13 April 2019

Settingan dan Cara Memotret Orang Melompat Menggunakan HP Android

Fonetekno - Dalam dunia fotografi ada banyak sekali teknik yang bisa kita aplikasikan untuk mengambil foto, salah satu yang sedang ngetren adalah, memotret objek atau orang saat melompat, biasanya teknik ini sering digunakan di pesta pernikahan, aktor, hingga tokoh politik. Biasanya teknik ini lebih dikenal juga dengan nama levitasi.
Cara Membuat Foto Levitasi Menggunakan Android

Teknik foto levitasi pada awalnya di populerkan pada tahun 40-50 an oleh seorang fotografer bernama Philippe Halsman, dia juga menciptakan istilah "jumpology". Bagus atau tidaknya sebuah foto levitasi itu bisa dilihat dari teknik pengambilan gambar, serta gestur dari si objek (model).

Ekspresi dan juga gestur yang natural bisa menambah kesan lebih untuk sebuah foto levitasi, selain itu ada beberapa persiapan dan juga settingan yang harus dilakukan, terutama settingan kamera, dan berikut adalah tata cara bagaimana cara memotret dengan teknik levitasi.

Cara Memotret Levitasi Menggunakan HP Android

Cara Memotret Levitasi Menggunakan Android

Ada dua hal yang harus dipersiapkan, yaitu dari segi pemotret dan juga model, dan berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Persiapan Awal si Pemotret

Ketika memfoto menggunakan smartphone Android, pastikan smartphone kamu mendukung banyak fitur dalam dunia fotografi, hal ini untuk mempermudah proses pengambilan gambar.

Gunakan Mode Burst

Settingan pertama yang harus dilakukan adalah gunakan mode burst, mode ini dapat mengambil banyak gambar sekaligus dalam satu waktu, sehingga kita bisa mengambil step by step setiap lompatan, dan fitur ini juga bisa mempermudah kita untuk menyeleksi foto.

Ambil Gambar Dengan Sudut Pandang Rendah

Pastikan mengambil gambar menggunakan sudut pandang yang lebih rendah dari objek, hal ini bertujuan agar objek terlihat lebih tinggi, selain itu, jika mengambil gambar dengan sudut lebih rendah, maka akan ada banyak ruang antara objek dan tanah, maka dari itu disarankan jika ingin mengambil foto levitasi harus duduk atau jongkok.

Atur Kecepatan Rana

Lalu tips selanjutnya adalah dengan mengatur kecepatan rana, gunakan kecepatan rana untuk membekukan atau menangkap setiap gerakan atau materi levitasi, maka dari itu saya sarankan untuk menggunakan smartphone dengan fitur lengkap agar bisa lebih mudah men settingnya.

Atur Pencahayaan dan Fokus

Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan dan juga fokus, gunakan settingan fokus manual jangan fokus otomatis, karena jika mode fokus dalam keadaan otomatis akan membuat foto menjadi buram, selain itu pastikan kondisi cahaya ruangan dalam keadaan cukup agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Mengatur Penekanan Tombol

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur penekanan tombol, pastikan untuk menekan tombol foto dengan tepat agar, pastikan fokusnya sudah tertuju ke objek, lalu ketika objek akan melompat siap untuk menekan tombol, jika ingin lebih simpel disarankan untuk menggunakan remote potret agar lebih maksimal.

2. Mengatur Objek (Model)

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar hasil foto bisa lebih bagus, yaitu dengan mengatur objek agar lebih natural, saat melompat pastikan ekspresi dan gestur dari si model tidak seperti seolah-olah melompat, buat objek (model) seperti melayang dan lebih natural, semakin natural ekspresi dan gesture nya maka semakin bagus, jangan lupa untuk gunakan aba-aba.

Baca Juga:
Nah, itulah beberapa tips dan cara bagaimana memotret dengan gaya levitasi menggunakan HP Android, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon