24 April 2019

Cara Mengatasi Error "The application was unable to start correctly (0xc0000005)"

Fonetekno - Mengatasi "The Aplication The application was unable to start correctly (0xc0000005)" di semua Windows dari Windows 7,8 dan Windows 10. Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, tentu sudah tidak asing lagi dengan pesan error ini, ketika kita hendak membuka aplikasi, lalu tiba-tiba muncul pesan ini, maka aplikasi tidak bisa dibuka.
Cara Mengatasi The application was unable to start correctly (0xc0000005)

Penyebab mengapa muncul pesan "The application was unable to start correctly (0xc0000005)" ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah ada sebuah program antivirus yang membaca software yang sedang digunakan adalah sebuah virus.

Selain itu, karena kesalahan antivirus ini lah yang menyebabkan program di Windows menjadi tidak berjalan dengan baik, lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah ini? Di Artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error "The application was unable to start correctly (0xc0000005)".

Cara Mengatasi Error "The application was unable to start correctly (0xc0000005)"

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah error ini.

1. Matikan Antivirus

Cara yang pertama adalaha mematikan program antivirus, seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa salah satu penyebab mengapa masalah ini muncul adalah karena ada program antivirus yang membaca software yang sedang kita gunakan merupakan sebuah virus, sehingga terjadilah konflik.

Biasanya error ini muncul ketika kamu menggunakan software antivirus Avast, program ini sangat sensitif dengan program yang mencurigakan, hal ini bisa kita lihat ketika program ini mendeteksi adanya sebuah virus, maka software ini langsung menghapus nya.

Untuk mematikan program antivirus Avast silahkan ikuti cara berikut ini.
  • Klik kanan pada software Avast yang ada di Taskbar Tray sebelah pojok kanan bawah.
  • Setelah itu pilih Avast Shield Control.
  • Lanjut klik Disable.

2. Menginstall Driver Yang Tidak Terinstall

Cara yang kedua adalah dengan menginstall driver yang error atau tidak terinstall, seperti yang kita ketahui, driver merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani antara hardware dengan software, maka dari itu jika driver tidak terinstall maka hardware tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Baca Juga:
Silahkan unduh driver yang dibutuhkan pada situs resmi dari merk PC milikmu, selain itu jangan lupa untuk restart PC kamu jika sudah selesai, jika ingin lebih simpel bisa juga menggunakan Driver Pack.

3.Memperbaiki System Registry

System Registry merupakan database pusat Windows yang secara terus-menerus digunakan oleh PC untuk membantu membaca banyak file & pengaturan yang perlu dijalankan, Registry bisa rusak pada fie tertentu jika sudah terjangkit virus atau malware, untuk membersihkan registry silahkan gunakan software CCleaner.

4. Memperbaiki Boot Configuration Data

Cara Mengatasi The application was unable to start correctly (0xc0000005)

Nah cara yang terakhir merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah "The application was unable to start correctly (0xc0000005)" disini kita akan menggunakan Command Prompt (CMD) untuk memperbaiki Boot Configuration Data.

Berikut adalah langkah-langkah nya.
  • Buka Command Prompt (CMD).
  • Setelah itu ketik bcdedit lalu tekan Enter.
  • Jika sudah Windows Boot Loader Path anda adalah xOsload.exe maka kamu harus menghapus beberapa file dan memperbaiki BCD milikmu, kamu bisa melihat ini di bagian Path, setelah kamu menjalankan perintah bcedit.
Jika sudah jalankan perintah, dan tekan enter pada setiap barisnya.
 Del D: \ Windows \ System32 \ xOsload.exe 
 Del D: \ Windows \ System32 \ xNtKrnl.exe 
 Del D: \ Windows \ System32 \ Drivers \ oem-drv64.sys 
 attrib c: \ boot \ bcd -h -r -s 
 ren c: \ boot \ bcd bcd.old 
 bootrec / rebuildbcd
Nah itulah 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi error "The application was unable to start correctly (0xc0000005)" jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon