13 Maret 2019

✓ Cara Mengatasi Masalah "Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti"

Fonetekno - Sayangnya Whatsapp telah berhenti. Saat ini hampir semua perangkat Android kompatibel dengan aplikasi Whatsapp, hal ini dikarenakan smartphone keluaran beberapa tahun kebelakang ini sudah mengusung spesifikasi yang sangat cukup untuk menginstall aplikasi Whatsapp. Namun walaupun begitu tak jarang juga banyak yang mengalami masalah pada aplikasi ini, salah satu masalah yang sering dialami adalah "Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti".
Mengatasi Aplikasi Whatsapp Telah Berhenti

Masalah ini biasanya sering disebabkan karena spesifikasi smartphone yang kurang memadai, namun melihat rata-rata spesifikasi smartphone yang dirilis beberapa tahun belakang ini, seperti nya masalah Whatsapp telah berhenti ini bukan karena hal tersebut.

Biasanya masalah ini disebabkan karena adanya bug pada sistem operasi, aplikasi atau bisa juga karena RAM yang kurang memadai. Error ini biasanya menyerang pada beberapa merk smartphone, seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Karena error ini sangat mengganggu, tentu kita harus segera memperbaikinya, karena jika tidak, kita tidak akan bisa membuka aplikasi Whatsapp.

Cara Mengatasi Error "Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti" Di Semua Android

Setidaknya ada 7 cara yang bisa kita lakukan, dan ketujuh cara yang akan saya berikan berikut ini work untuk semua jenis merk android, silahkan ikut caranya berikut ini.

1. Bersihkan Cache

Cara yang pertama adalah dengan membersihkan cache, cache yang menumpuk sangat mengganggu kinerja dari aplikasi Whatsapp, nah untuk membersihkannya kamu bisa buka Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Hapus Cache. Atau jika ingin lebih simpel kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih Android seperti Clean Master dan beberapa aplikasi pembersih lainnya.

2. Paksa Berhenti Aplikasi

Sayangnya aplikasi telah berhenti bisa jadi karena aplikasi yang terus berjalan di latar belakang, nah untuk menghentikannya kamu bisa dengan memaksa berhenti aplikasi, caranya buka Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Paksa Berhenti.

3. Restart Smartphone

Selanjutnya cara yang ketiga adalah dengan melakukan restart pada smartphone, dengan melakukan restart, maka semua sistem akan di segarkan kembali, bisa dicoba dengan mencopot baterai, kartu memori, dan juga kartu sim, setelah itu masukkan kembali dan hidupkan.

4. Update Aplikasi

Lalu cara yang keempat adalah dengan melakukan update, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa masalah Whatsapp telah berhenti ini bisa disebabkan dari smartphone, atau bisa juga disebabkan karena aplikasi, nah untuk itu selalu rutin cek update dari aplikasi Whatsapp agar kamu bisa terhindar dari segala bug.

5. Install Ulang Aplikasi

Jika sudah melakukan update namun masalah masih tetap juga muncul, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menginstall ulang aplikasi Whatsapp.

Pertama copot pemasangan aplikasi dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi Terinstall > Whatsapp > Copot Pemasangan, jika sudah silahkan install kembali aplikasi Whatsapp melalui Play Store, namun sebelum melakukan uninstall, pastikan semua data chat sudah di back up ya.

6. Update Sistem Operasi

Masih belum berhasil juga? Cobalah untuk melakukan update sistem operasi, karena bisa saja ada sebuah bug atau error pada sistem operasi, yang bisa menyebabkan aplikasi Whatsapp tiba-tiba berhenti.

7. Factory Reset

Langkah terakhir jika semua cara diatas belum juga berhasil maka cobalah dengan melakukan proses Hard Reset, atau Factory Reset. Cara ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah error.

Caranya silahkan masuk ke menu recovery dengan menekan tombol Power + Volume Up atau Power + Volume Down, setelah itu lakukan proses Hard Reset.
Nah, itulah 7 cara untuk mengatasi masalah "Sayangnya Whatsapp Telah Berhenti" jika sudah melakukan proses Hard Reset, namun masalah masih tetap saja muncul, itu berarti ada masalah dengan smartphone yang kamu miliki, cobalah untuk mengajukan garansi agar diganti dengan yang baru.


EmoticonEmoticon