1 Maret 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Fonetekno - Komputer atau laptop saat ini menjadi sebuah barang yang sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, selain itu, kini sudah banyak komputer dengan spesifikasi yang lumayan, namun dengan harga yang terjangkau.
Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Nah, walaupun begitu, mau itu komputer mahal ataupun murah, barang elektronik tetaplah barang elektronik, dimana barang ini merupakan salah satu barang yang sangat rentan akan kerusakan atau error, salah satu error yang sering dialami yaitu komputer yang tiba-tiba mati sendiri.

Komputer mati sendiri memang sangat menyebalkan, terlebih jika kita sedang mengerjakan suatu project ataupun skripsi, selain membuat pekerjaan kita semakin lama untuk selesai, komputer yang tiba-tiba mati sendiri juga sangat rentan terhadap kerusakan.

Jika kamu menggunakan komputer secara terus menerus, tentu akan menimbulkan banyak masalah, terlebih jika kamu menggunakannya hingga lebih dari 10 jam dalam sehari. Nah jika sudah seperti biasanya akan timbul banyak masalah.

Penyebab Komputer Mati Sendiri

Komputer yang tiba-tiba mati sendiri itu biasanya disebabkan oleh.

1. CPU Terlalu Panas

Penyebab pertama adalah karena CPU komputer kamu sudah terlalu panas, hal ini bisa terjadi jika kamu menjalankan aplikasi yang berat, namun spesifikasi dari komputer kamu tidak memadai, nah pada akhirnya processor akan bekerja lebih keras, sehingga suhu dari CPU akan mengalami overheat.

Jika suhu CPU sudah overheat, maka secara otomatis sistem akan dimatikan, hal ini biasanya sudah pengaturan default dari BIOS.

2. Power Supply Rusak

Penyebab yang kedua adalah power supply dari komputer kamu sudah rusak dan harus diganti, dalam memilih power supply harus lah teliti, karena jika power supply yang dibeli tidak kompatibel dengan spesifikasi dari komputer, maka akan terjadi konsleting, nah hal ini lah menjadi salah satu penyebab komputer tiba-tiba mati sendiri.

3. Daya Listrik Kurang atau Berlebihan

Penyebab ketiga adalah karena daya listrik yang tidak sesuai, hal ini bisa terlalu berlebihan, atau bisa juga kekurangan tegangan listrik, biasanya PC akan membutuhkan daya listrik yang lumayan besar, untuk itu biasanya power supply tidak mendapatkan daya yang diperlukan, hal ini lah yang menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Nah, jika sudah tahu penyebabnya maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki atau mengatasi komputer yang tiba-tiba mati sendiri.

1. Install Ulang

Cara pertama adalah dengan melakukan Install Ulang, biasanya CPU akan terasa panas jika program yang dijalankan sudah terlalu berlebihan, sehingga processor dan RAM bekerja dua kali lipat, akibatnya CPU menjadi cepat panas.

Nah, jika program yang kamu Install sudah terlalu banyak, pastikan untuk menghapus beberapa program yang berat, atau bisa juga dengan melakukan Install Ulang, selain itu tidak disarankan untuk menjalankan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer, karena bisa merusak hardware.

2. Gunakan Stabillizer

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Stabillizer, jika kondisi listrik di rumahmu tidak stabil, maka disarankan untuk menggunakan stabillizer, agar semua perangkat hardware dari komputer mu aman terkendali.

3. Cek Fan Pada CPU

Cara yang ketiga adalah selalu cek kondisi kipas atau fan pada CPU komputer kamu, fan memiliki peranan yang sangat penting untuk mengeluarkan udara panas, nah jika fan atau kipas pada CPU tidak berjalan dengan baik, maka udara panas akan mengendap didalam CPU, jika sudah seperti ini akibatnya CPU akan menjadi cepat panas, dan komputer akan sering mati sendiri.

4. Ganti Hardware yang Rusak

Cara yang keempat adalah, cek pada hardware CPU komputer mu, misalnya Power Supply, jika dirasa Power Supply dari komputer kamu sudah terlalu lama digunakan, maka cobalah ganti dengan yang baru.

Baca Juga:
Itulah sedikit informasi bagaimana cara mengatasi komputer yang mati sendiri, oh iya, jangan lupa jika di daerah kamu sering dilakukan pemadaman listrik, maka saya sarankan untuk menggunakan UPS, agar komputer kamu tidak mati secara tiba-tiba.


EmoticonEmoticon