13 Maret 2019

Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Yang Hilang (4 Langkah)

Fonetekno - Kontak Whatsapp hilang ternyata bisa dikembalikan loh. Berbeda dengan sosial media lain, pada aplikasi Whatsapp kita harus menggunakan nomor HP yang sudah tersimpan agar bisa chattingan atau berteman dengan seseorang. Nah, jika kontak Whatsapp hilang atau tidak terdeteksi maka kita akan kesulitan untuk berkomunikasi.
Cara Mengatasi Kontak Whatsapp Hilang Tidak Terdeteksi

Sudah banyak orang yang mengalami kontak yang tiba-tiba hilang pada aplikasi Whatsapp. Penyebab mengapa kontak Whatsapp bisa hilang bermacam-macam, ada yang secara tidak sengaja menghapus kontak, ada yang memang ada error pada aplikasi sehingga tidak bisa mendeteksi kontak, atau bisa juga dikarenakan virus.

Nah untuk mengembalikan kontak yang hilang setidaknya ada 4 cara yang bisa kita lakukan, berikut ulasan lebih lengkapnya.

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang

Seperti yang sudah saya singgung diatas, untuk mengatasi kontak yang hilang atau tidak terdeteksi, maka kamu bisa mencoba empat cara berikut ini.

1. Mengizinkan Akses Kontak

Setiap aplikasi pasti memerlukan izin untuk mengakses suatu folder tertentu, nah contohnya pada Whatsapp. Di Whatsapp sudah kita ketahui bahwa setiap kali kita ingin melakukan chatting, aplikasi ini akan secara langsung mendeteksi kontak yang ada pada smartphone, nah sebelum masuk kedalam kontak, aplikasi Whatsapp akan meminta izin untuk mengakses kontak.

Nah, di beberapa merk smartphone, kita bisa bebas mengatur izin akses kontak dari Whatsapp. Jika kendalanya kontak tidak terdeteksi atau terhapus, maka kamu bisa memberikan izin dengan cara masuk ke, Pengaturan -> Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Perizinan > Akses Kontak.

2. Bersihkan Cache Whatsapp

Hampir semua aplikasi Android memiliki akses untuk membersihkan cache, jika kamu tidak paham dengan apa itu cache kamu bisa baca artikel Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache.

Nah, untuk mengatasi kontak yang hilang atau tidak terdeteksi, kita bisa dengan menghapus cache, pertama masuk ke Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Hapus Cache.

3. Memunculkan Semua Kontak Melalui Pengaturan Whatsapp

Selanjutnya cara yang ketiga adalah dengan mengatur ulang kontak dari pengaturan Whatsapp, di aplikasi Whatsapp ada sebuah pengaturan untuk menampilkan semua kontak yang ada, nah untuk mengaktifkannya kamu klik pada titik tiga yang ada di pojok atas, setelah itu Setelan > Kontak > Centang Pilihan Tampilkan Semua Kontak.

4. Install Ulang Aplikasi

Jika semua cara diatas masih belum berhasil juga, maka cobalah untuk menginstall kembali aplikasi Whatsapp, pertama silahkan copot pemasangan aplikasi, lalu install kembali melalui Play Store, dengan begitu aplikasi Whatsapp kamu akan kembali menjadi seperti baru.
Itulah empat cara bagaimana cara mengembalikan kontak Whatsapp yang hilang, oh iya sebelum kamu melakukan install ulang aplikasi, pastikan kamu sudah membackup semua data chat dari aplikasi ya.


EmoticonEmoticon