13 Maret 2019

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Yang Tidak Mau Muncul

Fonetekno - Notifikasi Whatsapp tidak muncul. Aplikasi Whatsapp hingga kini masih eksis digunakan oleh para pengguna Android, hal ini bukan tanpa alasan, mengingat banyak sekali fitur yang ada pada aplikasi Whatsapp, walaupun memiliki banyak sekali fitur, namun tak bisa dipungkiri aplikasi Whatsapp juga sering mendapat masalah, salah satu masalah yang mengganggu adalah notifikasi yang tidak mau muncul.
Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Pada aplikasi Whatsapp notifikasi merupakan fitur yang sangat penting, karena dengan adanya notifikasi kita bisa terbantu apakah ada pesan masuk atau tidak. Masalah notifikasi yang tidak mau muncul pada aplikasi Whatsapp bisa disebabkan oleh banyak hal.

Kenapa notifikasi Whatsapp tidak mau muncul? Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi jaringan yang tidak stabil, atau bisa juga karena terdapat sebuah error pada aplikasi Whatsapp yang membuat notifikasi tidak mau muncul.

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Mau Muncul

Karena perannya sangat penting, maka kita harus segera memperbaikinya, nah untuk mengatasi hal ini ada 7 cara yang bisa kita lakukan, simak cara-caranya berikut ini.

1. Periksa Profile Android

Cara pertama untuk mengatasi notifikasi Whatsapp yang tidak mau muncul adalah dengan memeriksa profile pada Android. Seperti yang kita ketahui, profile pada Android bisa kita atur sesuka hati, biasanya ada 4 profil, yaitu Diam, Hanya Alarm, Jangan Ganggu, dan Bersuara.

Nah, untuk mengatasi notifikasi yang tidak muncul, coba ganti profil Android menjadi bersuara, setelah itu coba lihat hasilnya.

2. Aktifkan Pengaturan Pemberitahuan

Cara yang kedua adalah dengan mengaktifkan pengaturan pemberitahuan pada aplikasi Whatsapp, untuk mengaktifkannya silahkan kamu klik pada titik tiga yang ada di pojok kanan atas, setelah itu masuk ke Pemberitahuan / Notifikasi > Kelola Pemberitahuan Whatsapp, setelah itu aktifkan opsi nya.

3. Aktifkan Suara Whatsapp

Pada pengaturan Whatsapp, kita bisa mengatur suara nada dari Whatsapp, nah jika masalah Notifikasi Whatsapp tidak muncul, cobalah untuk mengaktifkan nada pada Whatsapp, dengan masuk ke Pengaturan > Pemberitahuan, setelah itu centang nada notifikasi.

4. Cek Update  Aplikasi

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan cek update aplikasi melalui Play Store, notifikasi yang tidak muncul bisa disebabkan karena ada error pada Aplikasi. Biasanya pihak developer akan memperbaiki bug yang ada dengan melakukan update, untuk itu rutinlah mengecek update aplikasi Whatsapp melalui Play Store.

5. Hapus Data Whatsapp

Jika masih belum berhasil juga, cara yang keempat adalah dengan melakukan hapus data aplikasi Whatsapp. Dengan melakukan proses hapus data, maka semua data aplikasi akan terhapus, namun sebelum melakukan proses hapus data, pastikan kamu sudah membackup semua data chattingan agar nantinya bisa di recovery kembali.

Jika sudah, silahkan masuk ke Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Hapus Data, setelah itu buka kembali aplikasi Whatsapp, lalu login menggunakan nomor HP yang sudah terdaftar sebelumnya.

6. Restart Smartphone

Masih belum berhasil juga? Maka cobalah untuk merestart smartphone, dengan melakukan restart, maka semua sistem pada smartphone milikmu akan di refresh agar bisa berfungsi lebih baik lagi.

7. Install Ulang Aplikasi

Masih belum berhasil juga? Maka cobalah untuk menginstall ulang kembali aplikasi Whatsapp, pertama silahkan uninstall terlebih dahulu aplikasinya, dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Copot Pemasangan.

Setelah itu masuk ke Play Store, lalu install kembali aplikasinya, dengan begitu aplikasi Whatsapp yang kamu miliki akan kembali menjadi seperti baru.
Namun jika belum berhasil juga, berarti ada masalah dengan smartphone milikimu. Nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara mengatasi Notifikasi Whatsapp yang tidak mau muncul, semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon