6 Maret 2019

Cara Mengatasi Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Fonetekno - Begini cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di Xiaomi, Google Play Store merupakan sebuah pusat untuk mengunduh berbagai macam aplikasi khusus Android, seringkali mengalami berbagai macam masalah, terbaru ini masalah yang sering muncul adalah di HP Xiaomi.
Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Pada Xiaomi

Walaupun di Indonesia, Xiaomi sudah mengeluarkan berbagai macam tipe smartphone, namun masalah tentu saja ada pada smartphone ini, seperti yang sudah saya singgung diatas, banyak orang mengalami Play Store yang tidak bisa dibuka pada smartphone Xiaomi ini, biasanya muncul peringatan "Unfortunately, Google Play Store has been stopped".

Akibatnya, kita tidak bisa mengunduh serta tidak bisa update aplikasi, ada beberapa kemungkinan, mengapa Play Store pada Xiaomi tidak bisa dibuka, dan berikut adalah beberapa penyebabnya.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi


1. Play Store Error

Penyebab pertama adalah karena Google Playstore pada Xiaomi error, hal ini bisa dikarenakan ada ketidakcocokan antara sistem operasi dengan Google Play Store yang mengakibatkan aplikasi ini tidak bisa dibuka.

2. Sistem Operasi Bermasalah

Penyebab kedua adalah sistem operasi Xiaomi yang bermasalah, Xiaomi menggunakan MIUI sebagai tampilan utamanya, namun terkadang MIUI ini banyak sekali ditemukan error. Nah dari error inilah yang bisa menyebabkan Play Store tidak bisa dibuka.

3. Memory Penuh

Selanjutnya masalah yang ketiga adalah memory penuh, memori penuh tidak hanya menyebabkan Play Store tidak bisa dibuka saja, melainkan bisa menimbulkan masalah lain, seperti kinerja smartphone menurun dan beberapa masalah lainnya.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa di Buka di Xiaomi

Sekiranya untuk mengatasi masalah ini ada 8 cara yang bisa kita lakukan, yaitu.

1. Hapus Data Play Store

Cara pertama adalah dengan menghapus data dari aplikasi Play Store, caranya adalah silahkan masuk ke pengaturan -> aplikasi -> aplikasi terinstall -> cari aplikasi Play Store-> setelah itu klik hapus data.

2. Hapus Data Google Service Framework

Selanjutnya cara yang kedua adalah dengan menghapus Google Service Framework pada Xiaomi, caranya adalah, masuk ke pengaturan->aplikasi terinstall->GoogleServices Framework-> setelah itu hapus data.

3. Hapus Data Google Play Services Xiaomi

Lalu cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus data Google Play Services, caranya buka pengaturan->aplikasi terinstall->Google Play Services->atur ruang->hapus data.

4. Logout dan Login ke Akun Google

Tips berikutnya yang harus kamu coba adalah dengan mengeluarkan, lalu memasukkan kembali akun Google , caranya adalah masuk ke menu pengaturan->akun setelah itu pilih akun Google, dan hapus akun Google yang tercantum.

5. Install Ulang Aplikasi Play Store

Pada versi MIUI 8, agar Google Play Store bisa diakses dengan normal, maka kamu harus menginstall kembali aplikasi Google Play Store, caranya adalah, cukup hapus data aplikasi Play Store, setelah itu download aplikasi Play Store di Google.

6. Update MIUI

Jika versi MIUI Xiaomi kamu masih versi lama, maka kamu harus mengupdatenya, nah untuk mengupdate versi MIUI kamu bisa melihat pada pengaturan->tentang ponsel, nah jika tidak terdapat pembaruan, maka kamu harus melakukan dengan customisasi ROM.

7. Factory Reset

Dan jika sudah melakukan cara diatas belum juga berhasil, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan proses Hard Reset, caranya.
  • Tekan tombol Power + Volume Atas.
  • Selanjutnya jika sudah masuk ke menu Recovery, pilih menu Wipe Cache And Partition.
  • Setelah itu tunggu proses hingga selesai.
Baca Juga:
Jika sudah maka smartphone yang kamu miliki akan kembali menjadi seperti semula, nah itulah sedikit tips bagaimana cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka pada Smartphone Xiaomi, ada pertanyaan? Silahkan berkomentar dibawah.


EmoticonEmoticon