28 Maret 2019

Cara Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Sementara di Android

Fonetekno - Cara menonaktifkan sementara aplikasi Whatsapp. Aplikasi Whatsapp memiliki sebuah fitur dimana kita bisa menerima notifikasi setiap kali ada yang mengirim pesan ke nomor Whatsapp yang kita miliki, namun terkadang fitur ini membuat beberapa pengguna terganggu.
Cara Menghentikan Aplikasi Whatsapp Sementara

Notifikasi ini akan muncul setiap kali kita terkoneksi ke jaringan internet, baik itu dari WiFi maupun dari data seluler. Namun notifikasi itu tidak akan muncul jika kamu menonaktifkan data koneksi.

Namun jika kita mematikan data seluler, tentu kita tidak akan bisa menggunakan internet, tapi di sisi lain, kita sangat terganggu dengan notifikasi yang selalu muncul.

Nah, jika ingin mengatasi masalah ini, ternyata gampang banget, di artikel ini saya akan memberikan cara-caranya dan bekerja untuk semua tipe smartphone, baik itu, Xiaomi,Oppo, Xamsung ataupun merk smartphone lainnya.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp Sementara

Sebenarnya jika keluhannya hanya sebatas karena notifikasi yang mengganggu, kamu bisa menonaktifkannya, silahkan kamu baca artikel Cara Menyembunyikan Notifikasi Whatsapp Agar Tidak Bisa Dilihat dan jika kamu mengalami masalah dengan notifikasi yang tidak muncul, kamu bisa baca artikel Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Yang Tidak Mau Muncul.

1. Menggunakan Pengaturan Smartphone

Cara pertama untuk menonaktifkan aplikasi Whatsapp sangatlah gampang, karena ktia hanya perlu membuka pengaturan aplikasi pada smartphone, caranya adalah.
Cara Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp

  • Masuk ke pengaturan smartphone.
  • Setelah itu buka menu manajer aplikasi atau aplikasi terinstall.
  • Lanjut gulir kebawah, cari aplikasi Whatsapp, setelah itu klik paksa berhenti.
Dengan melakukan cara diatas secara otomatis aplikasi Whatsapp kamu akan berhenti dan tidak akan ada notifikasi yang muncul, untuk mengaktifkannya kembali, cukup buka aplikasinya, maka secara otomatis akan aktif kembali.

2. Menggunakan Aplikasi Hibernator

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Hibernator, untuk mengunduhnya silahkan kamu klik disini.
Cara Menonaktifkan Aplikasi Whatsapp

  • Pertama silahkan buka aplikasi Hibernator.
  • Lalu gulir layarnya kebawah, hingga menemukan kolom Launched App.
  • Setelah itu cari aplikasi yang ingin di nonaktifkan.
  • Lanjut akan ada tanda ZZZ yang ada di samping kanan aplikasi Whatsapp, setelah itu klik tanda tersebut, maka secara otomatis aplikasi Whatsappp akan nonaktif.
  • Lalu jika ingin mengaktifkannya kembali, cukup buka menu Hibernated Apps, lalu aktifkan aplikasinya.
Selain bisa menghentikan aplikasi sementara, aplikasi Hibernator juga bisa berfungsi sebagai penghemat baterai.

Bonus

Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup Whatsapp

Jika kamu hanya ingin menonaktifkan notifikasi dari grup, maka ikuti caranya dibawah ini.
  • Buka grup yang ingin di nonaktifkan notifiaksinya.
  • Lanjut klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih menu bisukan notifikasi (mute notification).
Dengan begitu semua pesan masuk dari grup tidak akan muncul, selain itu kamu juga bisa memilih beberapa opsi, sampai kapan notifikasi dari grup akan dibisukan.

Baca Juga:
Nah, itulah beberapa cara bagaimana menonaktifkan aplikasi Whatsapp, memang sih notifikasi yang tiba-tiba masuk itu sangat mengganggu, apalagi jika kita sedang serius mengerjakan sesuatu menggunakan smartphone, tentu sangat merepotkan bukan? Semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon