17 Maret 2019

Cara Mengatasi "Sayangnya Instagram Telah Berhenti" 100% Berhasil

Fonetekno - Sayangnya Instagram Telah Berhenti. Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang tidak memerlukan spesifikasi smartphone yang tinggi, karena hal inilah banyak orang senang menggunakan Instagram. Pihak developer dari Instagram selalu memperbaharui atau mengadakan update pada aplikasi, hal ini bertujuan untuk menghindari dari berbagai macam error.

Walaupun aplikasi Instagram tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, namun tak jarang banyak penggunanya sering mengalami error ketika menggunakan aplikasi Instagram, salah satu error yang sering dialami adalah, aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri, atau force close, lalu muncul peringatan "Sayangnya Instagram telah berhenti".

Penyebab mengapa aplikasi Instagram yang berhenti sendiri ini bermacam-macam, ada yang karena penggunaan RAM terlalu penuh, smartphone terlalu panas, cache yang penuh dan berbagai macam penyebab lainnya.

Cara Mengatasi Instagram Tiba-Tiba Menutup Sendiri (Force Close)

Nah, untuk mengatasi "Sayangnya Instagram telah berhenti" setidaknya ada 7 cara yang bisa kita lakukan, berikut uraian lebih lengkapnya.

1. Hapus Cache Aplikasi

Salah satu penyebab mengapa aplikasi Instagram menutup sendiri adalah karena cache yang penuh, nah untuk mengatasinya kita harus menghapus atau membersihkan cache yang menumpuk, caranya adalah. pertama tutup aplikasi Instagram yang sedang kamu buka melalui task manager, setelah itu masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > hapus cache.

2. Hapus Data Aplikasi

Jika masih belum berhasil juga, maka cara kedua yang bisa kita coba adalah dengan melakukan proses hapus data aplikasi Instagram, caranya adalah buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > hapus data.

3. Update Aplikasi

Selanjutnya adalah dengan melakukan update aplikasi, biasanya setiap kali ada error, pihak developer akan langsung memperbaiki error tersebut dengan mengadakan update, nah silahkan cek secara berkala apakah ada update di Play Store.

4. Install Ulang Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi lalu menginstallnya kembali melalui Play Store. Pertama silahkan uninstall terlebih dahulu aplikasinya dengan masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > copot pemasangan, setelah itu install kembali aplikasi Instagram melalui Play Store.

5. Restart Smartphone

Masih belum berhasil juga? Nah, coba untuk merestart terlebih dahulu smartphone yang kamu punya, dengan melakukan restart, system dari smartphone milikmu akan di refresh ulang, setelah itu coba untuk membuka Instagram.

6. Downgrade Aplikasi

Jika masih belum berhasil juga, cobalah untuk menurunkan versi dari aplikasi Instagram, silahkan anda unduh aplikasi Instagram di Google namun dengan versi yang lebih rendah dari versi yang ada di Play Store.

7. Sistem Operasi Bermasalah Lakukan Update

Jika masih belum berhasil, mungkin ada masalah pada sistem operasi smartphone anda, nah untuk mengatasinya cobalah untuk mengecek update dari aplikasi, yaitu dengan masuk ke pengaturan > tentang ponsel > pembaharuan.

8. Hard Reset

Bonus, jika masih belum berhasil juga maka langkah terakhir adalah dengan melakukan proses hard reset, jika kamu ingin melakukan proses hard reset bisa baca artikel Tutorial Hard Reset, di artikel tersebut ada banyak tutorial mengenai hard reset dari berbagai macam merk.

Baca Juga:
Nah, itulah 7 + 1 cara bagaimana mengatasi "Sayangnya aplikasi Instagram telah berhenti" , jika sudah melakukan semua cara diatas namun masalah belum bisa terselesaikan, itu berarti kamu harus melakukan proses flashing, namun jika proses flashing belum juga berhasil itu berarti ada masalah dari emmc flashing, dan kamu harus membawanya ke service center.


EmoticonEmoticon