3 Maret 2019

Cara Mengatasi Touchscreen Android Bergerak Sendiri (Ghost Touch)

Fonetekno - Mengatasi layar sentuh bergerak sendiri (Ghost Touch) untuk semua Android, touchscreen atau layar sentuh merupakan hal yang sangat penting bagi semua smartphone, karena dengan touchscreen kita bisa dengan bebas menggunakan smartphone Android.
Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Sebelum smartphone berkembang pesat seperti sekarang ini, hp dengan layar sentuh masih sangat mahal, bahkan bisa hingga berkali-kali lipat, itupun fiturnya masih sangat sedikit, sekarang, malah hampir semua smartphone sudah menggunakan layar sentuh, karen dinilai lebih efisien dan futuristik.

Ada banyak sekali merk smartphone layar sentuh yang beredar di pasaran Indonesia, mulai dari Samsung, Xiaomi, Asus, Sony, Oppo dan banyak merk lainnya, masing-masing smartphone juga membawa kecanggihannya tersendiri.

Namun walaupun canggih, barang elektronik tetaplah sebuah barang yang gampang rusak, salah satu error atau kerusakan yang sering dialami oleh banyak orang adalah, Ghost Touch, atau layar sentuh yang bergerak sendiri.

Masalah layar sentuh yang bergerak sendiri tentu sangat mengganggu, karena jika error ini muncul, kita tidak bisa menggunakan smartphone dengan maksimal, terlebih jika masalah layar sentuh bergerak sendiri tidak diatasi dengan cepat, bisa berakibat kerusakan pada smartphone.

Untuk mengatasi hal ini ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, namun sebelum itu kita ketahui dulu penyebab mengapa terjadinya Ghost Touch.

Penyebab Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

  1. Terkena Virus.
  2. Layar sentuh rusak.
  3. Sistem operasi bermasalah.
  4. Memori penuh.
  5. Layar kemasukkan air.
  6. Produk gagal.
  7. Layar sentuh terlalu sensitif.
  8. dll.
Baca Juga:
Nah itulah beberapa penyebab mengapa layar sentuh Android bisa bergerak sendiri, sebenarnya masih banyak lagi penyebabnya, namun saya tidak bisa menyebutkannya satu per satu.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Untuk mengatasi masalah ini, sekiranya ada 10 cara untuk memberbaiki layar sentuh Android yang bergerak sendiri, berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Restart Smartphone

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah, coba untuk restart smartphone terlebih dahulu, setelah itu baru gunakan smartphone. Restart smartphone berfungsi untuk mengembalikan semua sistem menjadi semula, nah dengan melakukan restart, smartphone kamu akan kembali berfungsi.

2. Jangan Gunakan Smartphone Saat di Charge

Cara yang kedua adalah, jangan menggunakan smartphone saat di charge, kebiasaan ini bisa membuat smartphone jadi rusak, dan terjadilah Ghost Touch.

Selain itu, cobalah untuk megecek charger smartphone milikmu, apakah dalam kondisi yang baik atau tidak, karena menurut beberapa pengalaman yang saya alami, biasanya charge yang tidak cocok pada smartphone, akan menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri, hal ini mungkin bisa disebabkan karena daya yang dikeluarkan dari charger tidak sesuai dengan daya yang dibutuhkan smartphone.

3. Jangan Gunakan Smartphone Saat Baterai Drop

Jika kondisi baterai smartphone sedang dalam keadaan drop, maka jangan gunakan dulu smartphone tersebut, karena bisa saja daya yang dibutuhkan sedang tidak dalam performa yang baik, sehingga bisa menyebabkan layar sentuh yang bergerak sendiri.

4. Overheating

Smartphone yang overheating, atau terlalu panas, biasanya akan membuat touchscreen menjadi error, nah untuk mengatasinya, coba untuk berhenti sejenak menggunakan smartphone, setelah itu taruh smartphone pada lantai agar suhu nya bisa kembali menjadi normal.

5. Memory Penuh

Memory yang penuh bisa membuat kinerja smartphone menjadi tidak maksimal, terutama memory ram, jika kamu menjalankan terlalu banyak aplikasi, maka penggunaan memori ram akan penuh dan bisa membuat smartphone menjadi lag, nah hal ini lah yang menyebabkan mengapa layar sentuh pada smartphone bergerak sendiri, untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menutup semua aplikasi yang dijalankan.

6. Copot Pelindung Layar

Cara yang keenam adalah dengan mencopot pelindung layar, jika kualitas layar sentuh pada smartphone kurang responsif, maka hentikan penggunaan anti gores atau pelindung layar, karena bisa menyebabkan layar sentuh menjadi bergerak sendiri.

7. Sistem Operasi Bermasalah

Selanjutnya adalah mungkin saja karena sistem operasi pada smartphone kamu bermasalah, nah untuk mengatasinya cobalah untuk update sistem operasi terlebih dahulu, namun jika tidak tersedia update, cobalah untuk melakukan flashing rom.

8. Kalibrasi Touch Screen

Cara kedelapan untuk mengatasi touchscreen Android yang bergerak sendiri adalah, dengan mengkalibrasi layar sentuh pada smartphone, biasanya tiap-tiap smartphone memiliki pengaturan kalibrasi yang berbeda-beda, nah agar lebih universal, kamu bisa mengunduh aplikasi kalibrasi touchscreen di Play Store.

9. Nonaktifkan Option Force GPU Rendering

Selanjutnya untuk mengatasi layar sentuh android yang bergerak sendiri adalah dengan mematikan pengaturan option force gpu rendering, untuk menonaktifkannya silahkan kamu masuk ke mode pengembang yang ada di pengaturan smartphone, setelah itu matikan pengaturan option force GPU rendering.

10. Factory Reset

Jika masih belum berhasil juga, anda bisa mencoba untuk factory reset smartphone, untuk melihat berbagai macam tutorial hard reset, kamu bisa baca artikel cara hard reset android, setelah itu cobalah untuk mengkalibrasikan layar sentuh smartphone kamu.

11. Ganti Touchscreen

Masih belum berhasil juga? Kalau begitu bisa dipastikan bahwa layar sentuh pada smartphone kamu sudah rusak, untuk itu kamu harus mengganti layar sentuh smartphone kamu dengan yan baru, setelah itu pasti layar sentuh akan kembali menjadi normal.

Baca Juga:
Nah itulah cara bagaimana mengatasi layar sentuh yang bergerak sendiri, sangat mudah kan, silahkan langsung dipraktekan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar di kolom bawah, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon