4 Maret 2019

Cara Mengatasi Komputer Laptop Yang Tidak Keluar Suara

Fonetekno - Solusi jitu mengatasi komputer laptop tidak ada suara, suara bagi sebuah komputer atau laptop merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena dengan adanya speaker pada komputer atau laptop, bisa membuat kita mendengarkan berbagai macam musik. Selain itu, dengan menggunakan laptop atau komputer kita bisa juga menggunakan headset agar suara tidak bocor keluar, namun apa jadinya jika ternyata komputer atau laptop yang kita miliki suaranya tidak bisa keluar?
Cara Mengatasi Komputer Laptop Yang Tidak Keluar Suara

Masalah ini bisa menjadi hal yang serius loh, karena kerusakan satu komponen saja, bisa berakibat fatal terhadap komponen lainnya, dan biasanya, suara yang tidak mau keluar terjadi di beberapa sistem operasi, seperti Windows 7, hingga Windows 10. Suara yang tidak bisa keluar itu biasanya ada beberapa penyebab, seperti.

  • Driver belum terinstall.
  • Speaker rusak.
  • Terkena virus.
  • dll.
Nah dari penyebab tersebut kita bisa menganalisa, apa yang harus kita lakukan jika mengalami komputer atau laptop yang tidak bisa keluar suara.

Cara Mengatasi Laptop / PC Yang Tidak Keluar Suara

Dengan harga yang sekarang sudah mulai murah, tentu sebagian orang Indonesia sudah mampu membeli sebuah perangkat komputer ataupun laptop, namun masalahnya adalah, jarang dari mereka yang bisa mengatasi berbagai macam masalah pada komputer atau laptop.

Baca Juga:
Nah, karena masalah suara yang tidak keluar pada laptop atau pc ini sering dialami oleh banyak orang, di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi komputer / laptop yang tidak bisa keluar suara, simak tutorialnya berikut ini.

1. Install Driver

Cara pertama adalah dengan melakukan install driver sound card, driver merupakan komponen penting, dimana dirver berfungsi sebagai jembatan antara hardware dan software, jika masalah suara yang tidak mau keluar, atau speaker yang tidak berfungsi, itu bisa jadi karena driver yang belum terinstall.

Untuk menginstallnya, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Internet, biasanya jika saya mencari driver di Internet, saya menuliskan kata kunci sesuai dengan tipe laptop yang saya miliki, misal "Download Driver HP-14bw017au" nah setelah itu kamu klik pada situs yang cocok, dan carilah driver soundcard yang sesuai dengan tipe laptopmu, atau jika tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan Driver Pack.

2. Menggunakan Speaker Eksternal

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan speaker eksternal, jika speaker internal dari laptop kamu tidak berfungsi, maka cobalah untuk menggunakan speaker eksternal, karena bisa jadi speaker internal yang ada di laptop kamu sudah konslet atau rusak, jadi kamu harus menggunakan speaker eksternal untuk mendengarkan suara.

3. Ganti Sound Card

Selanjutnya tips yang ketiga adalah, ganti sound card laptop atau pc kamu dengan yang baru, sound card merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk mengeluarkan suara yang sudah di proses dari processor.

Nah, selain itu coba juga untuk mengecek speaker internal yang kamu miliki, apakah dalam kondisi yang baik, atau tidak.

4. Pasang Antivirus

Seperti yang sudah saya bahas diatas, salah satu penyebab mengapa komputer atau laptop tidak mau mengeluarkan suara adalah, mungkin karena laptop kamu terkena virus, walaupun kasus ini jarang terjadi, tapi tak ada salahnya untuk mencoba pasang antivirus, lalu lakukan proses scanning, agar komputer atau laptop milikmu bisa bersih dari virus.

5. Install Codec

Cara yang kelima adalah dengan menginstall codec, codec berfungsi untuk memutar file suara yang iinginkan, software ini sejenis driver yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi pemutar suara ataupun video, nah jika mengalami masalah suara yang tidak mau keluar, maka cobalah untuk menginstall codec.

6. Menginstall Kernel Yang Sesuai

Lanjut cara yang terakhir adalah dengan menginstal kernel yang tepat, disini menginstal kernel yang sesuai dikhususkan untuk sistem operasi Linux, biasanya pada sistem operasi Linux banyak terdapat bug, nah untuk mengatasinya adalah dengan menginstal kernel yang tepat.

Baca Juga:
Nah, itulah 6 tips bagaimana cara mengatasi suara yang tidak bisa keluar pada laptop atau komputer, semoga dengan adanya informasi diatas bisa mengatasi masalah suara yang tidak bisa keluar pada laptop atau komputer, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon