21 Maret 2019

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka 100% Ampuh

Fonetekno - Aplikasi Instagram tidak bisa dibuka? Begini cara mengatasinya. Bagi anak millenials, Instagram merupakan aplikasi sosial media yang wajib di Install, hal ini karena Instagram merupakan sebuah aplikasi sosial media paling populer saat ini. Selain karena fitur nya, aplikasi ini juga terbilang sangat ringan.
Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Karena terlalu ringan inilah, ha, namun walaupun ringan, tentu aplikasi Instagram tak luput dari segala masalah ataupun error, banyak pengguna Instagram mengeluhkan berbagai masalah pada aplikasi ini, mulai dari feed Instagram yang tidak mau muncul, bahkan hingga aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Biasanya jika aplikasi Instagram tidak bisa dibuka, akan muncul pesan error "Sayangnya aplikasi Instagram telah berhenti" namun pada masalah yang satu ini, tidak muncul pesan error satupun, sehingga membuat banyak orang kebingungan.

Usut punya usut, ternyata hal ini disebabkan oleh beberapa hal, berikut adalah penyebab mengapa Instagram tidak bisa dibuka.

Penyebab Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Biasanya disebabkan oleh RAM usage yang penuh, hal ini bisa terjadi jika kamu membuka banyak aplikasi sekaligus, jika dirasa RAM tidak penuh, namun masalah masih tetap saja muncul, bisa jadi terdapat error pada aplikasi, namun jika masih muncul juga, berikut adalah tips dan trik cara mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka, setidaknya ada 5 cara yang bisa kita lakukan, dan cara ini bisa dilakukan untuk semua merk Android.

Aplikasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

1. Tutup Semua Aplikasi Berjalan

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab mengapa aplikasi Instagram tidak bisa dibuka adalah karena RAM usage yang terlalu penuh, sehingga menghambat kinerja dari aplikasi Instagram, nah untuk mengatasi nya adalah, cukup tutup semua aplikasi yang terbuka, dan coba buka aplikasinya.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cara yang kedua adalah dengan menghapus cache pada aplikasi Instagram, untuk melakukannya kamu buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > hapus cache.

3. Hapus Data Aplikasi

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan hapus data aplikasi, menghapus semua data aplikasi itu berarti aplikasi akan kembali menjadi semula saat pertama kali diunduh, masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > hapus data.

4. Update Aplikasi

Selanjutnya adalah dengan melakukan update pada aplikasi, jika terdapat error pada aplikasi, tentu pihak developer akan langsung memberikan update pada aplikasi, oleh karena itu disarankan untuk mengupdate aplikasi secara berkala, ketika ada pembaharuan.

5. Install Ulang Aplikasi

Masih belum berhasil juga? Maka langkah yang terakhir adalah dengan menginstall ulang aplikasi Instagram, pertama silahkan uninstall aplikasi dengan masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Instagram > copot pemasangan.

Baca Juga:
Nah itulah 5 cara bagaimana mengatasi aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka, jika masih belum terbuka juga, cobalah untuk melakukan restart pada smartphone, setelah itu cobalah untuk buka kembali aplikasinya.


EmoticonEmoticon