15 Maret 2019

Cara Merubah Dari Bahasa China ke Indonesia Untuk Semua Android

Fonetekno - Cara menambahkan bahasa Indonesia pada semua tipe Android. Di Indonesia hampir semua smartphone sudah memiliki bahasa Indonesia, namun ada beberapa merk yang masih belum ada bahasa Indonesia, misalnya saja HP Fujitsu, atau HP Sony Docomo. Biasanya merk smartphone tersebut masih menggunakan bahasa China dan Jepang.
Cara Menambahkan Bahasa Indonesia di Android

Tidak hanya itu, jika kamu memesan sebuah smartphone melalui marketplace luar, maka biasanya bahasa dari smartphone nya masih menggunakan bahasa China, nah untuk merubah nya menjadi bahasa Indonesia, kamu harus melakukannya secara manual.

Jika kamu masih belum mengerti bagaimana cara merubah atau memasukkan bahasa Indonesia kedalam smartphone Android, di artikel ini saya akan membahasnya.

Cara Menambah Bahasa Indonesia Kedalam HP Android

Tutorial yang akan saya berikan ini bekerja untuk semua tipe Android, baik itu android menggunakan bahasa Inggris, hingga menggunakan bahasa China, simak tutorial selengkapnya berikut ini.

1. Menggunakan Set Locale & Language

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi set locale & language, kamu bisa mengunduhnya secara langsung di Play Store, atau klik disini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, smartphone Android kamu yang tadinya tidak memiliki bahasa Indonesia, bisa langsung diganti menggunakan bahasa Indonesia, namun sifatnya tidak permanen.

Jadi kalau kamu melakukan hard reset atau flashing, maka bahasanya akan kembali menjadi seperti semula, untuk cara pemakaiannya, silahkan simak berikut ini.

  • Buka aplikasi tersebut, selanjutnya cari bahasa Indonesia.
  • Setelah itu langsung klik aktifkan.
  • Maka secara otomatis bahasa Indonesia akan tertambah pada sistem android.
Oh iya, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan smartphone kamu sudah dalam keadaan root ya, karena aplikasi ini menurut beberapa sumber yang saya baca memerlukan akses root.

2. Menggunakan Aplikasi Morelocale 2

Selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi morelocale 2, aplikasi ini sudah lama dipercaya untuk menambahkan bahasa Indonesia pada smartphone import, hal ini terbukti dengan jumlah unduhannya yang mencapai 42 ribu.

Untuk mengunduh aplikasi ini bisa langsung melalui Play Store, atau klik disini. Sama seperti aplikasi pertama, pada aplikasi ini juga memerlukan akses root untuk menggunakannya, tata cara penggunaanya silahikan simak berikut ini.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya pilih Bahasa Indonesia.
  • Lalu pasang.
Jika smartphone kamu sudah dalam keadaan root, maka tidak ada masalah sedikitpun, namun jika smartphone kamu tidak dalam keadaan root, maka akan muncul peringatan "Permission Denied".

3. Ganti Stock Rom (Flashing)

Selanjutnya jika kedua cara diatas tidak bisa, maka kamu harus mengganti rom yang ada di smartphone kamu menjadi rom versi global atau versi Indonesia.

Biasanya rom bawaan dari pabrik masih rom bahasa china, jadi kamu harus mengubahnya secara manual, untuk mengunduhnya kamu silahkan searching firmwarenya di Internet, dengan kata kunci "Download firmware (Tipe HP)".

Baca Juga:
Nah, itulah 3 cara bagaimana menambahkan bahasa Indonesia pada smartphone Android, Oh iya, sesuai judul ya, jadi tutorial diatas bisa diterapkan untuk semua smartphone baik itu Asus, Xiaomi, Fujitsu, atau merk lainnya.


EmoticonEmoticon