16 April 2019

Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar Lewat HP

Fonetekno - Listrik saat ini menjadi kebutuhan utama seluruh manusia di bumi, karena dengan adanya listrik, kehidupan menjadi lebih terang benderang. Di Indonesia sendiri, aliran listrik diatur oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu PT. PLN (Persero).

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi, membuat banyak perusahaan mengeluarkan inovasi baru untuk mempermudah berbagai macam hal, dan salah satu perusahaan yang menerapkan perkembangan teknolog adalah PLN.

Di PLN segala sesuatu yang berhubungan dengan pembayaran sudah bisa diakses melalui smartphone Android secara online, mulai dari bayar listrik, bahkan hingga cek tagihan listrik, selain itu sudah banyak startup yang bekerja sama dengan PLN untuk kemudahan berbagai macam jenis transaksi.

Cek tagihan listrik khususnya pascabayar kini sudah tak perlu susah payah ke kantor PLN dsb, kini hanya dengan melalui HP kita sudah bisa melakukan cek tagihan listrik.

Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar Melalui HP

Untuk mencegah terjadinya pembekakan tagihan listrik, maka kita harus membayarnya secara tepat waktu, salah satu tagihan listrik yang harus di cek adalah listrik pascabayar.

Jenis listrik pascabayar adalah, kita bisa memakai listrik terlebih dahulu, lalu untuk pembayarannya nanti setelah sudah masuk tempo waktu tertentu, nah jika kita tidak memperhatikan tagihan listrik pascabayar ini, maka bukan tidak mungkin akan ada pembengkakan tagihan karena kita tidak rutin cek tagihan.

Baca Juga:


Untuk mencegah hal ini, maka kita harus cek secara rutin, jika cek ke kantor tentu akan memakan waktu yang lumayan, nah, untuk mempersingkat waktu, maka PLN menyediakan fasilitas, dimana kita bisa melakukan cek tagihan listrik pascabayar hanya dengan melalui hp. Di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara cek tagihan listrik pascabayar melalui HP bisa itu menggunakan HP biasa ataupun HP Android.

1. Cek Tagihan Listrik Pascabayar Melalui SMS

Untuk melakukan cek tagihan listrik pascabayar bisa dilakukan melalui SMS, dimana kita harus mengirimkan format SMS seperti berikut ini.

  • REK (spasi) No. ID Pelanggan, setelah itu kirim ke 8123

Untuk jaga-jaga pastikan pulsa mencukupi, setelah itu nanti anda akan mendapatkan SMS info tagihan berapa yang harus dibayar.

2. Berlangganan Informasi Tagihan Listrik Pascabayar

Nah, jika tidak ingin ribet karena harus mengirim pesan setiap bulannya, maka anda bisa berlangganan langsung dengan pelayanan cek tagihan, caranya sama, namun hanya berbeda pada bagian format nya saja, untuk formatnya, seperti berikut ini.
  • PLN (spasi) ON (spasi) No. ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123.
Nah dengan melakukan cara diatas, maka nomor kita secara otomatis akan berlangganan dan tiap bulannya akan dikirimkan informasi tagihan listrik, namun jika kita ingin menonaktifkan fitur ini, maka kita harus mengetik lagi dengan format.
  • PLN (spasi) OFF (spasi) No. ID Pelanggan, lalu kirim ke 8123.
Nah, itulah sedikit tutorial bagaimana cara cek tagihan listrik pascabayar lewat HP, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar, jangan lupa untuk share artikel ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon