27 April 2019

Cara Mengatasi Error “Device is not Certified by Google” di Android

Fonetekno - Memperbaiki error "Device is not Certified by Google" di Android. Perangkat Android memang sangat berbeda dengan iOS hal ini terlihat pada bagian sistem, jika di iOS kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman karena minim error ataupun bug, nah di Android kita akan menemukan berbagai macam error Can't Install App Error Code 910 di Android, dan yang terbaru ini adalah Device is not Certified by Google.
Cara Mengatasi Error Device is not Certified by Google di Android

Error ini merupakan sebuah masalah dimana Google memblokir perangkat Android yang tidak memiliki sertifikasi untuk mengakses aplikasi, maupun layanan Google Play. Dengan adanya pemblokiran ini, itu berarti kita tidak bisa menggunakan segala bentuk aplikasi buatan Google, seperti Gmail, Google Maps, Google Play Musik, Google Play Store dan sebagainya.

Tentu masalah ini sangat mengganggu, karena ini sama jadinya kita memiliki HP tak berguna karena tidak bisa digunakan dengan semestinya. Jika sudah seperti ini lalu apakah ada hal yang bisa kita lakukan? Tentu saja ada.

Di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error device is not Certified by Google di Android.

Cara Memperbaiki Error Device is not Certified by Google di Android

Pertama-tama sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi error ini, kita harus mengecek apakah perangkat sudah tersertifikasi atau belum, untuk mengeceknya silahkan ikuti tutorial berikut ini.
  • Buka Google Play Store.
  • Buka menu dengan cara geser layar ke kiri.
  • Lalu klik pengaturan.
  • Gulir terus kebawah hingga menemukan menu About / Tentang, lalu silahkan pilih menu sertifikasi perangkat.

Cara Membuka Blokir Agar Bisa Menggunakan Google Play Store

Jika perangkat anda tertulis belum tersertifikasi, itu artinya kita harus membuka blokir tersebut, disini ada beberapa hal yang harus dilakukan.
  • Pertama silahkan temukan ID perangkat GSF kamu, kamu bisa melihat nya melalui aplikasi Device ID. Karena kita tidak bisa masuk ke Play Store, maka silahkan klik disini untuk mengunduh aplikasinya.
  • Jika sudah terunduh, silahkan buka aplikasi tersebut, lalu salin kode yang ada di baris kedua dengan nama "Google Service Framework (GSF)".
  • Lanjut silahkan buka situs sertifikasi Google disini.
  • Lalu masukkan ID Perangkat yang sudah di copy tadi.
  • Klik register / daftar, lalu nanti perangkat anda setelah di daftarkan akan muncul di halaman.
Cara Mengatasi Error Device is not Certified by Google di Android

Dengan melakukan semua cara diatas, maka bisa dipastikan proses sertifikasi akan berhasil dan kamu sudah bisa menggunakan berbagai macam layanan dari Google, termasuk Google Play Store.

Baca Juga:


Namun jika masih belum berhasil juga, maka ada alternatif lain jika ingin menginstall aplikasi, yaitu melalui situs apk pihak ketiga, seperti apkmirror, dan situs lainnya.


EmoticonEmoticon