5 Maret 2019

Cara Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas 100% Ampuh

Fonetekno - Ampuh banget! Pakai Aplikasi pendingin hp ini untuk mengatasi hp yang cepat panas, smartphone Android hingga saat ini memang selalu mengalami perkembangan, hp yang biasanya hanya bisa digunakan untuk komunikasi, kini sudah beralih fungsi menjadi alat yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan.
Mengatasi HP Android Cepat Panas

Ada banyak sekali jenis smartphone Android dengan beragam spesifikasi, mulai dari spesifikasi yang kecil hingga yang besar, dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan nya masing-masing. Android yang merupakan barang elektronik pasti membutuhkan daya agar bisa digunakan, nah biasanya ada berbagai macam kendala yang sering dialami oleh penggunanya, salah satunya adalah hp yang cepat panas.

Biasanya smartphone dengan spesifikasi rendah lebih sering mengalami cepat panas, hal ini dikarenakan spesifikasi yang digunakan tidak sesuai dengan aplikasi yang ada.

Penyebab HP Android Cepat Panas

HP Android yang cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari spesifikasi yang tidak sesuai, terlalu lama digunakan, dan berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Spesifikasi Tidak Memadai

Penyebab pertama adalah karena spesifikasi yang tidak memadai, maksudnya disini adalah, kamu terlalu banyak menggunakan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone yang kamu gunakan. Akibatnya, smartphone bekerja menjadi 2x lipat dan menyebabkan smartphone menjadi lebih panas.

2. Menggunakan Aplikasi Berat

Penyebab yang kedua adalah sama seperti penyebab pertama, namun disini walaupun kamu sudah menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang lebih besar, smartphone kamu juga bisa menjadi lebih cepat panas karena terlalu sering menggunakan Aplikasi berat.

Aplikasi berat disini adalah seperti game PUBG Mobile, game tersebut membutuhkan spesifikasi smartphone yang lumayan, hal ini dikarenakan kualitas grafik yang ditawarkan game ini sangat bagus, maka membutuhkan kinerja processor yang lebih besar, nah jika kamu terus-terusan memainkan aplikasi yang berat, tidak hanya bisa membuat smartphone menjadi lebih panas, tapi juga bisa membuat smartphone kamu jadi rusak.

3. Memainkan Smartphone Saat di Charge

Memainkan smartphone saat di charge selain bisa membuat smartphone jadi lebih cepat panas, tapi bisa juga membuat smartphone kamu menjadi lebih cepat rusak. Maka dari itu hindari penggunaan smartphone saat sedang di charge ya!

4. Memory Terlalu Penuh

Penyebab keempat adalah memory internal dan memori RAM terlalu penuh, memory yang terlalu penuh, baik itu internal dan RAM, tentu tidak baik untuk smartphone, dan bisa menyebabkan kinerja smartphone menjadi terhambat.

5. Produk Gagal

Dan penyebab yang kelima adalah, yaitu smartphone yang kamu miliki merupakan sebuah produk gagal, seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis smartphone yang beredar di pasaran, nah dan sudah pasti ada dari beberapa produk smartphone tersebut merupakan sebuah produk gagal, salah satunya seperti Xiaomi Redmi Note 4 (Mediatek).
Smartphone ini dinilai produk gagal, karena banyak dari penggunanya mengeluhkan berbagai macam masalah, seperti smartphone yang cepat panas, bahkan hingga daya tahan baterai yang tidak wajar.

Cara Mengatasi HP Android Yang Cepat Panas

Diatas kita sudah mengetahui penyebab mengapa hp Android menjadi cepat panas, nah jika kamu sedang mengalami masalah ini, maka berikut akan saya berikan tips bagaimana cara mengatasinya.

1. Taruh di Lantai

Tips yang pertama ini merupakan pertolongan pertama, jadi misalkan smartphone kamu sedang dalam kondisi panas, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menaruhnya di lantai.

Menaruh smartphone di lantai sangat berguna untuk menurunkan panas dari smartphone, karena sifat lantai yang dingin dan mudah untuk menerima panas dari smartphone.

2. Jangan Gunakan Softcase

Selanjutnya adalah, jika smartphone kamu cepat panas hindari penggunaan softcase atau jellycase, karena sifat dari softcase tidak bisa menyalurkan panas, malah semakin memperburuk suhu smartphone, karena suhu pada smartphone akan semakin menumpuk.

3. Hindari Penggunaan Aplikasi Berat

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab mengapa smarpthone cepat panas adalah karena penggunaan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Penggunaan aplikasi berat, bisa membuat smartphone bekerja dua kali lipat, selain bisa membuat smartphone menjadi lebih panas, smartphone juga akan lebih cepat rusak.

4. Gunakan Charger Original

Selanjutnya tips yang keempat adalah selalu gunakan charger original, charger yang abal-abal bisa menyebabkan pengisian daya menjadi tidak maksimal, sehingga bisa membuat suhu smartphone menjadi meningkat secara drastis.

5. Kosongkan Ruang Memory

Memory pada smartphone berperan penting pada kinerja sebuah smartphone, baik itu memory penyimpanan maupun memory RAM, nah untuk mengatasi smartphone yang cepat panas, maka cobalah untuk mengosongkan ruang memory, misal dengan menutup semua aplikasi yang terbuka pada task manager, atau bisa juga dengan menghapus dengan beberapa file.

6. Menggunakan Aplikasi Pendingin

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin, menggunakan aplikasi pendingin dinilai lumayan ampuh untuk mengatasi smartphone yang cepat panas, nah jika kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi pendingin smartphone, berikut saya berikan beberapa referensi nya.

Daftar Aplikasi Pendingin CPU dan Baterai Untuk Android

Android yang cepat panas biasanya hanya dalam beberapa menit saja langsung panas, nah untuk mengatasinya kamu bisa mencoba aplikasi pendingin, berikut saya berikan beberapa rekomendasinya.

1. Cooler Master - Cooling Android

Aplikasi Pendingin Android

Aplikasi pertama adalah Cooler Master, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pendingin android yang paling ampuh, hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah unduhannya yang mencapai hingga 500ribu+ unduhan, tertarik? Silahkan unduh disini.

2. DU Battery Saver

Aplikasi Pendingin Android

DU Battery Saver hadir tidak hanya sebagai aplikasi penghemat baterai, namun bisa juga berfungsi sebagai aplikasi pendingin khusus android, aplikasi ini sudah lama sekali dibuat, dan sudah mendapatkan jumlah unduhan hingga 13 juta kali, jika kamu tertarik bisa download disini.

3. CPU Temperature

Aplikasi Pendingin Android

Dan aplikasi yang terakhir adalah CPU Temperature, aplikasi ini bisa melihat atau memonitor kondisi suhu dari RAM dan juga Processor, selain itu aplikasi ini juga memiliki banyak fitur dan salah satu fitur nya adalah berfungsi untuk mengatur suhu dari smartphone, tertarik? silahkan download disini.

Baca Juga:
Nah itulah beberapa penyebab sekaligus bagaimana cara mengatasi hp Android yang cepat panas, nah jika sudah mengikuti cara diatas masih tetap panas juga, itu berarti smartphone kamu merupakan produk gagal, karena seperti yang sudah saya bahas diatas, ada beberapa smartphone yang merupakan produk gagal.


EmoticonEmoticon