17 Maret 2019

Cara Mengatasi Feed Instagram Tidak Muncul (Update)

Fonetekno - Cara mengatasi feed Instagram tidak muncul dan tidak bisa menampilkan postingan feed orang lain. Pada aplikasi Instagram, setiap kali membuka aplikasi ini, maka akan muncul tampilan feed atau postingan dari akun yang kita follow. Biasanya isi dari feed ini beragam, mulai dari feed orang yang di follow, iklan, serta postingan yang sesuai dengan minat, namun terkadang sering kali terjadi masalah pada feed Instagram sehingga kabar berita tidak bisa dimuat.
Feed Instagram Tidak Mau Muncul

Biasanya hampir semua postingan tidak muncul, mulai dari stories, foto, video, bahkan hingga iklan tidak muncul. Tentu jika sudah seperti ini akan membuat kita menjadi bingung, karena Instagram tidak berjalan semestinya.

Jika sudah seperti ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu, penyebab mengapa feed Instagram tidak muncul, berikut adalah beberapa penyebabnya.

Penyebab Feed Instagram Tidak Muncul

Biasanya ketika feed Instagram tidak muncul, maka kita hanya bisa me-refresh halaman feed, namun ketika kita sudah menekan atau merefresh halaman, kabar berita tetap saja tidak muncul, hal ini biasanya disebabkan jaringan Internet yang tidak stabil, sehingga membuat kabar berita gagal dimuat.

Selain itu biasanya akan muncul peringatan "Instagram Couldn't refresh feed",  atau jika dalam bahasa Indonesia, akan muncul "Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita", nah jika sudah seperti ini maka kita harus mengatasinya.

Cara Mengatasi Feed Instagram Tidak Muncul

Setidaknya ada 7 cara bagaimana mengatasi hal ini, nah berikut akan saya jabarkan cara-cara nya dengan lengkap.

1. Gunakan Koneksi Internet Yang Cepat

Nah, cara yang pertama adalah dengan menggunakan koneksi Internet yang cepat, seperti yang sudah saya bahas di atas, bahwa salah satu penyebab mengapa feed Instagram tidak muncul adalah, karena koneksi internet yang lemot dan tidak stabil.

Maka dari itu, salah satu cara alternatif untuk mengatasi feed Instagram yang tidak mau muncul adalah dengan memeriksa koneksi internet, setelah itu jika dirasa koneksi internet sangat lambat, maka kamu harus menggantinya dengan yang lebih cepat.

Untuk itu saya sarankan untuk menggunakan WiFi ketika membuka Instagram, agar aplikasi bisa berjalan lebih lancar.


2. Kosongkan Penggunaan RAM

Selanjutnya adalah dengan mengosongkan penggunaan RAM, hal ini bisa dilakukan dengan cara menutup semua aplikasi yang berjalan menggunakan task manager.

Penggunaan RAM yang sudah terlalu penuh, bisa menghambat kinerja dari smartphone, nah efeknya membuat aplikasi menjadi lebih lemot, dan hal inilah salah satu penyebab mengapa feed Instagram tidak mau muncul.

3. Hapus Data Instagram

Selanjutnya adalah dengan melakukan proses hapus data pada aplikasi Instagram, untuk melakukan hal ini, silahkan buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > paksa berhenti > hapus data.

Dengan begitu semua data Instagram akan menjadi seperti semua, dan kamu harus login kembali menggunakan akun yang kamu miliki.

4. Bersihkan Cache

Lalu jika masih belum berhasil juga langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache dari aplikasi.

Buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > hapus cache, setelah itu cobalah login kembali ke Instagram, atau jika tidak ingin ribet, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi pembersih smartphone, seperti Clean Master, dan sebagainya. Baca: Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache.

5. Update Aplikasi

Masih belum berhasil juga? Maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses update melalui Play Store.

Biasanya pihak developer Instagram akan melakukan update jika terdapat sebuah error atau bug pada Aplikasi, nah silahkan cek secara berkala di Play Store, apakah ada update atau tidak.

6. Install Ulang Aplikasi

Jika aplikasi Instagram tidak ada Update, maka kamu bisa melakukan proses install ulang aplikasi. Caranya buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > copot pemasangan, jika sudah buka Play Store setelah itu install kembali aplikasi Instagram.

7. Restart Smartphone

Masih belum berhasil juga? Coba lakukan restart pada smartphone, jika smartphone di restart, maka semua sistem yang berjalan akan kembali di refresh, jika sudah seperti ini maka segala aplikasi yang ada akan kembali menjadi normal kembali.

Bonus

Jika semua cara diatas masih belum berhasil juga, maka ada dua cara lagi yang masih bisa kamu lakukan, yaitu.

8. Downgrade Aplikasi

Cara yang kedelapan jika masih belum berhasil yaitu dengan melakukan proses Downgrade aplikasi, silahkan kamu cari di Google, lalu download aplikasi dengan versi yang lebih rendah.

Baca Juga:
Dengan melakukan Downgrade, itu berarti kamu akan menggunakan aplikasi versi lama, dimana biasanya aplikasi versi lama, segala bug atau error yang ada tidak sama dengan yang versi baru.


EmoticonEmoticon