan tombol "=" nanti akan muncul berbagai macam menu, cari menu "WifiBus_Test" nah jika Wifi tidak bisa, berarti ada masalah pada hardware atau software Wifi smartphone kamu.

5. Factory Reset

Jika masih belum berhasil juga, ada baiknya kamu melakukan proses Factory Reset, atau Hard Reset, proses ini berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan software kembali menjadi seperti semula.

6. Flashing

Masih belum berhasil juga? Itu berarti ada masalah dengan ROM smartphone kamu, jadi kamu harus melakukan proses Flashing, agar ROM smartphone kembali menjadi sediakala.

7. Garansi

Jika masih belum berhasil juga, itu berarti smartphone kamu merupakan produk gagal, nah jika sudah seperti ini cobalah untuk klaim garansi, agar diganti dengan smartphone yang baru.

8. Ganti Baru

Bonus nih haha.. jika masih belum selesai juga, saya sarankan untuk membeli smartphone baru, cara ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi Wifi yang tidak mau menyala.

Nah, itulah sedikit tips bagaimana cara mengatasi Wifi Android yang tidak mau menyala atau tidak mau connect, jika ada pertanyaan, kuy komentar aja dibawah, semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon