27 April 2019

Cara Mengatasi Bluetooth Android Yang Tidak Mau Terhubung

Fonetekno - Saat ini hampir semua smartphone memiliki fitur Bluetooth, sejak dulu Bluetooth menjadi sebuah teknologi transfer data paling dipercaya, karena memudahkan kita dalam melakukan kegiatan transfer file dengan cepat, walaupun kini di Android sudah banyak teknologi transfer data yang lebih cepat, yaitu menggunakan metode WiFi, namun faktanya hingga sekarang masih banyak yang menggunakan Bluetooth.
Cara Mengatasi Bluetooth Android Yang Tidak Mau Terhubung

Walaupun begitu, ternyata Bluetooth memiliki banyak sekali kelemahan, diantaranya adalah sulitnya terhubung dengan perangkat lain, atau ada juga kasus Bluetooth yang tidak mau terhubung ke perangkat lain.

Jika sudah seperti ini tentu akan membuat kita kerepotan, apalagi jika kita menggunakan Bluetooth sebagai alat untuk menghubungkan dengan perangkat tambahan lainnya, seperti jam dan sebagainya. Nah, untuk mengatasi Bluetooth yang tidak mau terhubung ke perangkat lain, di artikel ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana cara memperbaiki Bluetooth Android yang tidak mau terhubung ke perangkat lain.

Cara Mengatasi Bluetooth Android Yang Tidak Mau Terhubung ke Perangkat Lain

Cara Mengatasi Bluetooth Android Yang Tidak Mau Terhubung

Bluetooth yang tidak mau terhubung ke perangkat lain bisa disebabkan karena software yang bermasalah bisa juga karena hardware yang bermasalah. Berikut ini ada 4 cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki Bluetooth Android yang tidak mau terhubung.

Cara Pertama : Cek Koneksi Bluetooth

Cara pertama adalah dengan cek koneksi Bluetooth yang ada di smartphone milikmu, pertama silahkan matikan terlebih dahulu koneksi Bluetooth beberapa saat, lalu hidupkan kembali, dan coba lihat apakah ada perangkat yang terdeteksi atau tidak.

Cara Kedua : Restart Smartphone

Jika masih belum berhasil juga, cobalah untuk restart smartphone yang kamu miliki, dengan melakukan restart, itu berarti semua sistem yang berjalan di smartphone akan kembali berjalan menjadi seperti semula (disegarkan kembali). Jika sudah cobalah untuk hidupkan bluetooth dan hubungkan ke perangkat lain.

Baca Juga:

Cara Ketiga : Menghapus Perangkat Yang Terhubung

Masih belum berhasil juga? Ada kemungkinan perangkat yang sudah terhubung sebelumnya menghalami koneksi yang baru, nah untuk itu kamu harus menghapus perangkat yang sudah terhubung sebelumnya, cara nya adalah.
  • Buka pengaturan smartphone.
  • Cari menu Bluetooth.
  • Saat perangkat Bluetooth aktif, nanti akan muncul daftar perangkat yang sudah di sambungkan sebelumnya.
  • Setelah itu hapuslah perangkat tersebut dari daftar Bluetooth.
Setelah penghapusan selesai, maka smartphone akan melakukan pemindaian ulang.

Cara Keempat : Membersihkan Cache Bluetooth

Lanjut cara yang keempat adalah dengan membersihkan cache, caranya adalah.
  • Buka pengaturan smartphone.
  • Masuk ke aplikasi terinstall setelah itu cari aplikasi sistem Bluettoth.
  • Klik Paksa Berhenti, setelah itu klik hapus cache.
Nah, itulah 4 cara bagaimana mengatasi Bluetooth yang tidak mau terhubung ke perangkat lain, jika masih belum berhasil juga ada kemungkinan hardware Bluetooth milikmu bermasalah, atau bisa juga karena ROM dari smartphone mu ada sebuah bug, nah untuk mengatasi hal ini bisa juga dengan melakukan hard reset, silahkan baca artikel kumpulan tutorial hard reset semua smartphone untuk tutorial bagaimana cara hard reset di HP Android.


EmoticonEmoticon