11 April 2019

Cara Cek Program Mana Yang Sedang Menggunakan Internet Pada PC

Fonetekno - Jaringan Internet bagi perangkat komputer atau PC merupakan hal yang sangat penting, karena sejatinya barang elektronik seperti laptop,komputer ataupun android jika tidak ada internet tentu akan sangat terbatas, karena tanpa internet kita tidak bisa mencari berbagai macam informasi.
Cara Cek Program Yang Sedang Menggunakan Jaringan Internet

Namun pernah gak sih kamu mengalami koneksi internet yang tiba-tiba melambat? Tapi setelah dilihat ternyata koneksinya stabil, nah hal ini harus ditelusuri lebih lanjut, karena hal ini ada berbagai macam penyebab, dan salah satunya adalah, ada aplikasi atau program yang sedang menggunakna jaringan internet.

Aplikasi yang menggunakan jaringan internet pada latar belakang, akan terus menyedot semua koneksi speed, karena jika aplikasi berjalan menggunakan internet harus memiliki kualitas jaringan yang baik agar tidak terjadi bug, hal inilah yang membuat koneksi tiba-tiba lemot.

Para pengguna Windows 10 sering sekali mengalami hal ini, dimana biasanya auto update pada Windows 10 akan terus aktif jika tidak diubah pengaturannya.

Baca Juga:


Untuk mengatasi hal ini kita harus mengetahui terlebih dahulu, aplikasi mana saja yang sedang menggunakan koneksi internet, setelah itu jika kita sudah tahu aplikasi nya, maka kita bisa memberhentikan proses nya dengan mudah.

Cara Mengetahui Program Mana Yang Sedang Menggunakan Internet di PC

Untuk mengetahui nya sangat mudah sekali, karena kita hanya perlu membuka task manager, ikuti caranya berikut ini.
Cara Cek Aplikasi Yang Sedang Menggunakan Internet

  • Pertama silahkan buka task manager dengan klik kanan pada taskbar.
  • Setelah itu klik pada bagian Network nah nanti akan terlihat program mana saja yang sedang menggunakan Internet.
Indikator nya jika mbps nya naik, maka aplikasi tersebut sedang menggunakan internet, namun jika indikator nya 0 berarti aplikasi tersebut sedang tidak menggunakan internet.

Cara Memberhentikan Aplikasi Yang Sedang Menggunakan Koneksi Internet

Jika sudah tahu aplikasi mana saja yang sedang menggunakan internet, maka langkah selanjutnya adalah menutupnya, caranya sama, yaitu melalui Task Manager.
  • Buka task manager.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin di tutup.
  • Klik kanan End Process.
  • Jika masih belum berhasil klik tab Performance.
  • Pilih aplikasi yang berkaitan, lalu klik kanan End Task.
Atau jika ingin lebih detail informasinya, kamu bisa memberhentikan melalui resource monitor, caranya buka Task Manager, klik tab Performance, lalu dibawah ada tulisan resource monitor, pilih menu tersebut, klik menu network, dan pilih aplikasi yang menggunakan bandwith internet terbanyak, setelah itu klik kanan end process.

Bonus

Lanjut cara berikut ini jika kamu sering main game, jika kamu sedang man game, lalu tiba-tiba update bits nya berjalan, maka bisa kita cegah dengan menonaktifkan bits pada services, caranya adalah.
  • Buka Task Manager.
  • Klik tab Services.
  • Cari bits, lalu klik kanan program tersebut, lalu pilih open services.
  • Cari background intelligent transfer service, klik kanan.
  • Pilih properties, ubah dari manual/automatic menjadi disabled, lalu apply.
Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melihat bagaimana cara cek program yang sedang menggunakan internet, serta bagaimana cara menghentikannya, jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon